Ganti shockbreaker belakang Aerio dengan KYB Excel G di bengkel Adhi Putra Sidoarjo


gambar 1 - shockbreaker KYB Excel G belakang Aerio
otodiy.blogspot.com
Aerio lagi banyak pe-er nih. Kalau minggu lalu benerin alternator di A Long Dinamo Sidoarjo, sekarang giliran Shock Breaker belakang. Sebenernya ini shockbreaker udah lama banget bocor, tapi maklum dana lagi cekak jadinya ditunda-tunda. Terakhir pas kuras rem (ga ada dokumentasi) coba lihat kondisinya udah parah bener. Dan kalau belok kenceng terutama ke kiri, terus ada geronjalan kerasa banget kalau pantat Aerio kebuang/ ban belakang bergeser karena shock udah ga bisa nahan bobot kendaraan lagi. Demikian juga kalau lewat jalan yang bergelombang, mulus ga berlubang tapi kontur jalan ga rata, maka kerasa goyangan mobil berlebihan, serasa mengayun dan tidak stabil.

Akhirnya coba-coba hunting, telpon ke kedungdoro untuk shockbreaker belakang KYB Premium ada yang menawarkan harga 925rb dan 950rb, sedangkan KYB Excel G buatan Malaysia seharga 1.2 jt. Cari juga di toped, eh nemu KYB Excel G buatan Malaysia seharga 890rb, plus ongkir 1jt lebih dikit. Masih lebih murah daripada ke Kedungdoro langsung, dan barang sampai di tempat, kalau ke kedungdoro mesti sabtu dan jauh dari rumah, bensin, parkir, tol, berasa juga. Ya udah putuskan beli di toped. O ya harga untuk sepasang kanan kiri.

 gambar 2 - Harga toped saat itu, barusan cek harga sudah naik cukup banyak
Seharusnya minggu kemarin barangnya datang, namun karena ada kendala di ekspedisi akhirnya baru diterima minggu ini. Hasil tanya-tanya di grup AIC Jawa Timur, dapat rekomendasi bengkel di Adhi Putra. Ya udah sekalian ganti karet balljoint kanan yang ketahuan sobek saat betulin alternator di A Long.
 gambar 3- KYB Excel G kode 333357, tipe Nitrogen alias Gas
  gambar 4 - KYB Excel G kode 333356
  gambar 5 - KYB Excel G kode 333356
  gambar 6 - KYB Excel G kode 333357
  gambar 7 - Ada kupingan buat kabel ABS dan kupingan link stabil untuk Aerio New Model
 gambar 8 - tes lepas kawat penahan, batang naik dengan sempurna
Datang ke Adhi Putra pagi-pagi sebelum jam 8 sudah sampai sana, ternyata sudah antri dan newbie urutan ke 5. Ngobrol-ngobrol dengan sesama customer dan nunggu para mekanik datang. Akhirnya jam 8:35 an datang dan mulai digarap.... ya antri dulu.
 gambar 9 - bengkel Adhi Putra, image dari Google Street
gambar 10 - Google Map
Om Fian dari AIC Surabaya join agak siang datang ke lokasi, ada yang mau dibetulin, jadi sekalian kita ketemu dan ngobrol-ngobrol sambil menunggu antrian.
Akhirnya giliran newbie. Karena bawa sendiri shockbreaker jadi bisa langsung dikerjakan, saran aja kalau ke sana untuk part yang sifatnya khusus mending bawa sendiri biar cepet. Kalau part yang sifatnya umum seperti karet stopper, karet balljoint masih ok ada persediaan, sedangkan kalau karet bushing arm mending bawa sendiri kalau memang pecah.
 gambar 11 - shock breaker sebelah kiri belakang dilepas dulu
 gambar 12 - kalau ini shockbreaker kanan belakang yang difoto
Kedua shockbreaker memang bocor, hanya shock breaker kanan belakang yang paling parah, udah ketahuan sih, dan kentara paling ga stabil kalau belok kiri, karena yang kanan shockbreakernya udah bocor abis jadi ga bisa nahan bobot mobil.
 gambar 13 - karet stopper juga pecah, jadi diganti susun dua kuning dan hitam
 gambar 14 - Shock breaker kanan, sudah ga otomatis manjang lagi
Ternyata karet stoppernya pecah, jadi ya diganti aja bahan dari bengkel. Karet warna kuning dan hitam digabung jadi satu. Support shock dan karet per bawah dan atas masih bagus.

Berikutnya minta karet balljoint kana diganti. Di sana juga ada, jadi dioles grease LKS dan pasang karetnya aja. Setelah pasang newbie coba shake roda kanan depan dan terasa goyang. Setelah dicek lagi ya memang balljoint sudah oblak. Akhirnya arm dilepas lagi.
 gambar 15 - balljoint ganti karetnya
 gambar 16 - arm dilepas dan di press
Ternyata arm belum pernah di press, jadi di press dulu. Kalau misal sudah pernah di press, di Adhi Putra bisa ganti dalemnya balljoint saja dengan teflon baru.
Setelah itu newbie minta sekalian yang depan kiri dicek. Kondisi masih ok. Selesai deh. Newbie ada 3 arm bekas yang balljointnya sudah oblak dan sudah bekas press, jadi newbie tinggal aja di sana untuk ganti teflonnya.
 gambar 17 - Nota
Total biaya 230rb untuk sepasang karet stopper, 1 karet balljoint, press balljoint kanan, dan jasa bongkar pasang shockbreaker kanan.
 gambar 18 - 'kantor' Adhi Putra, dibelakangnya ada tempat untuk press
Selesai dari sana, yang newbie rasakan bantingan cukup firm, tapi belum terasa sekali sih karena jalanan tadi macet. Bantingan ga keras juga tapi juga tidak mengayun. Untuk balljoint tadi tidak ada bunyi apa-apa.
Sip, siap mudik.

regards,
singachu

Comments

most read in a week

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin

DIY : pengencangan mur atas shockbreaker penyebab bunyi klotok-klotok

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}