DIY : perbaiki grounding fuel pump penyebab fuel pump Aerio tidak bekerja {Hadi Muharam}

 gambar 1 - grounding fuel pump nge-fong
otodiy.blogspot.com
Fuel pump gak bekerja?????...jgn dulu vonis rusak yah guys....cek dulu si "soket jumper biru" (gambar 1). Mo coret2 ah,,,,, kejadiannya kemaren pas kopdar sm om Jimi Grapina maksi di cinere,pas mo pulang si MR X tiba2 ngadat, begitu di stater mesin hidup selang 2 detik mesin bergetar lampu check engine kedip2 dan langsung mati.

Coba stater lagi mesin msh gak bs hidup, dan suara desing fuel pump juga gak terdengar.
Teringat kasusnya oreo mpreet om Kun Widodo , fuelpump baru trus mogok ( maap ye om kun ) langsung buru2 ngelipet jok belakang kanan rogoh si soket biru, baru di goyang2 sebentar fuel pump langsung ON, jajal stater langsung Jreng hidup,.karena buru2 langsung aja cabuts jalan balik pulang jemput anak pulang sekolah.
Baru sempet tadi bongkar lagi, baru di goyang2 lagi test stater fuel pump gak fungsi,stater mesin gagal hidup.
Langsung aja bedah deh ( kagak pake bius :p )
dan ternyatah eng ing eng...ada 1 jumperan kabel warna hitam ngefong ( kebakar ).
Langsung ane lakukan operasi ( perbaikan ). Untung punya connector.ane potong semua kabel hitam lalu di satukan di connector.selesai. test run stater mesin fuelpump kerja mesin hidup.
SO kalo temen2 mengalami kejadian spt ane bs dilakukan pengecekan bagian tersebut,kalo tidak ditemukan sesuatu yg mencurigakan bs lanjut cek ke next step....
Dah dulu aaah... magrib ane mo mandi dulu....bye
 gambar 2
gambar 3 - perbaiki grounding

by Hadi Muharam
sumber : facebook AIC

Komentar

popular posts in a week

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY : pasang IFC-meter aka ITRAX MID mini di Grand New Kijang Innova tipe G

DIY : cara setel ketinggian sorot headlamp All New Avanza / Xenia {Ejecutar}