Jumat, 01 Januari 2016

DIY : cara pasang socket lighter 12 volt di Innova J {usbdevice}

 gambar 1 - socket lighter merk Flosser
http://otodiy.blogspot.com
malem agan2, langsung aja ya nih, naek innova J punya kantor, kesusahan mau ngecas hp. satu hal yang paling parah dari tipe J adalah tidak ada socket lighter. kalo dipikir2 granmax pickup di kantor versi termurah aja uda ada socket lighternya..

pilihan jatuh ke socket flosser, harga 100rb tapi kualitas bahan bagus, ada lampunya dan buatan jerman. namun karena posisi skun sedikit berbeda dengan socket bawaan mobil, maka harus dibuatkan kabel. sebetulnya tutorial ini juga bisa diaplikasikan ke innova tipe e atau g yang mau nambah socket di sebelah kiri seperti tipe V dengan cara paralel kabel. perlu diketahui untuk fuse atau sekring dari socket lighter innova adalah 15A. posisi sekring tsb ada di bawah setir.


bahan yang dibutuhkan:

  • socket lighter 12V
  • skun male and female
  • kabel
  • solder dan heatshrink tube
  • multimeter

 gambar 2
solder 2 kabel sehingga membuat extension bagi masing2 skun positif dan negatif. untuk yang positif diparalel ke bohlam T5 agar lampu nyala saat kunci di ACC 
 gambar 3
buka salah satu dummy di bawah dashboard innova J, dan tarik keluar 1 panel. nanti kabel ori untuk socket lighter ada disana.
 gambar 4
gunakan multimeter untuk memastikan polaritas dari masing2 kabel. untuk di mobil ini yang hitam adalah plus, yang coklat adalah ground.
 gambar 5
lepas rumah bohlam T5 dan pasang socket lighter. harus agak dipaksa masuk tapi begitu masuk sudah paten. sambungkan kabel buatan ke socket kabel orsinil bawaan mobil.

ini penampakan ketika sudah jadi. 
 gambar 6
 gambar 7
gambar 8
semoga membantu.

by usbdevice
sumber : kaskus KIOC

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar