DIY : Ganti dan review intake resonator Agya Ayla {allekriwil}

gambar 1 - intake ber-resonator
http://otodiy.blogspot.com

Part info dari bagia spare part dah ready dari hari kamis sore, ane baru bisa ambil jumat siang (abis makan siang, dari opice langsung ke beres). sesuai dengan janji ane, foto part number & IR nya . Dari sisi bentuk memang lebih membuat gagah ruang mesin. Yang suka detail ini jadi salah satu tempat favorit "elus elus" ruang mesin ( termasuk ane xixixixix ).

untuk pemasangan terbilang user friendly, tapi hati hati ya, ada dua dudukan tanpa baut yang harus dilepas dulu. IR ini ngga ada pasang lepas baut atau klem pengencang, setelah 2 pengait dilepas baru IR bisa kita putar setengah putaran, sedikit saja aga dibengkek, pelan pelan ditarik, sampe IR terlepas. Untuk pemasang jauh lebih mudah . Tinggal masukin didorong pelan , pastikan karet di ujung IR yg baru masih ada , jangan sampe pas masang hilang, Nanti ane lanjut dengan foto befor & after , mo ane buat videonya utk referensi sebelum membeli xiixixiixixiix.
Itu saja dari ane salam kenal mas bro dan semuanya

gambar 2 - part number
Video 1 : rekaman saat ane melakukan pergantian Intake Resonator
Intake Resonator Ayla Replacement

video 1 - rekaman saat melakukan pergantian intake resonator
Video 2 : rekaman perbandingan suara sebelum diganti & setelah diganti
Intake Resonator Ayla Old Model & New Model

video 2 - perbandingan suara intake standard dan intake beresonator

Catatan saya terkait pergantian adalah :
  1. Harus yakin bisa cabut bisa pasang( jangan setengah setengah ) 
  2. Lepas dulu pengait 1 (dekat corong ujung udara masuk) dan 2 ( ditengah tengah)
  3. Pada saat pergantian intake yg lama sedikit dibengkek ke arah kanan ( ini jauh lebih mudah menurut saya )

Pemasangan.
  1. Ada karet di pengait 1 diambil kemudian dipasangkan ke dudukan pengait 1 intake model baru.
  2. Ada kabel gas (kalo ngga salah , koreksi kalau salah xixixi ) jangan sampai posisinya dibawah intake, karena posisi awalnya memang diatas (kalau dibawah tali gasnya akan tertekan intake, dikhawatirkan akan mengganggu kerja kable )
  3. masukan dahulu intake resonator pada lubang , kemudian baru dikaitkan pada dudukan pengait, kemudian ditekan. 
  4. Check dan rechek lagi setelah pemasangan .

Perbandingan :
  1. Pembeda intake lama dengan intake baru menurut ane adalah suara mesin jadi sedikit berbeda. kualitas suara lebih bagus terdengar .
  2. Dari dalem kabin suara karakter 3 silinder tetep ada , tapi ada yg beda 
  3. Ruang mesin jadi lebih wahhh.

Bro videonya mudah mudahan bisa jadi referensi, mohon maap kalau kualitas gambar tidak jelas, sudut pengambilan kurang memuaskan.
Jangan lupa Intake yang lama jangan lupa disimpen, punya ane di wrap pake plastik pembungkus makanan wkkwkwkwk
Itu saja dari Ane

 gambar 3 - intake resonator lama tanpa resonator
gambar 4 - terpasang

by allekriwil
sumber : kaskus

Comments

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}