Suntik Shock di OJ-Shock, ganti balljoint, support shock depan dan seal transmisi matic, alternator tidak charge service di Along Dinamo

Views
 gambar 1 - proses suntik shock di OJ-Shock
otodiy.blogspot.com
Kali ini dokumentasi bisa dikata tidak ada, barusan kena musibah roda kiri anjlok karena balljoint dan support shock kiri depan jebol, ternyata shockbreaker kiri bocor dan as roda kiri terlepas dari transmisi maticnya.
Balljoint pengganti pakai rekondisi teflon yang pernah dilakukan di Adhi Putro Sidoarjo. Shockbreaker dilepas dan dibawa ke OJ-Shock Raya Tropodo Sidoarjo (dari bypass juanda belok kiri ke arah utara, bengkel sebelah kanan jalan setelah apotik K-24 sebelum masjid).

 gambar 2 - proses rekondisi shockbreaker.
Kebetulan bawa 2 shock sebelah kiri, 1 merk KYB Excel G sekalian buat spare stock, terlihat di gambar 2, beda dengan shockbreaker old model ada di per bagian dalamnya di bagian batang chromenya (gambar 2), di shock old model ada pernya, sedangkan pada Excel G tidak ada.
 gambar 3 - OJ Shock menurut Google Street
gambar 4 - nota pembelian di Kedungdoro Surabaya
Sebelum ke OJ Shock, pergi ke Kedungdoro dulu untuk pembelian Support Shock dll.
di Suzuki Motor :
Seal as roda matic sisi kiri 27612-79C10 (SGP) : 53.000
bearing support shock : 15.000
Karet tatakan per atas : gak jadi karena buat belakang ternyata
Support shock depan 41710-54900 (SGP) : 486.000
total 554.000

Karunia Motor :
Karet tatakan per atas merk Specia : 65.000 (ternyata juga salah, terlalu kecil ga bisa kepasang)

 gambar 4 - hasil rekondisi
Karena karet per atas specia yang dibeli terlalu kecil akhirnya dikasih selang aja biar ga bunyi.
Support shock dipasangin sekalian di OJ-Shock, karet stopper juga ganti.
Ongkos rekondisi shockbreaker 2 pcs x 100rb = 200rb
Karet stopper + pasang : 25rb
Total 225 rb

gambar 5 - diagram part
No. Number Qty Description
1 27310-55GT0 1 GEAR SET, DIFFERENTIAL
2 26121-79C10 1 GEAR, SPEEDOMETER DRIVE
3 27481-79C10 1 BEARING ASSY, DIFF SIDE
4 27485-79C10 1 BEARING ASSY, DIFF SIDE
5 27511-79C10 1 GEAR, FINAL DRIVEN
6 27516-79C10 1 BOLT
7 27454-79CT0 1 SHIM SET, DIFF SIDE BEARING
8 27611-55G10 1 SEAL, OIL RH
9 27612-79C10 1 SEAL, OIL LH

Yang diganti no 9, sebelah kiri (27612-79C10), untuk seal oli transmisi ke inner cv joint matic, kiri dan kanan (27611-55G10) beda part.
 gambar 6 - seal oli transmisi matic sebelah kiri
 gambar 7 - seal oli
 gambar 8 - seal oli yang rembes
 gambar 9 - seal oli dicabut
 gambar 10 - seal oli baru dipasang
Untuk pencabutan newbie congkel pakai kunci pas karena ujungnya relatif tumpul biar ga resiko menggores rumah transmisi. Untuk pemasangan newbie punya shock drat PVC untuk tandon air kebetulan ukurannya mirip jadi bisa dibuat untuk dudukan pukul seal supaya masuk.

 Setelah semua terpasang, tes jalan, ternyata alternator yang memang udah mulai bermasalah akibat kena oli power steering udah parah jadi nya indikator aki selalu merah, bila di gas sampai 5000 rpm bisa mati indikator aki merah di dashboard namun voltase charge juga kurang kuat, gas dilepas di rpm 1800 an kembali menyala indikatornya. Akhirnya bawa ke Along Dinamo Sidoarjo
 gambar 11 - ini sudah abis bagian yang bergesekan dengan carbon brush
 gambar 12 - abis kena oli
Gambar 11 kebetulan punya cadangan karena dulu aerio pernah masalah alternatornya dan salah diagnosa. Bearing yang kecil udah mulai kasar meski belum terdengar bunyinya, sekalian ganti, carbon brush juga sekalian ganti. Kena 250rb total.
gambar 13 - karet balljoint
Mampir Adhi Putro, mau ganti karet balljoint yang agak robek, tapi bengkel penuh dan ditawarin ganti karet sendiri, ya udah beli karetnya aja harga 5000 / pcs.

gambar 14 - spooring
Lanjut spooring di mobil ban lingkar timur sidoarjo, kena 125rb

regards,
singachu

Comments

most read in a week

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G