Minggu, 01 Februari 2015

DIY : ganti saklar power window sisi belakang supir Next G dengan KW Avanza

 gambar 1 - saklar tunggal power window selain pintu supir
 http://otodiy.blogspot.com 
Saklar power window sisi penumpang Next G dulu pernah newbie perbaiki, hasilnya ya sampe sekarang masih bisa dipakai lah, cuman nekannya kudu pake feeling ama kudu mastikan tombolnya balik.... kalau enggak bisa panas motornya dan macet.
Daripada merembet dan sekalian beli saklar utama di tangomotor.com, ya sekalian iseng nyobain KW Avanza juga tapi buat saklar satuan, harganya 75rb. Cuman kali ini enggak plug and play seperti saklar utama dan masih kudu ngoprek.

Nampak di gambar 1, sebelah kiri adalah saklar power window Next G dan kanan adalah Avanza. Kliatan ada yang patah lagi tuh, udah mulai getas plastiknya setelah berumur 12 tahun.
 gambar 2 - bongkar dulu tombolnya
 gambar 3 - bongkar dulu tombolnya
Setelah tombol dibongkar, dicoba dicoak biar bisa dimasukin ama saklar power window Avanza. Idenya adalah memakai cangkang ori Next G dan diisi dengan saklar utuh Avanza.
 gambar 4 - mulai fitting
 gambar 5 - mulai fitting tampak atas
 gambar 6 - fitting
 gambar 7 - fitting, kliatan ada cacat gara-gara kurang hati-hati pas ngegergaji
 gambar 8 - tambah coakan karena pengoperasian tombol terganggu
 gambar 9 - tampang samping lainnya
 gambar 10 - lebih rata sekarang tombolnya
 gambar 11 - lebih rata
Setelah dicoba tambah-tambah coakan dan test tekan dan ungkit tombol, begitu lancar langsung deh dilem biar kuat ditekan. Newbie pakai Putty PC Fahrenheit, sengaja pilih putty karena kuat dan ga netes. Cuman cepet bener keringnya jadi kudu dikit-dikit pengoperasiannya.
 gambar 12 - di lem putty
 gambar 13 - lem putty
 gambar 14 - lem putty
Setelah kering, lem puttynya kudu ditrimming lagi pinggir-pinggirnya biar bisa masuk ke lubang door trim, kalau ga rada ngeganjel.
Test pasang dan test naik turunin kaca, hasilnya........... gagal!!!..... hmmmm kudu cek kaki-kakinya nih. O ya secara soket sama plek jadi bisa langsung terpasang.
gambar 15 - urutan kaki-kaki soket ori Next G / Aerio 

 gambar 16 - testing tombol Avanza dan planning perubahan kabelnya
Setelah dites pakai Ohm Meter ternyata urutan pin tombol Avanza kebalikan dari Next G, jadinya kudu dibalik (gambar 16). Gampangnya kabel no 1 ditukar ama no 5, kabel no 2 ditukar dengan no 4, sedangkan no 3 yang tengah udah bener.
 gambar 17 - tukeran posisi kabel
Awalnya mau congkel aja kabelnya dari soket, cuman karena susah dan makin malam, ya udah potong aja dan solder seperti gambar 18. Test dan berhasil, pasang isolasi listrik, sebenernya lebih sip pakai isolasi bakar / heat shrink, tapi dah terlanjur biarin deh.
 gambar 18 - tukeran posisi kabel dan test sukses
gambar 19 - setelah lem Putty di trimming terpasang dengan baik

Mayan ngirit dikit.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar