DIY : ganti setir Aerio dengan aftermarket {Junaidi Wirawan}

 gambar 1 - Setir diganti dengan aftermarket
otodiy.blogspot.com
Malem Om & Tant AIC, mau numpang sharing tentang stir racing. Sapa tau ada yang mau ganti tapi galau... nah kebetulan seminggu ini saya nyoba ganti stir dari OEM/Standar ke model racing.
Ukuran yang saya pakai 14", lebih kecil sedikit drpd OEM jd otomatis lebih berat tp lbh stabil di tol.
Grip ok karena ada benjolan di lingkar stir jd lebih mantap. Tipe stir saya flat, jadi jarak setir ke tuas sein & wiper lebih dekat sekitar 1 jari daripada stir OEM.
Driving position ok, perbandingan jarak tangan ke stir & kaki ke pedal lbh cocok dengan selera saya. Berhubung tidak ada mode teleskopik, cara ini bisa jadi opsi.

Overall saya suka dan lebih enak dilihat :D tapi sementara ini sein belum bisa balik otomatis karena belum saya bor belakangnya.

Apa aja yang diperlukan dan gimana cara ngelepas stir OEM nya?
Yang pasti butuh boskit/dudukan stir sudah include baut & kunci L, obeng belimbing, kunci pas 17.

Caranya tinggal lepas 2 baut belimbing di bagian samping stir OEM, buka tutup stir/klakson dengan hati2 lalu cabut kabel klaksonnya, kemudian buka baut utama dengan kunci pas 17, kemudian pasang boskit yang sudah terpasang stir racing (tanpa klakson) sesuaikan tanda UP-nya, kencangkan baut utama dan pasang klaksonnya.

Tips: membuka stir OEM jangan buru2, pukul & goyang2 dari belakang dan samping, bahaya jika langsung ditarik, jangan lupa diberi gemuk/stemvet/grease pada bagian belakang boskit supaya tidak bunyi ketika berbelok.

Semoga bermanfaat, terima kasih. Salam AIC :)


Saya belinya pas iseng2 liat2 IG om, kualitasnya KW super, agak rare yg tipe MOMO Race ini, harga 650 sdh termasuk ongkir om.
 gambar 2 - kunci bintang / torx
 gambar 3
 gambar 4
 gambar 5
gambar 6 - Boss Kit HKB OU-26 Jepang
Saya udah hunting kemana2, mentok di HKB yang produksi Jepang dus warna biru dengan kode OU-26 (jgn pake yang HKB Taiwan yg dusnya warna ijo ya krn Aerio ga bs dikasi barang kasar), tapi ya itu dudukan untuk tuas sein otomatisnya beda, jadi harus bor 3 lubang di bagian belakang boskitnya.

by Junaidi Wirawan
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G