Ganti bearing alternator aka dinamo ampere Aerio penyebab bunyi dengung

 gambar 1 - alternator dan water pump
otodiy.blogspot.com
Aerio udah lama bunyi nih. Bunyinya mendengung sangat kencang dan suara makin kencang sesuai dengan rpm. Pagi hari saat mesin baru menyala, otomatis suara dengung kencang karena rpm makin tinggi. Dengan rpm idle perlahan normal suara lebih 'adem', namun tetap saja bunyi. Bila di gas maka bunyi semakin kencang mengikut rpm, mau mesin panas dingin suara tetap ada. Charging ke aki normal, ac normal dinginnya, temperatur mesin juga normal, Suara yang super ribut.

Proses pencarian sumber suara cukup susah, namun setelah percobaan lepas belt alternator yang menyatu dengan belt water pump, lalu nyalakan mesin, suara menjadi sangat senyap (lepas filter box dulu untuk memudahkan akses). So sekarang harus menentukan yang bunyi itu alternator atau waterpump, supaya jelas apa yang harus dibeli dan bengkel mana yang dituju.
 gambar 2 - menggunakan obeng untuk 'statoskop' alternator
Matikan mesin, lalu newbie coba periksa belt, sepertinya masih baik. Coba putar-putar pulley alternator, ga kerasa kasar, namun terdengar ada bunyi di alternator, bunyi yang lirih. Selanjutnya coba pakai obeng sebagai penyalur suara ala stestoskop (gambar 2). Ujung obeng menempel pada body alternator dan gagang obeng ditempel di telinga, tangan coba putar-putar pulley alternator.... Ya ada suara kurang halus. Apa ini dengungnya ?
 gambar 3 - ujung obeng menempel pada pulley waterpump
Sekarang coba waterpump, diputar-putar pakai tangan, halus sekali. Baik rasa di tangan maupun di suara yang terdengar. Kurang yakin maka coba pakai obeng sebagai penyalur suara ala stetoskop. Ujung obeng menempel pada body water pump (gambar 3), sedangkan gagang obeng ditempelkan di telinga (gambar 4). Hasilnya terasa lebih tenang dibanding alternator.
 gambar 4 - gagang untuk test bunyi dari water pump
Testing beberapa kali sepertinya memang dari alternator. Pasang belt nyalakan mesin. Suara kembali terdengar kencang. Coba stetoskop pakai obeng lagi di body alternator dan body water pump bergantian sementara mesin menyala. Suara agak terganggu oleh bunyi hisapan udara oleh mesin ditambah bunyi mendengung yang memang kencang. Coba gas-gas juga. Hasilnya sepertinya memang dari alternator. 80 % yakin karena suara yang didengar dari obeng tidak persis sama seperti suara mendengung, hanya kasar.

Siang setelah mengantar anak, baru coba bawa ke bengkel dinamo, ALONG Dinamo di sebelah selatan pom bensin Candi - Sidoarjo. Referensi dari teman AIC Jatim. Sebelumnya di tahun 2003 lalu newbie bawa ke Surabaya, berhubung sekarang rumah jauh dari tempat tersebut maka dicoba saja ke bengkel referensi ini. Sudah siang sampai sana, untung buka.

Sampaikan keluhan dan cek sebentar, ok dilepas. Dan seperti pengalaman yang lalu, alternator tidak bisa dikeluarkan dari mobil karena terhalang as roda. Bengkel tidak berani buka as roda dan akan panggil mekanik lain, well karena newbie bisa, maka newbie yang beri arahan dan ikutan bantu lepasin as roda, ada untungnya nih bisa DIY hehehe.

Langsung digarap deh.
 gambar 5 - koh A Long mengganti bostel alternator yang telah pendek
 gambar 6 - bearing biang kerok
 gambar 7 - bearing biang kerok
Bostel atau arang atau carbon brush diganti baru, sekalian jalan. Bearing yang kecil menjadi biang kerok, diputer tangan terasa sekali kasar.
 gambar 8 - bearing alternator yang besar
 gambar 9 - Bearing KOYO no 501
gambar 10 - Nota pembelian bearing KOYO 501
Sekalian jalan aja bearing yang besar diganti, sebenernya masih cukup baik, ya daripada dua kali kerja. Karena di A Long tidak ada, maka newbie diantar pegawainya naik motor ke toko Kembang Kalijadi Motor dekat setopan area pasar Larangan. Dapet barang sama Koyo 501, ada tulisannya bearing dinamo ampere di kotaknya.

Singkat cerita dipasang lagi, hasilnya sunyi senyap, dites juga voltase di aki, normal 14 koma.
Biaya jasa + bearing kecil + bostel = Rp 225.000,-
Bearing KOYO 501 = Rp 85.000,-
Total Rp 310.000,-
Harga kesenyapan sepanjang perjalanan....

 gambar 11 - kapan hari lihat di google map, 2 rumah setelah pom bensin, kiri jalan kalau dari utara
gambar 12 - Nah kalau lewat google street view baru kelihatan

regards,
singachu

Komentar

popular posts in a week

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY : pasang IFC-meter aka ITRAX MID mini di Grand New Kijang Innova tipe G

DIY : cara setel ketinggian sorot headlamp All New Avanza / Xenia {Ejecutar}