Troubleshoot suara misterius yang kadang muncul di Baleno Next G {Arfianto S}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Udah seminggu ini dibikin pusing ama suara2 misterius. Jenisnya pun macam2. Ada yg ngik-ngik, klutuk klutuk, krek krek, nguk-nguk, dll.... Spot 2 suara yg pertama ada di sekitar sudut dashbord sebelah kiri. Yg sisanya aku perkirakan diseputar kaki2 atau engine mounting.
Tp susahnya, semua suara itu sifatnya imtermiten dan ga satupun yg bisa di reproduksi. Jd ketika mau di tunjukin ke bengkel, malah ga mau muncul.... 😥
Bahkan bengkel udah nyoba sengaja di "jeglong"2in di tempat spooring, juga ga keluar suaranya.
Kondisi yg memicu munculnya suara pun ga bisa di prediksi, kadang ikut ayunan mobil, kadang pas deselerasi/akselerasi, kadang seolah2 ikut putaran setir. Bahkan barusan aku coba buka kap mesin dan aku gencot2 di sasis depan atas radiator, beberapa ayunan pertama bisa muncul suara ciet-ciet yg sepertinya di seputar kaki2 depan. Trus aku brenti buat sekedar nyamperin istriku yg aku minta cari suara dari dalam kabin, aku tanya dia "kamu denger gak?" dia jawab "iya denger, tp beda ama yg pas jalan tadi.." trus aku coba ulangi lagi gencot2 di sasis depan, ehhh.... udah silent maksimal....

Aku sama istriku udah berganti2 tukar posisi kemudi, gantian dia yg cari suara aku yg nyetir, kadang sebaliknya.... Sampe bongkar laci ama kisi2 AC sekedar buat ngintip apa yg terjadi di sana.... Tp tetep, blom satupun ketemu petunjuk pasti suara apakah yg aneh2 itu....

Maap nyampah malem2 ya om.... 😢😢😢
Aditia Ekalaya : cari asal suara emang gampang2 susah.jaman pake hondaane biasanya copot satu2.. trus tes jalan.pernah ampe lepas dashboard segala...akhirnya nyerah hahahaha
akhirnya tiap sudut yg nempel diganjel busa.wiring ane bungkus pake busa yg buat AC.
pokoknya bagian yg ane curigain jadi sumber bunyi ane bungkus atau ganjel ama busa.
dan..... masih ada bunyi nya hahahaha

Bener om Aditia Ekalaya, saya aja sampe pernah liat ada bengkel spesialis pencari bunyi2 aneh.... 😁
Sebenernya bunyi itu kalo udah kita ketahui asalnya, dan bisa di pastikan bukan dari bagian yg vital, perjalanan itu terasa worryfree.... yg susah itu yg masih blom ketemu apakah ini bagian vital atau bukan, perjalanan bawaannya parno mulu takut ambrol di jalan, secara udah berumur juga kan.....
Akhirnya semalem gak sengaja nemu sedikit clue untuk mereproduksi gejala suaranya.
Ketika saya mau mundur masuk garasi yg kondisinya agak menanjak, di rpm tertentu ketika mesin getar maksimal kayak mau mati ketika injakan kopling kurang pas, keluarlah suara itu....
Akhirnya aku coba suruh istri yg nyetir, buka kap mesin, aku standby di depan engine bay, handbrake aktif, gigi mundur, gas kecil ama mainin kopling sampe mesin getar...
Tp berhubung bini kurang pinter main koplingnya, reproduksi gejalanya gagal. Ganti aku yg nyetir, bbrp kali suara yg dimaksud berhasil keluar, dari pendengaran saya dan istri sepakat sumber suara diantara engine mounting depan atau sekitar sasis depan radiator.

Mesin aku matikan, coba cari2 area situ tadi apakah ada benda yg kurang settle, mulai dari box sekring, selang wiper, spiker alarm, ama radiator. Ketemulah baut yg saya foto ini, kondisinya ternyata emang masih blom mentog. Aku coba putar pake kunci Y, masih ada satu setengah putaran mentognya.
Nah berhubung td malem dah suntuk banget, aku lgsg parkir aja ga ngetes jalan lagi.

Nah pagi ini jemput anak yg ada acara pembekalan kelulusan nginep di sekolah, skalian muter rute kota 1 putaran, sengaja lewati jalan2 yg agak rusak, kok sepertinya udah solid semua....

Sambil aku flashback ke kejadian2 pas suara itu keluar :
  1. Bbrp kali keluar pas kondisi brenti (misal di lampu merah) tp pas AC switch dari off ke on. Jadi ada getaran yg lebih di mesin karna beban kompresor, tp ini ga mesti juga.
  2. Suara muncul lebih kencang pas deselerasi (ketika lepas injakan gas atau bahkan ngerem), mungkin itu plat kedorong radiator yg ngayun kedepan.
  3. Ketika suara muncul, serasa dekat di area dashboard sebelah kiri. Tp anehnya ketika coba ngolong di bawah dashboard sambil buka laci, suaranya tambah lirih. Ketika telinga aku dekatkan ke sekitar kisi2 AC dashboard kiri, suara makin kenceng. Mungkin plat holder radiator ini ketika getar suaranya merembet ke sasis body sebelah kiri.
  4. Selama semingguan cm bisa menyimpulkan suara decit/kletekan gak seiring dengan besarnya kerusakan jalan, jadi ketika sengaja di lewatkan jalan rusak, tidak membuat suara misterius ini semakin kencang. Sebaliknya, ketika diatas jalan yg relatif halus (cm kondisi aspal yg sedikit bumpy), malah suara muncul cukup kencang.

gambar 2 - baut yang kurang kencang

Dari sinilah baru bisa di pastikan ini bukan soal kaki2, tp ada kaitannya dengan benda yg berresonansi di RPM tertentu. Alhamdulillah hasil muter2 kota cukup memuaskan, semoga memang bener2 ini jawabannya.

Maap nyampah pagi2.... hehehe.

by Arfianto S
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G