tag:blogger.com,1999:blog-5467885603665040681.post2593703675143296929..comments2024-02-24T13:17:41.502+07:00Comments on newbie belajar DIY otomotif: DIY : bungkus pipa low pressure ACsingachuhttp://www.blogger.com/profile/00558276394699989357noreply@blogger.comBlogger5125tag:blogger.com,1999:blog-5467885603665040681.post-84812203590171799812018-04-06T12:21:20.638+07:002018-04-06T12:21:20.638+07:00Gada tuh korosi2an pipa itu bahannya sudah anti ko...Gada tuh korosi2an pipa itu bahannya sudah anti korosi, lagian kalo di wrap dulu pake alumunium foil maka.. kondensasi nya jadi berkurang alias tidak bisa mengembun lagi.. jadi sudah tdk ada air.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/07499557385979101774noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-5467885603665040681.post-11626122803196585142010-07-08T08:55:29.100+07:002010-07-08T08:55:29.100+07:00Bisakah ditunjukkan kata-kata yang mana dari penje...Bisakah ditunjukkan kata-kata yang mana dari penjelasan om Dodo yang menyebutkan tentang keropos ? Newbie menangkap dari penjelasan om Dodo adalah menekankan pada efektivitas pembungkusan terhadap performance pendinginan.<br /><br />Baik sekali om Moro Maning menyebutkan tentang kemungkinan pipa menjadi keropos, satu hal yang baru newbie dengar mengenai efek negatif pembungkusan. Hal tersebut tentu menambah wacana mengenai pro/contra pembungkusan, bukan hanya dilihat dari segi efektivitasnya tapi juga dari sisi buruknya.<br /><br />Kebocoran pada System AC, sepanjang sepengetahuan saya justru terjadi dimulai dari dalam ke luar, bukan luar ke dalam.<br />Kita juga melihat system AC split di rumah juga dilakukan pembungkusan PIPA, sedangkan pipa untuk mengalirkan kondensasi diambil dari jalur di bawah evaporator.<br /><br />Apakah mekanik bengkel AC tersebut menerangkan mengenai "lama-lama" itu berapa lama ?<br />Selain dari opini mekanik tersebut, apakah om Moro Maning ada info lain atau pengalaman mengenai hal keropos ini ?<br /><br />Cukup menarik, newbie jadi ingin melihat bagaimana kondisi pipa AC di mobil newbie saat ini :)<br /><br />regards,<br />singachusingachuhttps://www.blogger.com/profile/00558276394699989357noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-5467885603665040681.post-13905863119807139322010-07-08T02:07:17.612+07:002010-07-08T02:07:17.612+07:00Salah satu mekanik di bengkel AC langganan saya ma...Salah satu mekanik di bengkel AC langganan saya malah tidak menyarankan utk membungkus pipa low pressure ini, alasannya, karena mengeluarkan embun, jika tertutup tidak mudah kering dan pada akhirnya akan menimbulkan karat/kerak yg lama lama bisa bikin pipa keropos. Cocok sama penjelasan om Dodo...Moro Maninghttps://www.blogger.com/profile/07626339015048805843noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-5467885603665040681.post-74056163305337565182010-04-18T16:41:36.340+07:002010-04-18T16:41:36.340+07:00Mungkin juga sih, soalnya pengukurannya berdasarka...Mungkin juga sih, soalnya pengukurannya berdasarkan perasaan aja.<br />Efeknya bisa jadi nyaris ta terukur kali.<br />Bedanya kalo dulu pas buka kap mesin sering nemuin embun tipis di pipa aluminiumnya sekarang dah enggak - ndak tau ndak ngembun ato ga nemuin hehehe<br />Cuman karena sudah terpasang sejak 2007 jadi ya biarin aja, toh ga ada efek negatifnya juga.<br />Saat ini kondisi selang AC yang melewati atas mesin mulai ada retak-retak halus kalo ditekan, padahal bagian ini terbuat dari selang karet dan bukan pipa aluminium, itung-itung ngelindungi selang aslinya aja.<br /><br />thanks buat tambahannya<br /><br />regards,<br />singachusingachuhttps://www.blogger.com/profile/00558276394699989357noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-5467885603665040681.post-32569811749065809012010-04-18T15:12:03.982+07:002010-04-18T15:12:03.982+07:00maksud dan logikanya dah betul banget mas...cuma m...maksud dan logikanya dah betul banget mas...cuma menurutku kagak pengaruh deh untuk sistem aliran fluida ini...karena diameter pipa ac relatif kecil dibanding dengan kecepatan aliran freon yang lewat ddalamnya...jadi freon yang lewat dari satu ujung keujung yang lain belum sempat terpanaskan oleh paparan mesin, eh dah sampe diujung pipa...untuk analogi saja coba anda bayangkan panjang lintasan pipa tersebut dengan panjang lintasan freon saat di evaporator (untuk membuang panas)dodohttp://www.yahoo.comnoreply@blogger.com