DIY : Pasang DRL sendiri di Agya Ayla {rafiz}

 gambar 1 - skema pemasangan DRL
 http://otodiy.blogspot.com 
Dari panduan agan agan yang ada disini, ane mencoba pasang DRL sendiri dengan mengusahakan meminimalkan pemotongan dan pengelupasan kabel asli dari pabrik.
Inspirasi yang ane ambil dari agan Prasetyosip dan agan lain yang menambahi penjelasan lainnya. Ane ambil inspirasi dari skema berikut (gambar 1)
Bahan bahan yang dibutuhkan adalah:
  • 1 relay yang ada kaki 87a nya.
  • 3 rumah sekring
  • kabel
  • pin terminal
  • isolator



 gambar 2 - bahan
Relai ane rakit seperti skema di atas dengan menambahkan sebuah rumah sekring yang menuju salah satu kaki lampu utama. Fungsinya yaitu untuk memutuskan DRL apabila lampu utama dinyalakan.
 gambar 3 - relay
Ujung kaki sekring ane hubungkan dengan kaki relay 85 dan satunya nae koneksikan dengan salah satu kabel yang dari lampu utama / malam yaitu kabel bagian atas. Ane sengaja menggunakan pin soket untuk menghubungkan kabel dengan tujuan agar tidak mengelupas kabel lampu tersebut.
 gambar 4 - cara tanpa kupas kabel
 gambar 5 - cara tanpa kupas kabel
Relay anel letakkan di samping kotak sekring dalam kap mesin, dengan tujuan agak tidak kena air kalo lagi hujan.
 gambar 6 - peletakan relay
Untuk catu daya ane ambil dari salah satu kabel kuning yang terbubung rengan relay yang ada di bawah dashboard, tepatnya di bawa kemudi. Berdasarkan pencerahan agan Prasetyosip, dengan mengambil catu daya dari situ maka DRL akan menyala pada saat kontak engine On. Dan Ternyata benar.
 gambar 7 - catu daya di bawah kemudi
Ane tidak akan mengelupas kabel tersebut untuk mengkoneksikan, namun ane bikin konektor yang ane buat dari rumah sekring dengan paralel kabel yang ane arahkan ke relay DRL seperti berikut:
 gambar 8 - konektor agar tidak kupas kabel
Sekring yang ada di rumah sekring kabel kuning ane lepas dan ane sambung dengan rumah sekring bikinan ane tersebut dan memindah sekringnya.
 gambar 9 - pemasangan konektor
Sebelum ke relay, ane kasih sekring agar aman gan...
gambar 10 - selesai dah
Semoga menjadi inspirasi, jika ada yang salah, mohon koreksinya dari agan suhu disini...

by rafiz
sumber : kaskus

Comments

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G