DIY : Membuat Head Unit panasonic Honda BRV prestige nonton video sambil jalan {rafifhamizan057}

 gambar 1 - Soket head unit Honda BR-V
http://otodiy.blogspot.com
head unit Honda BR-V sebenarnya sudah sangat lengkap untuk memanjakan penumpang di dalam kabin. Head unit berupa monitor sebesar 6,1 inci yang bahkan pada tipe Prestige tak hanya untuk mendengar lagu dan nonton video, tapi sudah terdapat fitur pembersih udara kabin, Nanoe.

Namun, banyak keluhan dari para pengguna Honda BR-V, yakni saat nonton video tidak bisa sambil mobil berjalan. Maksudnya, saat mobil berhenti layar di head unit menampilkan video, tapi langsung berganti layar blank berwarna biru saat mobil berjalan.

Honda menerapkan hal ini dengan tujuan keamanan, sehingga meminimalisir gangguan saat mengemudi. Bagus untuk yang nyetir, tapi bagaimana nasib penumpang yang butuh hiburan kabin agar tidak bosan selama berjalan?

Tenang, ada cara mudah kok untuk tetap mengaktifkan video saat mobil berjalan. Sudah dilakukan oleh beberapa pengguna Honda BR-V, sehingga meski mobil dalam keadaan berjalan, video masih tetap menyala.

Sensor untuk video agar muncul saat mobil berjalan ada pada lampu hand brake. Apabila hand brake aktif, maka gambar video akan mati, begitu sebaliknya, saat handbrake dilepaskan, maka video akan menyala. Artinya mobil harus dalam kondisi diam untuk menonton video.

Cara agar video tetap menyala adalah dengan melakukan bypass head unit parking brake signal. Cukup buka head unit, kemudian terdapat soket dengan beragam warna kabel.
gambar 2 - kabel di socket audio BRV
sumber gambar dari adhi.widjajanto.net
Cari kabel yang berwarna coklat muda, kemudian dipotong. Lalu sambung kabel hitam yang di sisi soket ke ground manapun. Hanya perlu menambahkan kabel tidak sampai 10 cm.

Kalo diliat dari diagram yg no 20...
Ane udah coba dan ternyata berhasil...

by rafifhamizan057
sumber : kaskus

Comments

  1. Detilnya ada disini:
    http://adhi.widjajanto.net/blog/2016/02/22/diy-bypass-head-unit-parking-brake-signal-honda-br-v/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perkenalkan sy jalu..pake brv 2018 september...sy sdh putus kabel hand brake coklan muda..cuma indokator rem nyala terus d saat jalan..kabel itu sy sambung ke kabel hitam ground si soket hunya..apakah sy salah sambung?

      Delete

Post a Comment

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G