Posts

Showing posts from June, 2017

Share ganti sil noken as Innova Diesel D4D yang bocor {Donz Jo}

Views
gambar 1 - seal noken as bocor
otodiy.blogspot.com
Bocor oli sil noken as Innova Diesel D4D 2KD 2011 KM 85K on going, ketahuan dari netes basah seputaran cover timing belt... harga sil nya 115rb original ongkos kerjanya 300rb...

Share percobaan sederhana titik didih coolant vs air AC {Firman Abu Salsabila}

Views
 gambar 1 - air AC didihkan
otodiy.blogspot.com

Review Spotlight Cree sebagai lampu kabut tambahan di Innova {David Djoko}

Views
gambar 1 - lampu Worklight Cree Led Spot di Innova
otodiy.blogspot.com
Review Lampu Kabut Tambahan.

Saya perlu tambah lampu kabut karena:
  1. Sering lewat jalur berkabut di Cemoro Sewu.
  2. Saat hujan di malam hari, sering merasa lampu kurang terang.
  3. Ganti pakai lampu HID yang putih, sinar terang malah memantul, tapi tak bisa tembus kabut.

Produk yang dibeli:
  • Worklight Cree Led Spot 12 mata lampu, 36 watt.

Tanda arah pemasangan thermostat, ganti thermostat dan rangkaian pipa radiator dari waterpump Next G yang keropos

Views
 gambar 1 - tanda panah pada body rumah thermostat
otodiy.blogspot.com
Lagi-lagi ini foto-foto saat vakum nge-blog. Dibuang sayang, dan buat catatan aja soal ilmu dari bengkel Pak Jono saat penggantian thermostat "set" di Baleno Next G. Foto dilakukan di Januari 2017. Mirip dengan penggantian thermostat "set" yang sama dilakukan di aerio. Hanya bila yang lalu dilakukan karena darurat, sedangkan kali ini lebih prepared. Disebut prepare dalam pengertian sudah banding-banding harga antara beli online dan langsung ke toko di kedungdoro, akhirnya diputuskan beli di Suzuki Motor jl Kedungdoro Surabaya dengan total harga seinget newbie totalnya 1.13 jt an. Lebih hemat dibanding saat kejadian di aerio.

Ganti kampas rem depan Next G matic dengan Bendix General CT

Views
 gambar 1 - bendix General CT
otodiy.blogspot.com
Pergantian dah lama mestinya, waktu vakum kegiatan blogging, jadi tidak terlalu banyak foto-foto. Bila dilihat tanggal foto dilakukan di 28 Sept 2016. 

Pembelian di Sentosa Motor via Tokopedia. (gambar 2). Awalnya tertarik untuk mencoba Bendix 4WD SUV (gambar 3). Namun ternyata yang datang adalah Bendix General CT (gambar 4).

DIY : perbaikan motor fan ac aerio yang tidak berputar {Anggoro Budiyanto}

Views
gambar 1 - per carbon brush dibetulkan
otodiy.blogspot.com
Curhat dikit yah...pulang mudik ke oslo ±20 jam...masuk kawasan purwokerto ada yang aneh (ac on) lihat water temp manteng di 80Celcius posisi malam dan hujan tipis-tipis merasa aneh padahal siang hari macet-macetan daerah bumiayu (ac on) cuma 70Celcius..melipir ke spbu dicek semua fan muter (yang ini ga ngecek fab ac muter kenceng ato gak, yang penting muter), lanjut aja toh cuma 80C..

Ganti upper radiator Grand Livina {Tino Frappucino}

Views
gambar 1 - upper radiator
otodiy.blogspot.com
Share ganti top radiator, ternyata ada 2 macem, yg saya harus pake yg thailand punya, merk nissan calsonic, upper radiator 400k.

Video sedot Carbon Clean ruang bakar dengan Vacuum Cleaner {Aditia Ekalaya}

Views
gambar 1 - hasil sedot Carbon Clean
otodiy.blogspot.com
penasaran apa yang bisa ningkatin performa aerio yang udah lama ane cuekin.
kebetulan bahan-bahannya ada dan emang udah waktu nya elus2 si Bluey...
step 1.
carbon clean dewek aja..
modal botol bekas, selang nylon, vacuum cleaner mobil...
dah lama juga blom bersih-bersih throttle body.
jadi skalian aja.
hasil : bersihin ruang pembakaran + throttle body memang lumayan bikin bluey lebih responsif dan idle lebih halus. (gambar 1 dan video 1).

Report ganti repair-kit master kopling atas aerio penyebab kopling hilang tekanan {Anjik}

Views
gambar 1 - Karet master rem atas yang cuil
otodiy.blogspot.com
Report pengerjaan master kopling. Gejala awal kopling saat diinjak normal.tetapi pada saat kondisi jalan macet pasti akan lebih sering nahan injak dan lepas kopling. 
Pada saat  kondisi tersebut maka kopling tiba-tiba ringan dan loss hampir separuh. Bahkan jika semakin sering macet jalan berenti terutama saat mundur kopling loss sama sekali hilang, yang berakibat gigi porsneleng tidak bisa ganti gigi, jadi keras kondisi tersebut. 
Bisa normal lagi jika mesin dimatikan dan dihidupkan, maka bisa jalan seperti sedia kala. Tapi akan terulang lagi hal yang sama.

Share pemakaian kepala aki quick release {Aditia Ekalaya}

Views
 gambar 1 - kepala aki quick release
otodiy.blogspot.com
ganti kepala accu pake model quick release gini...
enak bongkar pasang kpala accu.. ga ribet.
newmod agak ribet krn ada sekring 80A. yg oldmod lebih simple.

DIY : Karet rambut, darurat Baleno Next G matic yang mogok di tol karena tidak bisa pindah gigi

Views
 gambar 1 - karet rambut bisa membuat mobil matic jalan kembali
otodiy.blogspot.com
Kejadian kemarin malam waktu pulang kerja, tiba-tiba nyonya telepon karena baleno Next G yang dikendarain mogok di tol. Kondisi sudah minggir di atas rumput-rumput diluar bahu jalan. Keadaan ga bisa oper gigi, tuas transmisi terasa ringan. Ok kebetulan nanti akan lewat tol itu, jadi ditungguin. Berikutnya pikiran otomatis sudah kemana-mana memikirkan kemungkinan yang terjadi. 

  1. Yang pertama kepikir malah yang paling jelek, kopling matic habis ! Wah mayan tuh biaya bisa 5 juta seperti yang pernah report di sini. Selain itu mesti cari derek gendong atau derek dengan ban depan terangkat, maklum matic tidak boleh ditarik dengan kondisi ban penggerak menempel aspal dan mesin mati, alamat jebol itu transmisi matic.
  2. Yang kedua lebih ringan, kabel transmisi matic putus (A/T Cable Select Assy, P/N : 28210-55G10) di bagian ruang mesin, seperti yang pernah direport di sini. Pikiran dah mikir, wah bahan darurat apa yang bisa dipakai ya.... Harga-nya lumayan 700rb - 900rb mungkin harga saat ini.
  3. Yang terakhir, cable select assy yang sisi dalam kabin, pecah di bushing penyambung kabel dengan tuas transmisinya. Ini yang paling sering direportkan di komunitas Aerio / Next G.


Sudah daripada pikiran kemana-mana padahal belum pasti, mending pikiran dikonsetrasikan ke jalanan, daripada juga kecelakaan karena melamun malah tambah masalah.

Share alat press selang AC di Forza Surabaya {Anjik}

Views
 gambar 1 - alat press selang AC
otodiy.blogspot.com
Buat pembelajaran, dapat share dari om Anjik anggota AIC Surabaya yang juga merupakan owner dari Forza Surabaya. Biasanya untuk selanng AC yang udah bocor di sambungan, untuk menghemat biaya bisa dilakukan press ulang, selang yang ada dipotong sekitar 5 cm kemudian dipress ulang. Penampakan alat press seperti terlihat di gambar 1.

cari penyebab getar halus, dari inner cv joint Aeeio {niladyo}

Views
gambar 1 - tripod bearing jeroan inner cv joint
otodiy.blogspot.com
Udah ganti CV joint, inner or outer, berikut intermediate, tapi ada gejala getar halus. Pas jalan kec 35kpj, haluus, dan 80kpj an. Bukan pas belok.
Semua proses balance spooring sampai finishing balance all set.
Akhirnya kan, sesuai dugaan awal, ini biang geter halus (gambar 1).

Ganti O Ring CMP penyebab rembesan oli mesin Aerio {Goenx}

Views
 gambar 1 - rembesan oli di sensor CMP
otodiy.blogspot.com
Permisi om2 yg ada disini ,,Aerio saya ko ada bocoran didaerah yg lingkaran merah kira2 apanya yg harus diganti,,makasih,,

Kabel ke kompresor putus sehingga AC Aerio tidak mau hidup {Dwiki T Nugraha}

Views
 gambar 1 - kipas condesor aka extra fan AC
otodiy.blogspot.com
Om tan sumas, mohon saran dong.
Jd kronologi barusan bawa oreo jalan pagi2, nyalain ac, tiba2 kok ga dingin.
Dicek ternyata kipas ac mati.
Sampe tujuan ga pake ac,
Iseng baca2 di otodiy, saya coba tuker relay ac sama foglamp( tetep ga nyala) yg relay ac pasang buat foglamp nyala.
Habis itu coba jumper fan ke aki, wuss angin kencang.
Kira2 apanya ya? 😓

bongkar steering rack Aerio dan perbaikan {Agus Susanto}

Views
gambar 1 - steering rack, long tie rod dan tie rod end
otodiy.blogspot.com
Persiapan mudik..ceritanya mau service aja...merembet jadi bongkar rack steer PS..ganti ban..sporbal..ganti oli dah sekalian..😂😂

 gambar 2 - rumah steering rack
 gambar 3 - steering rack dilepas
 gambar 4 - spooring
gambar 5 - spooring
2 jt ganti as ,rumah ,sama sealnya...rumahnya penyok..jd duduka seal yg di as jg ikut penyok...ini jg ndk ada rencana...kadang berat stir...repot kl parkir...
Pompa Power Steering masih OK.

bengkel di Borobudur.tajur Om...yg satu unit sm as yg ada giginya...yg ndk di ganti tie rodnya ....daerah Bogor Om
rumahnya copotan mobil lain...kl br bs 2x lipat harganya...

Prima service 
Jln raya tajur no257  Bogor
Tlp 0822 1022  1818
Ini kl orang yg tinggal daerah Bogor pasti tau Bengkel sama toko sparepart Borobudur

by Agus Susanto
sumber : facebook AIC

Persiapan mudik, daripada antri bengkel, carbon clean Aerio sendiri {Saryadi Al Rasyid}

Views

 gambar 1 - DIY
otodiy.blogspot.com
persiapan mudik... carbon cleaner sendiri... drpd harus ke bengkel antri...

Ganti shockbreaker belakang Aerio dengan KYB Excel G di bengkel Adhi Putra Sidoarjo

Views

gambar 1 - shockbreaker KYB Excel G belakang Aerio
otodiy.blogspot.com
Aerio lagi banyak pe-er nih. Kalau minggu lalu benerin alternator di A Long Dinamo Sidoarjo, sekarang giliran Shock Breaker belakang. Sebenernya ini shockbreaker udah lama banget bocor, tapi maklum dana lagi cekak jadinya ditunda-tunda. Terakhir pas kuras rem (ga ada dokumentasi) coba lihat kondisinya udah parah bener. Dan kalau belok kenceng terutama ke kiri, terus ada geronjalan kerasa banget kalau pantat Aerio kebuang/ ban belakang bergeser karena shock udah ga bisa nahan bobot kendaraan lagi. Demikian juga kalau lewat jalan yang bergelombang, mulus ga berlubang tapi kontur jalan ga rata, maka kerasa goyangan mobil berlebihan, serasa mengayun dan tidak stabil.

DIY : start stop button Aerio {Aditia Ekalaya}

Views

video 1
otodiy.blogspot.com
by Aditia Ekalaya
sumber : facebook

Ganti speedometer digital versi Inggris buat Aerio, Ada indikator temperaturnya {Marantha Manurung}

Views
gambar 1 - Speedometer dengan water temp indikator
otodiy.blogspot.com
Pagi sumas, nyobain speedometer versi eropa, semua panel berfungsi kecuali indikator suhu mesin, bisa diulik ga ya?terimakasih

Customisasi fitur di Calya / Sigra {ddyta_27}

Views
 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Hasil baca baca manual book, beberapa fitur bisa di ubah ubah.. contohnya
1. fitur auto wiper belakang pas wiper depan nyala ternyata bisa di off kan
2. waktu lampu kabin otomatis mati bisa panjang atau cepat
3. fitur suara buzzer bisa dinyalakan atau dimatikan
4. fitur speed sensitive intermitten wiper bisa cepat atau lambat
dan masih banyak lagi..

gilaaaa, lcgc macam apaan ini..???

Per Kayaba untuk mengatasi problem ambles Calya / Sigra {ritaurielle}

Views
gambar 1 - per Kayaba
otodiy.blogspot.com

Quote:Original Posted By hakeemrahman24 
Masalah kaki2 belakang Sigra ini membuat ane nambah pengalaman. Hehehe....

  1. Per L300 bensin yang ane beli kemaren g cocok buat sigra, kayanya agan doddy mesti pastiin lagi deh merk pernya apa. Karena habis ane beli per L300 2nd kemaren diameter dalamnya g cocok buat sigra.....
  2. Akhirnya ane cari 2nd opinion bawa ke OJ Shock Solo....pake pernya captiva 2nd (kata mekaniknya ya), sedikit modif suspensi.
  3. Nunggu hasil sebelum dipakai ke Yogya siang nanti....silahkan ditunggu update berikutnya....
Update....mantaaaaap.
Kesimpulan:
Buat masalah calsig yang ambles mah solusi g mahal2 amat....
200 rbu untuk modifikasi kekerasan suspensi, 500 rbu kalo sama ganti per pake per 2nd.
Hasilnya Solo Yogya lewat jalan alternatif yg lumayan bolong2 dilalui dgn mulus.....suspensi lebih nyaman.
Buat agan2 di Solo, OJ Shock recommended lah....
Sebentar lagi rilis kok produk kayaba buat calsig. Per dan SA. 
Sebagian dari kita berkesempatan buat nyobain duluan. Komunitas Calya Sigra Kaskus

Share ganti kopling set Grand Livina di Jasmin Motor Bekasi {kedensa}

Views
 gambar 1 - transmisi diturunkan
otodiy.blogspot.com
Jajan Maning ... z

Share pembetulan power window Grand Livina yang macet {kedensa}

Views
gambar 1

otodiy.blogspot.com

gw mau berbagi aja yak..
udah 2 hari kaca depan supir gak gerak sama sekali. gak ada tanda2 kehidupan... heheheh.. 
barusan bongkar panel board nya.. sepertinya normal aje..
lalu cari2 masalah laen.. nemu... motornya ko paannnaaaaasssss... yaudah matikan kontak. bongkar gak pake lama...rupanya motornya yang macet..

Share diy gurah injector Aerio {Yan Adhipra}

Views
gambar 1 - injector ditekan cleaner dan diberi arus 12 volt untuk pembersihan
otodiy.blogspot.com
Habis gurah injector...ijin melintas lagi Cikarang Purwakarta tujuan akhir Pudak Scientific Bandung PP...

DIY : modif karet wheatherstrip menggunakan loop dari Velcro untuk menghindari baret kaca film Aerio {Yan Adhipra}

Views
 gambar 1 - sebelum dan sesudah menambahkan loop di wheatherstrip
otodiy.blogspot.com
Catatan DIY Iseng:
Pasang loop fastener di karet weatherstrip bagian dalam, harapan mengurangi baret kaca film dan menangkap debu.

DIY : kuras tangki bensin, fuel pump, fuel filter, fuel rail dan injector Aerio {Yan Adhipra}

Views
 gambar 1 - persiapan turun tangki
otodiy.blogspot.com
(DIY) Do It Your Self - Cleaning Aerio Fuel Tank, Fuel Pump, Fuel Filter, Fuel Rail, Fuel Injector. Sangat puas melihat inside fuel tank kembali kinclong, tetapi jujur...ini DIY paling melelahkan yang pernah dilakukan dan saya tidak berminat untuk mengulangnya kembali :). Thanks om Agus dan otodiy.blogspot.com di surabaya untuk panduan nya..

Share video pembersihan fuel filter Aerio {An Dy}

Views
gambar 1 - fuel filter dibersihkan
otodiy.blogspot.com
numpang share pas ganti fuelpump karena bermasalah.
Sedikit Kronologis, 
bermula sore habis jemput nyonya terus jalan-jalan sebentar kemudian pulang. sehabis sholat magrib mau pergi lagi nah pas mau nyalain mobil baru stater sebentar terus mati, coba stater hidup dan gas kemudian mati lagi, cek stop kontak on tidak ada suara desing dari fuelpump. 
buka kap mesin bagian box relay karna ada satu cadangan relay coba di ganti (padahal masih baru) tes kontak on tetep tidak ada suara desing fuelpump. besok pagi telp service mobil panggilan. untungnya kejadian dirumah.

DIY : perbaiki grounding fuel pump penyebab fuel pump Aerio tidak bekerja {Hadi Muharam}

Views
 gambar 1 - grounding fuel pump nge-fong
otodiy.blogspot.com
Fuel pump gak bekerja?????...jgn dulu vonis rusak yah guys....cek dulu si "soket jumper biru" (gambar 1). Mo coret2 ah,,,,, kejadiannya kemaren pas kopdar sm om Jimi Grapina maksi di cinere,pas mo pulang si MR X tiba2 ngadat, begitu di stater mesin hidup selang 2 detik mesin bergetar lampu check engine kedip2 dan langsung mati.

Ganti fuel pump dan perbaikan grounding fuel pump Aerio {Kun Widodo}

Views
gambar 1 - grounding fuel pump
otodiy.blogspot.com
Misi oms tans......nyampah dei euy...
Ini cerita si Mpreed lagi yg setiap pergi ke plat B mesti dpt trouble......
Tahun baruan kmrn OH d tol Buah Batu, pulangnya motor starter macet krn panas saat nanjak k Guci.
Menjelang lebaran, motor starter macet lagi di Candiroto Temanggung pas mo brangkat k jkt.
Kali ini mogok dei saat mau pindah parkir sth seharian ga dipakai.

DIY : membuat rata angin hembusan ac double blower mobilio {crayonyes}

Views
gambar 1 - modif hembusan angin ac belakang
otodiy.blogspot.com
Bikin AC belakang sebelah Kanan Lebih berangin.
Barusan ane extend sirip dalem (pelat miring antara lubang tengah dan kanan -- msti buka kisi2 AC atas)
dan hasilnyaa .......... Jrennggggggggggg jadi banyak anginnya wwkkwkwkw.

Ganti bearing alternator aka dinamo ampere Aerio penyebab bunyi dengung

Views
 gambar 1 - alternator dan water pump
otodiy.blogspot.com
Aerio udah lama bunyi nih. Bunyinya mendengung sangat kencang dan suara makin kencang sesuai dengan rpm. Pagi hari saat mesin baru menyala, otomatis suara dengung kencang karena rpm makin tinggi. Dengan rpm idle perlahan normal suara lebih 'adem', namun tetap saja bunyi. Bila di gas maka bunyi semakin kencang mengikut rpm, mau mesin panas dingin suara tetap ada. Charging ke aki normal, ac normal dinginnya, temperatur mesin juga normal, Suara yang super ribut.

DIY : balik kabel di socket untuk perbaiki arah tiup fan radiator Aerio yang terbalik {Aditia Ekalaya}

Views
 gambar 1 - socket radiator Aerio dengan 4 pin
otodiy.blogspot.com
buat yg mau ganti motor fan radiator.
beberapa merk non OEM kalo dipasang malah niup dan bukan ngisap kearah ruang mesin.
sebelum pasang tes dulu arah putar kipasnya.
kalo beneran motor fan malah niup ke arah depan, mau ga mau kabel harus dibalik.
jangan kuatir, kabel motor fan bisa dibulak balik koq sesuai keinginan arah tiupan/sedotan angin nya.
ini terjadi di 'the mighty jangkrik' yg pas meetday bromo kmaren ganti radiator ama motor fan aftermarket non OEM.
baru nyadar kmaren2 pas tes radiator koq angin nya malah ke arah depan ?
jadi selama ini???
ah sudahlah...

DIY : bearing tipe 6010 LL untuk ganti tensioner bearing Aerio

Views
 gambar 1 - tensioner bearing diganti bearingnya saja
otodiy.blogspot.com

Aerio ada bunyi, dugaan dari tensioner bearing. Harga agak mahal yang ori, yang kw sekitar hampir Rp300ribu namun karena meragukan kualitas bearingnya, maka diputuskan menggunakan bearing universal dengan merk yang baik. Sehingga diharapkan kualitas bearing tetap bagus dengan harga yang lebih murah.

AIC troubleshoot mesin aerio mati tidak bisa menyala

Views
gambar 1 - kontak on
otodiy.blogspot.com

Budi Gunaryo : mohon maaf ngrepoti ni aerio saya tiba tiba macet gak tahu sebabnya macet di blondo indikator mati semua tapi bisa di stater tapi mesin gak mau hidup.

Pasang kabel grounding di Calya / Sigra {bengun1990}

Views
 gambar 1 - di alternator
otodiy.blogspot.com
Ane pasang 6 titik gan..
1. Alternator
2. Cylinder head
3. Firewall
4. Transmission
5. ECU
6. Throttle Body

Itu sih yg ane pasangin.. Fungsinya yg pasti utk menstabilkan kinerja masing2..

pasang peredam STP di Sigra {Doddy4}

Views
 gambar 1
otodiy.blogspot.com
setelah pasang STP jadi senyaman sedan, kabin senyap, hanya suara mesin aja lagi yg terdengar, karena yg masang kemarin gak berani bongkar dashboard takut gak bisa balikin kabel2 nya, sampai lantai depan naik sedikit aja, STP memang paling joss, ringan dan mudah dibentuk serta melekat kuat,
Kalau harga cari di toped aja bro, harga relatif

Ganti per belakang Sigra dengan L300 untuk mengatasi ambles saat muatan penuh {Doddy4}

Views
 gambar 1 - per Mitsubishi L300
otodiy.blogspot.com
sekedar share emoticon-Embarrassment, beberapa lama sigra sy amblas & pusing nyari2 solusi buat amblas nya itu, karena bertambah berat 50kg pasang peredam aspal, & sy coba ganjal karet 2cm hasil nya bagus tp karena sy muatin org gendut2 full 7 org langsung amblas lagi & juga per menjadi agak pendek gak mau kembali keposisi semulaemoticon-Big Grin, pas kebetulan jalan2 ke pasar loak sy ada liat per yg sangat pas bgt untuk sigra ini diameter per dalam -+96 - 97 mm dg panjang sama persis 32cm , waktu sy tanya itu per apa ? Dia bilang itu per Pick up L300 yg depan, dalam hati sy kok bisa persis ya?emoticon-Big Grin hanya dia lebih besar batang ulir nya 15.5mm sedangkan sigra hanya 12mm, cuman lebih besar 3.5mm doangemoticon-Embarrassment, akhirnya sy coba beli dg harga 200rb sepasang 

DIY : Recovery injector captiva diesel korban solar busuk {Judi}

Views


gambar 1 - test semprotan injector
otodiy.blogspot.com
Maaf jika tulisan ini belepotan krn ini posting pertama saya untuk berbagi pengalaman.

Menceritakan pengalaman recovery captiva 2013 akibat mengkonsumsi solar busuk, mobil ini sy pakai sebagai mobil harian bergantian dengan ertiga sebagai backup, mulai baru menggunakan dex sebagai prioritas dan sesekali pakai bio jika tdk mendapat dex.
Awal masalah timbul pd saat sy melakukan perjalanan rutin ke bbrp kota di sepanjang pantura jatim dan tertarik mencoba solar A*R, pagi berangkat dr surabaya jarum indikator bbm kurang dr setengah dan sy isi solar A*R full di lamongan dan lanjut perjalanan ke tuban dan bojonegoro, sore balik ke surabaya dan besoknya lanjut ke pasuruan dan isi solar A*R di perbatasan pasuruan-probolinggo, saat itu indikator bbm menunjukkan setengan dan sy isi full dan melanjutkan perjalanan ke probolinggo dan sorenya lanjut ke lumajang dan malam hari balik ke surabaya, total ±600 km. 

Ganti Pressure Switch AC Aerio penyebab bocor freon {Fauzi Anang Saja}

Views
gambar 1 - Pressure switch AC
otodiy.blogspot.com

Akhirnya beres juga masalah AC mobil ane, cuma 300rb sudah termasuk isi freon, padahal kemarin di bengkel lain di perkirakan biaya sekitar 1jt-an