Kamis, 04 Desember 2014

DIY : Pasang spion otomatis melipat / rectractable di Honda Mobilio {deddymp3}

 gambar 1 - buka door trim
 http://otodiy.blogspot.com 
Setelah sekian lama pengen mengganti spion mobi ane jadi otomatis, akhirnya kesampaian juga. Ane cb berbagi cara DIY nya, walaupun mungkin gbrx kurang lengkap, soalnya gak ada yang bisa bantuin foto...:ngakak 

Alat dan bahan :
  1. Motor retract spion + switch
  2. Modul otomatis
  3. Kunci T ukuran 8mm
  4. Obeng kembang
  5. Obeng pipih
  6. Isolasi listrik
  7. Kawat


Cara :

1. Buka doortrim pintu kiri dan kanan, dengan melepas terlebih dahulu 1 baut yang ada di handle dalam, dan 2 baut yang tersembunyi di balik sandaran tangan (arm rest). (gambar 1)

2. Setelah doortrim terbuka, lepas soket dari switch spion dan switch window yang terpasang di armrest untuk memudahkan  melepas doortrim agar tidak menghalangi pemasangan.

3. Setelah doortrim terlepas, saatnya melepas spion dari pintu. Lepas ke 3 baut yang mengunci spion ke pintu dengan menggunakan kunci T ukuran 8mm.
 gambar 2 - Lepas 3 baut spion
4. Setelah semua baut terlepas, lepas perlahan-lahan spion dan tangkainya dari dudukan di pintu dengan terlebih dahulu melepas soket spion dari rumah soket yang menempel di dinding pintu.
 gambar 3 - lepas dulu soket spion
5. Setelah seluruh spion terlepas, lepas penutup soket yang berada pada kabel spion untuk memudahkan melepas kabel dari soketnya, dengan cara mencongkel sisi-sisi soket dengan obeng pipih. Lihat warna kuning pada gambar merupakan sisi tempat untuk mencongkel kaitan soket.
 gambar 4 - cara mencongkel kaitan soket
6. Setelah penutup soket terlepas, tekan kaitan soket bagian dalam yang menahan kabel dengan menggunakan kawat. Sambil menekan, tarik kabel agar keluar dari soket.
(SEBELUM MELEPAS KABEL, JANGAN LUPA DICATAT URUTAN WARNA KABEL AGAR TIDAK KESULITAN SAAT MEMASANG KEMBALI !!!!!!!!)

7. Setelah seluruh kabel terlepas dari soketnya, kemudian lepas lapisan karet yang menutupi tangkai spion dengan cara menariknya secara perlahan. (Gambar kuning dilepas dari gambar hijau). Jangan lupa ke 3 baut yang menempel di situ dibuka juga dengan kunci T 8mm.
 gambar 5 - Lepas lapisan karetnya
8. Congkel penutup yang ada di bawah rumah spion dengan menggunakan obeng pipih (Tanda panah merah pada gambar no.7)

9. Setelah penutup terlepas, buka 3 baut yang mengunci motor spion ke tangkai spion pada pintu dengan menggunakan obeng kembang, kemudian lepas tangkai spion.

10. Buka 1 baut yang mengunci motor spion ke rumah spion dengan menggunakan obeng kembang.
 gambar 6 - buka baut pengunci motor spion
11. Kemudian lepas kaca spion dengan cara menyelipkan obeng pipih ke bagian bawah kaca spion lalu dengan perlahan congkel ke atas untuk melepaskan kaitan kaca spion. Setelah terdengar bunyi seperti ada yang terlepas, tarik kaca spion ke depan untuk melepaskan dari rumah spion.

12. Setelah kaca spion terlepas, akan tampak seperti gambar 7 di bawah. Lepas seluruh baut yang ditandai dengan lingkaran merah. Gunakan obeng kembang.
 gambar 7 - Lepas seluruh baut di tanda merah
13. Setelah seluruh baut terlepas, Lepas dudukan kaca spion (warna putih) dari motor retract kemudian ganti motor retract ori dengan motor retract otomatis.

14. Setelah motor retract otomatis terpasang, pasang kembali dudukan kaca spion pada motor retract otomatis. (Ukuran tempatnya sama dengan motor retract ori, jadi pasti bisa terpasang seperti semula). Pastikan kabel-kabel terpasang rapi seperti sebelumnya agar tidak mengganggu pergerakan kaca spion.

15. Pasang kembali baut yang mengunci motor retract ke rumah dan dudukan spion.

16. Pasang kembali kaca spion dengan terlebih dahulu mengaitkan bagian atas spion ke dudukan spion kemudian tekan bagian bawah kaca spion sehingga terdengar bunyi "klik" yang merupakan tanda bahwa kaitan bawah kaca spion sudah masuk dengan pas ke tempatnya di dudukan spion.

17. Ganti switch ori spion yang berada di bawah arm rest dengan switch otomatis yang ada.

18. Pasang kembali baut-baut dan tangkai spion ke rumah spion dengan urutan terbalik dari cara sebelumnya.

19. Pasang spion ke tempatnya di pintu, lalu kunci baut dengan menggunakan kunci T 8mm.

20. Masukkan kembali kabel spion ke soket yang dilepas tadi, tapi jangan ditutup dl dengan penutup soket. (JANGAN SAMPAI SALAH URUTAN PEMASANGAN WARNA KABELNYA).

21. Setelah semua kabel terpasang kembali, masukkan 2 kabel pendek yang ada dalam paket pembelian ke dalam soket spion dengan urutan seperti gambar di bawah. (Warna panah, sesuai dengan warna kabel yang ada).
 gambar 8 - masukkan 2 kabel pendek dari paket ke tanda dan warna panah
Setelah 2 kabel tersebut terpasang baik, kemudian tutup soket dengan penutup yang dilepas pada langkah ke 5, lalu ujung 2 kabel tersebut disambung ke 2 kabel yang dari spion (kabel motor retract).

22. Tes apakah spion sudah otomatis atau belum dengan cara masukkan soket yang dari spion ke rumah soket di dinding pintu, kemudian pasang kembalI soket yang tadi dilepas pada langkah ke-2 (1 soket ke switch spion otomatis dan 1 soket ke switch window). Kemudian putar kunci kontak ke posisi ON, lalu coba semua tombol yang ada di switch otomatis.

23. Jika spion otomatisnya sudah berfungsi, pasang kembali spion di posisi masing-masing dan hubungkan antara spion kanan dengan kiri dengan kabel panjang yang disertakan dalam paket pembelian.

24. Sekarang saatnya memasang modul otomatis yang nantinya akan menutup spion ketika tombol lock pada remote ditekan. Selain itu, modulnya berfungsi juga untuk membuka spion ketika kunci kontak di posisi ON.
Untuk pemasangan kabel modulnya, silahkan lihat gambar di bawah :
 gambar 9
 gambar 10
 gambar 11
gambar 12
Mohon maaf karena ada satu kabel dari modul yang nyambung ke kabel pedal rem (warna putih) gak sempat ke foto soalnya hp kehabisan baterai.....:ngakak

25. Jika seluruh kabel dari modul sudah terpasang, tes lagi apakah sudah berfungsi baik atau belum.

26. Jika spion otomatis sudah berfungsi dan konek dengan modulnya, saatnya untuk merapikan kabel dan membungkus sambungan dengan isolasi listrik, lalu pasang kembali doortrim dan arm rest ke tempatnya semula.

27. Oh ia, jika om membeli paket yang tidak disertai dengan sekring di jalur listriknya (pedal rem), sebaiknya pasang sendiri agar lebih aman dari resiko korslet.

28. Mudah-mudahan bermanfaat dan maaf jika ada bahasanya yang kurang dimengerti........

by deddymp3
sumber : kaskus MOBILITY

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar