Rabu, 08 Juli 2015

DIY : Bersihkan dan setel handrem Agya Ayla {anggoro.permadi}

 gambar 1 - alat-alat
http://otodiy.blogspot.com
permisi om mau numpang share kerjaan kemaren habis bersih-bersih rem sama throttle body. kalo sebelumnya sudah ada yang pernah posting maafin yaa  soalnya gak ngikutin perkembangannya nggak nyangka ini forum aktif sekali perasaan baru kemaren pindah rumah habis gini udah mau pindahan lagi  
jadi ini ceritanya agya saya generasi pertama pembelian desember 2013, kilometer sekarang sudah 19.2xx. sebenernya saya jarang sekali pakai mobil ini untuk kegiatan sehari-hari, cuma beberapa hari kemarin saya pakai terus dan saya menemukan ada yang ngganjel di hati  
masalah 1. remnya kerasa gak pakem dan yang paling kerasa sekali rem tangannya tidak cukup kuat untuk menahan mobil apalagi di tanjakan. 2. mobil terus "ndut-ndutan" saat akselerasi ringan maupun pas deselerasi.

langsung aja ya
REM Belakang

alat :
1. sabut cuci piring
2. palu (jika perlu)
3. obeng min
4. kuas
5. break cleaner nulon

yang akan saya share adalah untuk rem belakang, langkah-langkahnya:
1. dongkrak dan lepas ban seperti biasa, setelah terlepas akan muncul kenampakan tromol :
gambar 3 - penampakan tromol

2. lepas tromol, tidak ada baut pengikat apa pun untuk tromolnya jadi bisa langsung dilepas. caranya kemarin saya tarik dan goyang-goyang dikit sudah bisa lepas, kalau tidak bisa getok aja pakai palu di sisi-sisi terluar tromol, kalau cara halusnya pakai baut cuma saya tidak tahu itu baut ukuran berapa tinggal dimasukan otomatis tromol akan terdorong keluar dan lepas. posisi bautnya seperti yang saya tunjukan pada gambar dibawah
gambar 3

3. kenampakan setelah tromol terlepas, bersihkan saja debu-debu yang ada pakai kuas.
gambar 4

4. bersihkan permukaan kampas rem dan tromol dengan sabut/amplas
gambar 5
gambar 6

5. semprotkan aerosol pembersih rem ke kampas rem dan tromol, lalu dilap kalau bisa
gambar 7

6. setel ketinggian rem, caranya cukit saja sedikit pada bagian seperti yang saya tunjukan gambar di bawah dengan obeng min. kira-kira ini funsinya sama seperti di rem tromol motor, cuma cara kerja dalam meninggikannya aja yang beda. jangan terlalu tinggi, seenggaknya setelah dipasang tromol masih bisa diputar dengan lancar.
gambar 8 - setel

7. pasang kembali tromol dan langsung saja pasang kembali bannya, selesai.

Rem Depan

maaf untuk ini saya nggak ada foto, tangan sudah blepotan semua  
caranya sama aja yang pasti lepas ban dulu, kemaren cuma saya semprot-semprot aja cakramnya sambil diputar dengan harapan kampas remnya juga kena dan kotorannya bisa kebawa dan benar setelah saya putar cairannya menjadi hitam pekat.
niatnya mau saya buka kaliper cakramnya buat bersihin kampas remnya cuma ada kendala, saya tidak pakai jack stand dan lantai garasi saya sedikit menurun. bautnya cukup keras khawatirnya kalau saya paksa mobil bergerak dan anjlok bisa runyam nanti jadinya  

Throttle Body

yang ini juga saya engga ada foto, cuma caranya

1. lepas tutup box filter
2. semprotkan cairan cleaner ke mulut throttle body dan lubang kecil tempat ISC valve
3. lap dengan lap bersih

cara yang saya gunakan ini cara gampangnya aja, tidak saya rekomendasikan. termasuk dengan menyemprot lalu di geber-geber. sebaiknya dilepas saja throttle bodynya lalu dibersihkan secara menyeluruh. soalnya agya ini sudah pakai model sistem sensor O2 khawatirnya kotoran yang ada bisa mengganggu kerja sensor ini. dari sumber-sumber sih katanya kalo sensor ini rusak gak langsung kelihatan di check engine, tapi lebih seperti menyampaikan informasi yang salah ke ECU efeknya bensin jadi boros, ngelitik, muncul jelaga, dll. mungkin kalau cuma 2-3x sih tidak akan berpengaruh apa2. saya sendiri sih belum pernah mengalami, ruang bakar juga bersih, alhamdulillah masih di kasih rejeki bisa beli pertamax terus. cuma ada temen yang pernah ngalami seperti itu, diagnosa bengkel terlalu sering pakai zat addictive untuk bensin dan memang benar teman saya suka ganti2 pakai zat addictive untuk bensin.

hasil 

1. feeling rem di pedal jadi tinggi alias injek dikit sudah ngerem
2. lebih pakem, toel dikit udah berhenti
3. rem tangan jadi lebih pendek, tarik dikit sudah mentok.
untuk rem tangan emang sepertinya gabisa pakem soalnya ukuran kampas remnya yang sangat kecil sekali jadi yasudahlah mungkin itu kelemahannya dari mobil ini.
4. ndut-ndutan yang sebelumnya muncul hilang sudah 

semua cleaner yang saya gunakan pakai nulon
gambar 9 - Nulon
saya pakai nulon karena produk ini yang dipakai jadi cleaner standar di beres toyota, dan kebetulan kemaren nemu ada toko yang jual murah banget di situs jual beli online

by anggoro.permadi
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar