Senin, 08 Juni 2015

DIY : Pasang Headrest Monitor di Grand Livina {eltisatya}

gambar 1 - test pasang Headrest Monitor
http://otodiy.blogspot.com
Jreng-jreng...nubitol ijin share pengalaman masang sendiri headrest monitor hasil mengisi waktu liburan di rumah. Ini juga persiapan kalo jadi mudik, para pasukan biar ga protes, sekarang udah pada pinter demo hehehe
Baiklah setelah menunggu 2 hari kiriman headrest monitor pesenan cap cungkow seharga 850 ribu dateng, langsung buka kaskus cara buka konsole tengah (cq starwagon, diarsip om Singa 22-04-2013). Headrest yang cocok buat Si Vina adalah ukuran 7”.

Persiapannya cukup dengan niat, keberanian, percaya diri dan doa. Sedangkan alatnya cukup dengan obeng plus/minus, cutter, solasi item dan seutas kawat (± 1 m).

Persiapan monitor
1. Buka kardus dan periksa isinya. Pastikan ada 2 headrest monitor, 2 pasang selongsong kaki monitor, 2 set kabel (av, arus, dan ground). Model yang berbeda maka berbeda pula kabelnya, tetapi yang disebut barusan hukumnya wajib ada. AV warna kuning, arus warna merah, dan ground warna hitam.
2. Pasang selongsong kaki monitor, masukkan kabel ke dalam selongsong. Untuk Si Vina karena posisi push lock ada di kiri (dilihat dari jok belakang) maka kaki yang ada coakan untuk kunci juga diposisikan di kiri. Jangan kebalik, nanti headrest jadi ga kenceng.
3. Jangan buru-buru sambungkan kabel dari unit monitor dengan kabel set.
4. Bagi yang HU nya cuma tersedia 1 buah V-Out kaya punya ane (Pioneer AVH-1450DVD) maka perlu beli tambahan jack V-Out splitter, ane beli 3000 perak.

gambar 2 - Splitter
Membuka dashboard / wood panel
1. Keluarkan HU, copot socket kabel.
2. Periksa peta pengkabelan buat nentuin kabel arus dan ground. Arus bisa juga ambil dari pemantik rokok, sedangkan ground lebih baik dikaitkan ke body mobil (yang metal ya, jangan yang bahan plastik )
3. Periksa output video, apakah sudah support rear/headrest monitor apa tidak. Jika sudah support maka akan ada 2 lobang V-Out berwarna kuning.

Pasang headrest
1. Setelah headrest bawaan dicabut, maka sekarang saatnya memasukkan kabel ke lobang headrest terlebih dahulu sebelum monitor dipasang.
gambar 3 - masukkan kabel
2. Ada masalah?? Ya bagaimana caranya kabel bisa keluar dari jok? 
a. Jika mobil sudah dipasang sarung jok, maka lepaskan kaitannya di bagian bawah, tidak perlu dilepas total sarungnya.
b. Jok asli juga perlu dibuka kaitannya di bagian bawah, yaitu melepaskan klip plastik sepanjang body jok. Caranya diputar keluar, lalu dengan bantuan obeng minus dorong melalui sela-sela lipatan. Klip ini mengunci di pinggir dan tengah.
gambar 4 - buka jok bawah
Bagian yang dilingkari adalah area klip yang harus dibuka pake bantuan obeng minus, yang tanda panah adalah tempat tangan kita masuk buat meraih kabel.

c. Setelah berhasil kebuka, maka sekarang masukkan tangan ke dalam jok untuk meraih ujung kabel. 
d. Tangan ga bisa masuk?? Tenang, ente hanya perlu bantuan kawat. Sebelum kabel dimasukkan lewat atas, lilitkan ujung kabel dengan kawat, persis seperti teknik ganti kawat kopling vespa (jaman masih anak vespa). Setelah itu buat lilitan di ujung kawat yang lain dan masukkan ke jok sampai keluar di bagian bawah, dan menarik kabel. Buat ginian dulu sebelum langkah point 'a'.
gambar 5 - lilitan kawat 
3. Rapikan posisi headrest, kembalikan sarung jok ke keadaan semula, dan tentukan jalur kabel menuju HU.

gambar 6 - keluarkan kabel
gambar 7 - Selipkan ke jok bagian samping
Koneksi kabel
1. Agar rapi, maka perlu menentukan jalur yang agak tersembunyi dari lokasi jok hingga ke HU, yaitu dengan dimasukkan ke konsol tengah. Lebih amannya selipkan lewat bawah rel jok, supaya tidak terjepit saat mengatur posisi jok (maju-mundur).
gambar 8 - konsol tengah
gambar 9 - posisi sambungan di bawah jok
2. Kalau sudah sampai ke HU, tinggal sambung-sambungin kabel. Kabel merah ke arus di HU (punya ane kabel biru HU adalah arus +). Colokkan jack dari monitor ke V-Out HU, dan jangan lupa grounding. Ada baiknya ditest dulu bos untuk memastikan pengkabelan benar dan monitor nyala. Kabel dari unit monitor jangan lupa dsambung ke kabel extension bawaannya ya.
gambar 10 - VOUT plus Splitter
Test (gambar 1 )
3. Selesai, tinggal perapihan jalur kabel dan pasang kembali konsol tengah beserta dashboard.
4. Selamat mencoba.
Tips
1. Kalau menemui kendala waktu buka-buka konsol, mending istirahat dulu, ngopi, cari inspirasi supaya dapat ide.  
2. Perhatikan setiap langkah di panduan DIY, jangan buru-buru, lakukan dengan sepenuh hati...hehehehe.
Demikian semoga bisa membantu buat yang suka iseng  

by eltisatya
sumber : kaskus KLIK

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar