Posts

Showing posts from July, 2017

DIY : Bersihkan sendiri evaporator Aerio tanpa bongkar Evap {Bersama Pay}

Views
gambar 1 - rumah blower AC
otodiy.blogspot.com
Iseng kemarin  bersiin blower ac... Sekalian bersiin evap pake sikat gigi... Dan ternyata gampang ...jreng ac dingin jadinya...# banyak sumbatan lendir di kisi kisi evap...
lendir : Air yg lengket sama debu . Mungkin juga karna memakai pewangi .

DIY : Step-step cara buka kain jok Next G untuk dicuci dengan mesin cuci

Views
gambar 1 - proses buka kain jok untuk dicuci dengan mesin cuci
[
Dari post di sini yang buka fabric jok Aerio untuk dicuci, bikin newbie pingin melakukan hal yang sama di Next G. Dulu pernah coba pakai pembersih macam-macam termasuk Scotch Gard, namun hasil masih jauh dari yang diharapkan. Nah kalau bisa dilepas bisa cuci dengan air dan sabun harusnya lebih ok, malah bisa masukin mesin cuci, harapannya sih mantap.
Dari bincang-bincang sepertinya ada gambaran dikit karena dari report yang lalu tidak ada detail step-stepnya. Ya memang susah sih DIY sambil foto-foto sendirian, newbie kali ini bikin foto-foto step-step sebisanya, cuman beberapa foto diambil waktu proses pasang jadi jangan terlalu bingung kalau fotonya sedikit berbeda karena newbie coba urutkan step dengan foto yang ada.

DIY : Mengganti brake shoe / kampas rem tromol belakang Next G (Aerio sedan)

Views
 gambar 1 - kampas rem tromol aka brake shoe
otodiy.blogspot.com
Kampas rem belakang alias brake shoe nya udah kebeli barengan ama kampas rem depan. Harga 160ribu. Minggu pagi kerjain penggantiannya.

Step-step :
  • Ganjal roda depan, dongkrak, pasang jackstand.
  • Lepas roda
  • Lepaskan handbrake
  • Lepas penutup tromol (gambar 2)
    Pertama lepas sekrup nya, kedua pakai baut pasang di lubang tromol untuk melepaskan cover tromol. Detail step pernah newbie tulis di sini.

Modif ganti pipa dari filter udara Innova VVT-i dengan Toyota Prado {Christianto Sonaifil}

Views
 gambar 1 - pipa udara pakai Toyota Prado
otodiy.blogspot.com
Innova bensin 2000 cc 2005 matic odometer 90 rb an
Berawal dari keinginan rpm bawah ingin lebih cepat (mengurangi lemot) melihat Mobil mesin2 lain jarak antara box filter dengan tb (thorttle body) yang dekat ...dibanding jarak box filter ke tb di mesin Innova yang cukup jauh ... Serta melewati udara Panas dekat header knalpot. maka akhir nya mendapat ide menggunakan Pipa udara mesin Toyota Land Cruiser Prado 2700cc 2008 yang basis sama dengan mesin Fortuner 2700 cc setelah menggunakan nya ...  

Naikkan shock mount per untuk menaikkan ground clearance Aerio {Niladyo}

Views
 gambar 1 - Ukur dulu
otodiy.blogspot.com
Kembali ke selera awal om, lift it up, naikkan ground clearance.
Jadi, sebelumnya ketinggian, dan shock juga pakai punya Baleno lama. Karena shock mount dinaikkan, shock ketarik, pas lewat poldur harus feeling, gak boleh kekencengan, potensi ngejedhak. Itu duluu...
Sekarang, optimal 2 cm lower shock mount geser keatas.
Alhasil depan 4 jari pas, belakang, 3.5 jari approx

DIY : ganti setir Aerio dengan aftermarket {Junaidi Wirawan}

Views
 gambar 1 - Setir diganti dengan aftermarket
otodiy.blogspot.com
Malem Om & Tant AIC, mau numpang sharing tentang stir racing. Sapa tau ada yang mau ganti tapi galau... nah kebetulan seminggu ini saya nyoba ganti stir dari OEM/Standar ke model racing.
Ukuran yang saya pakai 14", lebih kecil sedikit drpd OEM jd otomatis lebih berat tp lbh stabil di tol.
Grip ok karena ada benjolan di lingkar stir jd lebih mantap. Tipe stir saya flat, jadi jarak setir ke tuas sein & wiper lebih dekat sekitar 1 jari daripada stir OEM.
Driving position ok, perbandingan jarak tangan ke stir & kaki ke pedal lbh cocok dengan selera saya. Berhubung tidak ada mode teleskopik, cara ini bisa jadi opsi.

DIY : ganti link stabilizer connecting rod Grand Livina {kedensa}

Views
gambar 1 - link stabilizer connecting rod lama
otodiy.blogspot.com
Berawal dari yang kecil dulu.. kali aje bisa menjadi besar.. hhhmmm
Exe Link Stabil Connecting rod

#Bongkar
#Exe
#Pasangyangbaru
#Selesai
#Buang

Hehehehh

Perbedaan socket EDU2 dan EDU3 pada Innova D4D {gajah_terbang}

Views
gambar 1 - EDU 2 socket
otodiy.blogspot.com
Perbedaan pada EDU 2 soket dan EDU 3 soket di 2KD FTV : EDU 2 soket katup pelepas tekanan di fuel rail masih mekanikal, sedangkan EDU 3 soket udah menggunakan solenoid

Share hasil aplikasi Black To Black (BTB) pada panel eksterior plastik Grand Livina {nissanlovers}

Views
gambar 1 - cowl ventilator before and after
otodiy.blogspot.com
Share hasil produk Back To Black (BTB) pada mobil ane , panel-panel exterior yang udah buluk kejemur jadi baru lagi
Sebelum diaplikasikan sebaiknya panel trim dibersihkan dengan sabun cuci piring (sunlight) lalu di lap kembali pake isopropil alcohol , setelah kering baru tuang sedikit BTB pada busa kecil untuk diaplikasikan.

TPS error bisa membuat kacau perpindahan gigi transmisi matic Aerio {Andhika Ferry}

Views
gambar 1 - bengkel matic Budiauto Service Yogya
otodiy.blogspot.com
Hari ini mampir bengkel khusus transmisi matic di deket jalan godean yogyakarta. Keluhan matic kambuh lagi gak sesuai bacaan gas.  Misal di gas separo masih gigi 2 terus. Kadang pas di gas malah gak mau naik ke gigi tinggi. 
LAMPU O/D kedip kedip dan check engine menyala.  Intinya ada masalah di perpindahan gigi.  
Kemaren restart TCM dan bersihkan sensor input transmisi sempat sembuh. Tapi hari ini mulai bertingkah.   
Langsung mampir ke bengkel.

DIY : repair carbon pad switch electric mirror Aerio yang sudah aus / habis {Danang Setiyawan}

Views
 gambar 1 - switch pengatur side mirror yang bermasalah
otodiy.blogspot.com
Sharing lagi aahhh 😁✌️
Kali ini yang error adalah switch untuk atur posisi kaca spion. Kerusakannya adalah, switch harus ditekan keras / berulang-ulang agar kaca mau bergerak.
Kepikiran bongkar switch karena merasa lebih mudah daripada bongkar spion 😬
Yang dibutuhkan:

  1. Obeng +
  2. Obeng minus kecil dan tipis
  3. Battery bekas. Saya pakai battery bekas jam dinding.
  4. Senter atau lampu emergency jika oprek di tempat yang kurang penerangan.
  5. Kemauan dan Doa 😉

DIY : Ganti motor IAC Valve (idle air control) Aerio {Anggoro Budiyanto}

Views
gambar 1 - copot Idle up control dari throttle.body
otodiy.blogspot.com
Ganti idle air control/iac...
berbekal petuah dari om Aditia Ekalaya dan contekan blog om Singachu http://otodiy.blogspot.co.id/2010/05/diy-buka-dan-bersihkan-throttle-body.html?m=1, kebetulan kondisi idle oreo ane agak bermasalah
  1. ac on rpm tdk nambah, bahkan turun,
  2. pas belok patah saat parkir dgn ac on, engine pun mati,
  3. Saat macet kadang idle nya besar sendiri

Lock unlock Innova susah karena batere lemah, ganti dengan baterai CR2016 {Tata Dedy}

Views
 gambar 1 - kunci remote innova
otodiy.blogspot.com
Akibat batre remot lemah, lock atau unlock jadi susah 😄'
harga 2 batre kena 15rb om

Video cara bongkar motor ekstra fan AC merk panasonic {Danang Setiyawan}

Views

video 1
otodiy.blogspot.com
Just sharing;
Cara bongkar ekstra fan AC merk panasonic.
Kejadian habis cuci mobil trs cek dan ricek utk memastikan sistem kelistrikan tidak ada masalah.
Pas cek AC kok fan tidak berputar. Coba cari referensi dan konsultasi sama teman-teman chapter jogja katanya motor fan bisa dibongkar.
Yowis. Hajar...

Share tambal ban system press dari dalam {nissanlovers}

Views
gambar 1 - proses tambal press dari dalam
otodiy.blogspot.com
Tambel press. Pemanas pakai listrik.
Lebih kuat dari tambel cacing

Share informasi ocv kw vs original SGP Aerio {Henry Fc}

Views
gambar 1 - Oil Control Valve
otodiy.blogspot.com
FYI : ocv (Oil Control Valve) skrg uda ada brg kw nya ato lebih dikenal dg brg imitasi. Secara sekilas mungkin terlihat sama baik dr bungkus  maupun brgnya sndiri,tp klo diperhatikan seksama dan detail byk perbedaannya,monggo dilihat pict detailnya...

DIY : cuci jok aerio {Asad Amar}

Views
gambar 1 - jok sudah dilepas fabric nya
otodiy.blogspot.com
Plapon sudah ke pasang..giliran job duduk yg d cuci...
Bongkarnya mudah ko, pasangnya aja nanti yang agak susah ehehe

DIY : Bongkar dan cuci plafon Aerio {Asad Amar}

Views
 gambar 1 - plafon
otodiy.blogspot.com
Bongkar sendiri..kurang kerjaan nyuci plafon tapi keburu hujan. Terpaksa dibiarin dulu. kotor seperti candu rokok hehehe Banyak coretan pinsil ama sisa coklatnya, maklum anak-anak.

DIY : Bersihkan input shaft speed sensor matic dan reset TCM solusi gigi lompat-lompat {Andhika Ferry}

Views
gambar 1 - input shaft speed sensor
otodiy.blogspot.com
Cerita tentang Aerio matic saya yang lompat lompat giginya.
Kemaren seharian bersih bersih area mesin. Sekalian benerin klakson yang ngadat. Tapi ketika sore di coba jalan normal pelan pelan dibawah 60 km perjam belum terlihat ada masalah. Tetapi ketika injak gas agak dalam. Mobil langsung loncat. Berasa seperti di kopling dan ketika rpm sudah tinggi langsung di lepas.  Analisa saya seharusnya ketika dininjak agak dalam posisi gigi di 3 namun oleh TCM ( transmition control module) ECUnya matic. Malah memerintahkan turun ke gigi 2. Bisa di bayangkan ketika kecepatan 80 langsung drop ke gigi 2. Mesin meraung kencang dan naik ke gigi 3 lagi . Begitu seterusnya.

ganti final gear innova vvti matic {Christianto Sonaifil}

Views
gambar 1 - Final Gear
otodiy.blogspot.com
Impresi menggunakan Final Gear Bensin Manual ... 43 : 10 = 4,300
Ipah 2005 Bensin Matic sudah pnp dll 
Final Gear std bensin matic 41 : 9 = 4,555
pakai std terlalu enteng ... dan waktu speed 100 km per jam di gigi 4 rpm menunjukkan di sekitar 2900 .... dan menurut ane terlalu tinggi ... bila buat efisiensi bensin ... kurang baik

Setelah ganti Final Gear Bensin Manual yang sedikit lebih berat ... waktu kecepatan 100 km per jam rpm di sekitar 2400 an dan untuk impresi nya pas dengan mesin yang sudah pnp dll ... juga untuk konsumsi bbm sementara ukuran kasar di mid menunjukkan lebih irit

Share Repair / rebuild Balljoint Aerio dengan ganti telfon di Adhi Putra Sidoarjo

Views
 gambar 1 - balljoint yang direbuild dengan ganti teflon
otodiy.blogspot.com
Kemarin waktu ganti shockbreaker belakang Aerio di Adhi Putra, ternyata di sana juga terima untuk rebuild / repair balljoint dengan cara ganti teflon yang ada di dalamnya. Karena memang sengaja bawa 3 arm lengkap dengan balljoint yang sudah pernah di press namun oblak kembali, akhirnya diputuskan untuk diganti teflon yang ada di dalamnya. Kebetulan bushing-bushingnya masih bagus jadi ya dicoba saja. Arm newbie tinggal sebelum lebaran kemarin dan baru sempat hari ini buat ambil. Ini foto-foto hasilnya, kotor memang dan banyak grease.

Ganti inner dan outer cv joint NKN untuk Aerio Matic penyebab bunyi Duk {Yan Adhipra}

Views
 gambar 1 - Drive shaft set Front Right, matic merk NKN
otodiy.blogspot.com
FYI
Gejala: Posisi berhenti dari N pindah ke D atau ke R terdengar suara Duk! di bagian depan bawah mesin. Posisi jalan tiap injak gas dan lepas gas juga terdengar Duk!
Vonis: ganti drive shaft depan kanan 1 set inner+outer cv joint+karet but. Shaft dalam sblh kiri masih bagus.
Gejala: Setiap U turn putar balik arah kanan bunyi kletek kletek halus di roda kiri.
Vonis: Ganti outer CV joint kiri.

Ganti master rem Aerio dengan merk Hasaki

Views
gambar 1 - master rem Aerio yang rusak
otodiy.blogspot.com
Kalau dilihat tanggal pembelian 15 April 2017, kemungkinan gantinya di kisaran tanggal tersebut juga. Saat itu seingat newbie pernah foto-foto dikit, cuman waktu itu masih vakum nge-blogging, cari-cari fotonya tidak ketemu.
Well history master rem aerio newbie agak rewel, terakhir diganti karetnya di September 2014, dan sebelumnya lagi pernah ganti repair kit di Desember 2013. Di Februarian 2017 udah mulai rem kadang loss, terutama kalau ngeremnya pelan-pelan seperti saat bermacet-macet maju dikit ngerem pasti pelan-pelan, nah itu rem bisa ga gigit sama sekali dan perlu dikocok supaya pakem, tapi saat rem kuat-kuat atau pas jalan kencang, rem berfungsi dengan baik, jarang sekali sampai nge-loss. Saat itu sudah dicoba untuk kuras minyak rem juga, namun hasilnya sama saja. Namun dari report Des 2013 lalu sudah terlihat dinding cylinder master rem sudah baret, jadi newbie pikir mending ganti saja sekalian karena kalau ganti karet hasilnya karet akan rusak juga tergesek cylinder yang baret.

Press ganti hose baru untuk selang high pressure power steering Aerio

Views
 gambar 1 - repair hose power steering
otodiy.blogspot.com
Setelah kejadian selang power steering Aerio bocor di hari minggu lalu, newbie putuskan untuk ganti hose / selang yang bocor, ganti sekalian selang yang panjang 50cm dan pendek 21cm di toko selang hidrolik SDA Indonesia jl Raden Saleh Surabaya seperti yang pernah newbie lakukan juga di 2016. Karena ada selang KW yang bisa sementara dipakai, jadi proses ganti hose bisa dilakukan tanpa bawa mobil ke sana, nitip dan sudah selesai dilakukan kamis 6 juli kemarin. Tinggal pasangnya nunggu hari sabtu.

DIY : Step-step cara ganti selang high pressure power steering Aerio

Views
 gambar 1 - selang high pressure Aerio kw dan tools
otodiy.blogspot.com
Kali ini berkesempatan membuat step by step how to change high pressure hose power steering Aerio. Bukan iseng ganti, tapi karena terpaksa melakukan penggantian, jadi sekalian aja buat dokumentasi fotonya.

Ganti pipa water inlet bawah dari radiator ke mesin Aerio {Aditia Ekalaya}

Views
 gambar 1 - pipa bocor, sekalian ganti selangnya
otodiy.blogspot.com
Bluey minta jajan. bolong karena korosi, pemilik lama pakai air biasa

Ganti karet support shock belakang Aerio dengan merk Specia {Zainal Abidin}

Views
 gambar 1 - karet support shock belakang sudah jebol
otodiy.blogspot.com
agak pincang, karet support belakang kiri jebol (gambar 3). Bisa jalan tapi glodak2, posisi.karet sampe lepas (gambar 1).