Belajar Tune Up sendiri di rumah T30 2005 / Nissan X-Trail {defryaldy}

gambar 1 - tune up
  http://otodiy.blogspot.com 
Malam bro2 n para suhu2, ane mau sedikit cerita niih tentang pengalaman pribadi waktu pertamakali belajar tune up sendiri dirumah
Pada awalnya ane berfikiran mau menghemat, dengan men'Tune Up sendiri tunggangan ane ini. Awal mulanya ane Bongkar filter Udara dan selang2 yg menghubungkan ke filter udara si X trail.

kemudian Filter Ane bersihin dengan cara ane semprot2 pake kompresor di tukang tambal Ban. setelah itu, Busi2 ane copotin dn ane bersih2n. selanjutnya ane semprotin carb cleaner ke Trottle nya.

Lingkaran merah itu (gambar 1) yg ane semprotin pake carb cleaner, ternyata mesin jadi brebet, RPM Naik turun dn check enggine hidup, kemudian ane bongkar lagi filternya, busi2 dn kabel2 yg ane copot tadi, kemudian ane pasang lg. ternyata penyakitnya belum selesai juga. Mesin tetep brebet, RPM tetep Naik turun.
setelah itu ane coba Riset Sendiri, dengan cara Cabut Sikering yg ada di Ruang Mesin. ENGINE 1 15A, ENGINE 2 20A, ENGINE 3 10A, kemudian ane dioemin selama 10 menit, kemudian ane idupin lagi deh tuh mesin, Alhasil tetp Brebet dn RPM Naik Turun, Pusing kepal Bukan Main.
Setelah diskusi sama temen di saranin bawa kebengkel aja drpd makin kaco n banyak yg pada error.
keesokan hari nya ane bawa Kebengkel Provis yg ada Di Ciputat Pondok Aren

 gambar 2 - bengkel provis
dan Ternyata Busi ane 4 Biji kondisi basah, dn disarankan ganti, dan ane pun ikutan nurut Ganti 4 biji Businya, dan ternyata mesin udah engga berebet tapi RPM masih Naik turun dn Check Engine nya masih hidup, Terus Si Montir ambil Alat Scaner dn singkat Cerita RPM kembali stabil dn Check Engine pun padam.
setelah ane lihat si Mekanik nyemprotin cariran kedalem TRotelnya
gambar 3 - DCS Super Engine Conditioner
kesimpulan Kesalahan Ane :
1. Carb Cleaner hanya Untuk Carburator dn Lubang busi, sedangkn untuk trotle nya harus pake DCS Super Engine Conditioner (kata si mekaniknya)
2. Penyemprotan DCS tsb bukan kearah dalem / letaknya sensor Injeksi, tapi kearah seberangnya injector (kata Mekaniknyua juga heheh)
3. setelah penyemprotan cairan DCS mobil harus di geber2 supaya kotorannya keluar (tetep kata mekaniknya)
heheheh, jadi intinya, Ilmu itu muahal, Niat mau irit eh malah ngluarin biaya yg lebih besar. Tapi menurut Ane Bengkel Provis cukup Jujur buat org yg kaya ane ini yg engga ngerti mesin mobil sama sekali..
TQ all...

JANGAN PERNAH COBA2 KALO BELUM TAU DENGAN JELAS PROSEDUR DN MEKANISME TUNE UP TSB.... hehehhe

by defryaldy
sumber : kaskus

Comments

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}