DIY : balik kabel di socket untuk perbaiki arah tiup fan radiator Aerio yang terbalik {Aditia Ekalaya}

 gambar 1 - socket radiator Aerio dengan 4 pin
otodiy.blogspot.com
buat yg mau ganti motor fan radiator.
beberapa merk non OEM kalo dipasang malah niup dan bukan ngisap kearah ruang mesin.
sebelum pasang tes dulu arah putar kipasnya.
kalo beneran motor fan malah niup ke arah depan, mau ga mau kabel harus dibalik.
jangan kuatir, kabel motor fan bisa dibulak balik koq sesuai keinginan arah tiupan/sedotan angin nya.
ini terjadi di 'the mighty jangkrik' yg pas meetday bromo kmaren ganti radiator ama motor fan aftermarket non OEM.
baru nyadar kmaren2 pas tes radiator koq angin nya malah ke arah depan ?
jadi selama ini???
ah sudahlah...

nah daripada potong and sambung kabel dan keliatan jelek, mending kita copot socketnya dari rumah terminal.

tools : 
  1. kawat atau obeng kecil.
    lebih bagus kl punya depinning tools sih..
    ane pake test pen yg ujungnya udah ane gerinda..


 gambar 2 - keluarkan plastik warna putih
cara : 
  1. buka plastik warna putih yg ada didlm rumah terminal. congkel aja pelan2. Lihat gambar 1 & 2.
  2. setelah plastik warna putih terbuka, lihat dalem rumah terminal.
    dibagian atas lubang socket ada pin plastik. dorong keatas menggunakan kawat atau tang kecil.
    hati2 jangan sampe patah.
    sambil mencongkel pin tersebut, tarik kabel.
    pasti langsung lepas.
  3. copot socket bagian bawah juga.
    nah socket atas pindah ke lubang socket bawah dan sebaliknya socket bawah pindah ke lubang socket atas.
  4. lakukan hal yg sama ke socket kabel buat speed 2 motor fan dan setelah selesai pasang kembali plastik warna putihnya.
    jangan lupa cek karet yg deket pantat kabel. gunanya untuk mencegah air masuk yg menyebabkan korosi.

done !
semoga membantu.
#diymotorfanradiator
#salamngoprek

 gambar 3
gambar 4

by Aditia Ekalaya
sumber : facebook AIC Group

Komentar

popular posts in a week

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY : pasang IFC-meter aka ITRAX MID mini di Grand New Kijang Innova tipe G

DIY : cara setel ketinggian sorot headlamp All New Avanza / Xenia {Ejecutar}