Kamis, 31 Desember 2015

Pasang Filter Sedimen Air di Chevrolet Spin Diesel untuk mempernjang umur filter solar {tototewel}

gambar 1 - Filter Sedimen Air di samping Filter Solar ori GM
http://otodiy.blogspot.com
So far Spinsel yg seangkatan Spinsin saya ( usia > 2 tahun) banyak yg pake biosolar, with no problem. Terutama yg tinggal di Sumatra. Asal rajin purging berkala, dan sedikit dikasih vitamin. Bisa konsul dgn suhu CV40.

Buat menghemat filter solar GM yg rada mahal, bisa ditambah modul filter solar aftermarket punya Ijusu ato Otoyot diesel. Spt foto ini pasang filter sedimen air dan filter solar 30rb-an.



Quote:Original Posted By cv40 

om tt ngejek nii yee... blg ane suhu 

ane mau tanya nih om tt :
- filter sedimen air itu nama lain dari filter solar?
klo tdk, mana yg lbh baik pasang filter sedimen air atau filter solar tambahan?
- merk & hrg filter sedimen air yg bagus tp murah, apa om ?
- dg penambahan filter tsb, apakah jadwal penggantian filter solar ori bisa lbh lama?
misal : hrsnya per 30 rb km jd 45 rb km?
- bolehkah spin 1.2 & captiva pke oli mesin GMTech yg dexos1 ?
atau mesin ecotec itu hrs pke oli dexos2 ? 

trims om tt yg smart 




Saya coba jawab ya suhu CV40 yg budiman.. 
- Filter solar ada 2 tahap. Pertama water & sedimen trap, utk menjebak kandungan air dan debu halus/ kotoran (sulfur) yg bisa mengendap. Yg kedua filter partikel, utk menyaring debu halus/ kotoran yg melayang gak bisa mengendap.
Pada Spinsel 2 tahap itu dijadikan dlm satu tabung filter solar. Makanya ada baut kran utk buang air/ sediman di bgn bawah tabung filter solarnya. Tapi kalo di mobil2 Jepun biasanya terpisah dgn filter partikel berbentuk tabung yg murah (warna biru di foto atas). Dan water trap (filter sedimen air) spt tabung warna bening di foto. Dibawah water trap juga ada baut kran pembuangan air nya.yg

- Merk/ tipe tergantung unit modul filter nya. Dudukan tempat filter yg di mounting ke body. Kalo gak salah itu temen pake modul filter yg dipake Mitsu L300 diesel. Tinggal diakalin mounting nya ke body. Tabung bening water trap gak perlu diganti. Yg diganti berkala tabung filter warna biru yg spt filter oli. Harga filternya murah meriah. Jadi bisa diganti sebulan sekali, kalo mau. 

- Ya pastii umur filter nano-ceramic GM yg lumayan harganya bisa diperpanjang. Beban kerja filter ori jauh berkurang, fungsinya memfilter partikel super halus saja (nano). Bisa di cek kan secara berkala, kalo belum berlumpur tebal, gak perlu diganti. Yang pasti filter tambahan gak bisa menggantikan filter solar yg ori. Krn diesel multi-jet aslinya hrs nenggak bbm diesel standard eropah.

- Menurut saya gak masalah mesin bensin Ecotec (Spin 1.2 & Captiva bensin) di suruh nenggak GM-Tech Dexos1. Cuma beda di additive anti-soot-thickening saja, yg dibutuhkan oleh mesin diesel.
Krn mesin ecotec yg dipasar Indonesia itu disain dari GM-Europe. makanya di buku manual pake standard emisi Europe yg lebih tinggi dibanding di USA. Kalo pake dexos1 bisa tidak lolos uji emisi eropa. Oli Dexos2 cuma lebih bagus dimasalah emisi saja, sedang performa pelumasannya sama saja. Dexos2 lebih bagus pada property Aftertreatment Compatibility (komponen emisi) dan lebih sedikit membentuk Piston Deposit.
Di USA, mesin2 ecotec bensin boleh bebas nenggak oli dexos1 di buku manual nya. No Problem.

Ini perbandingan property additive Dexos1 vs Dexos2.
gambar 2 - Dexos 1 vs Dexos 2

by tototewel
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar