Posts

Showing posts with the label cv joint

Share ganti karet boot CV Joint dan pulley kruk as Aerio {Ahmad Fathlillah}

gambar 1 - pulley crankshaft
otodiy.blogspot.com
#Report #Service #OSF

Report masuk bengkel untuk ganti karet boot CV joint dan ganti pulley kruk as.
Sebenarnya sudah lama mendapati boot CV sobek, tapi cuek aja, namun perasaan hati tidak tenang, ketar-ketir takut CV nya rusak.. Langsung deh beli aja boot CV.
Tadinya saya pikir hanya salah satu boot saja yang rusak, lalu pada saat menengok dengan seksama ke kolong mobil dan mendapati ternyata boot dua-duanya rusak.

Ganti karet boot cv joint dan grease ulang cv joint Aerio matic {Kun Widodo}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Sharing aja......
Daripada ngeluh mobil kagak ada benernya....mending yg terlihat rusak dibenerin agar ownernya nyaman makainya.

Kali ini saya report penggantian karet boot cv joint luar kanan yang robek. 
Tadinya mau mencoba ganti sendiri/DIY yang sebelumnya konsultasi by phone dg mas mekanik andalan Yogi Suryawan juga baca2 report di otodiy.blogspot punyaan om Singachu. Sth baca di otodiy malah keder krn belum pernah lihat proses bongpas as roda....

 — bersama Yogi Suryawan di Kaki Gunung Andong Grabag Magelang.

Share ganti karet boot drive shaft Calya {Victor Pardede}

 gambar 1 - karet boot lama yang sobek
otodiy.blogspot.com
Kronologi:
Kamis: Service 100.000 KM di beres, SA nya lupa masukin di spk ganti oli transmisi, pas pulang, malemnya saya baru cek di kuitansi kalo gk ada penggantian oli transmisi, trus sy hub via WA ke SA nya nanya koq gk di ganti oli transmisi nya, dia minta maaf kurang teliti gk masukin di spk, alhasil besoknya balik lg utk ganti oli transmisi.
Jumat: setelah oli di ganti, pas mau pulang (ssdh bayar) SA nya ngasi tau, Pak itu boot drive saft kiri bag dalam sobek (foto terlampir) hrs di ganti, kita gk ready part nya hrs indent seminggu, bpk cari di luar aja biasanya ready partnya, sy bilang ok, sy coba cari di luar gk ketemu, akhirnya sy hub SA nya lg sy minta di carikan segera partnya jgn sampai seminggu, krn mobil buat cari uang, krn kalo mobil dipaksain jln bisa drive saftnya nanti yang rusak lebih mahal partnya. Gk lama SA WA dia bilang udah dpt part nya di beres cab Cibinong Bogor, ntar mlm dia ambil besok bisa pasang, ok sy bilang.

Share step by step ganti karet boot CV Join Aerio matic {Kun Widodo}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Sharing aja......
Daripada ngeluh mobil kagak ada benernya....mending yg terlihat rusak dibenerin agar ownernya nyaman makainya.

Kali ini saya report penggantian karet boot cv joint luar kanan yang robek. 
Tadinya mau mencoba ganti sendiri/DIY yang sebelumnya konsultasi by phone dg mas mekanik andalan Yogi Suryawan juga baca2 report di otodiy.blogspot punyaan om Singachu. Sth baca di otodiy malah keder krn belum pernah lihat proses bongpas as roda.
Akhirnya meluncur sebentar ke Secang nyambangi bengkel kaki2 rekomen. 
Karet boot sdh sedia sejak lama (serep), harga 25k
Grease lithium stok lama
Jasa bongpas 50k

Restorasi kaki-kaki / understel aerio new model 2004 {iqbal izhar}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Project pengerjaan restorasi kaki" Aerio newmode 2004. penggantian shockbreaker depan IKYB, support shock Japoon,link stabil heiker,karet stabil,bearing shock,karet ganjal support, karet debu shock, karet damper shock, cv joint dalam kanan NKN, cv joint kanan luar Heiker, laher as intermediet NTN, support shock belakang Japoon, karet stabil belakang, link stabil belakang Heiker, karet damper shock. pengerjan kurleb 2 hari. bunyi kret" belok kiri, gemuruh kena jalan gelombang, belok kiri bunyi tek tek, masuk gigi rendah bunyi jedug. belakang bunyi gruduk" dan glotak". biaya kurleb abis 4000an alias 4jt semuanya. senyap skrng jadinya ilang semua bunyinya. alhamdulilah gak jadi dijual 🤣🤣🤣 credit to owner om Ahmad Nofan AIC 642 Jambi.

Share as roda ke Outer CV Joint kanan Aerio yang patah / rusak gigi surinya

 gambar 1 - as roda sisi kanan perlu diganti, karena sisi panah merah putus
otodiy.blogspot.com
misi om tante mau nanya ada yg punya stok as roda kanan kah yg lama putus akibat ganasnya aspal sumatera. copotan ato baru gk mslh udh cek ama om aris duta kosong barangnya. as nya aja gk mslh klo komplit cv joint dlm ama luar jg gk mslh as yg ditunjuk dipoto. salim AIC 635 dan AIC 672 JAMBI.

Troubleshoot as roda Aerio sering lepas, karena setelan baut chamber {Iqbal Muhamad Suandi}

 gambar 1 - yang dilingkari orange sering lepas
otodiy.blogspot.com
Mohon pencerahan,, besi penghubung join dalam dan luar suka lepas, kata bengkel as nya pendek, sebelum nya g pernah sih...apa ada yg pernah ngalemin dan apa penyebabnya wahai para suhu ???
by Iqbal Muhamad Suandi

Ganti inner dan outer cv joint NKN untuk Aerio Matic penyebab bunyi Duk {Yan Adhipra}

 gambar 1 - Drive shaft set Front Right, matic merk NKN
otodiy.blogspot.com
FYI
Gejala: Posisi berhenti dari N pindah ke D atau ke R terdengar suara Duk! di bagian depan bawah mesin. Posisi jalan tiap injak gas dan lepas gas juga terdengar Duk!
Vonis: ganti drive shaft depan kanan 1 set inner+outer cv joint+karet but. Shaft dalam sblh kiri masih bagus.
Gejala: Setiap U turn putar balik arah kanan bunyi kletek kletek halus di roda kiri.
Vonis: Ganti outer CV joint kiri.

Lanjutan perbaikan seal OCV yang rembes dan ganti karet boot dan belt Next G

gambar 1 - seal OCV
 http://otodiy.blogspot.com 
Lanjutan dari pembetulan OCV yang lalu, karena ga siap dengan seal OCV akhirnya pasang dengan dikasi sealer, ternyata masih rembes juga cuman udah mendingan. Karena ga sempet keluar ke toko onderdil akhirnya pesen aja ke Sentosa Motor, daripada nanggung akhirnya beli :
Seal OCV Rp25rb
Seal crankshaft sisi pulley : 50rb.
Karet boot cv joint sisi luar : 55rb
Belt AC dan Belt Alternator : 85rb
Sabtu bawa ke bengkel pak Jono.

Reparasi kaki-kaki / understel Aerio di Maspian Arjuno {Andi DS}

 gambar 1 - Operasi di Maspian Arjuno
Lagi operasi kaki-kaki di Maspian jalan Arjuno, datang jam 8 pagi langsung dikerjai. Shockbreaker kiri depan didapati bocor, karet-karet sobek, kampas tipis. Kokel (CV Joint) baru saja dibongkar, semoga tidak apa-apa hanya re-grease saja. 

Ganti Outer CV Joint Aerio dengan merk JPN {jalanbuntu}

gambar 1 - CV Joint merk "JPN"
CV Joint baru 200 rb beli yang kw2 merk "JPN". Kata penjualnya ini (kualitasnya) di atas LKS. Diperhatikan sekilas sih cukup ok. Beli di Dutamas Fatmawati

Share pergantian outer cv joint LKS untuk Aerio matic {jalanbuntu}

 gambar 1 - CV Joint LKS
Kalau belok ada kadang bunyi tek tek, Beli di sentosa motor, 170rb, LKS
Ongpas 100rb di bengkel deket rumah

DIY : Ganti karet boot cv joint Aerio dan pengecekan intermediate Aerio yang kerap bermasalah

Berawal waktu ganti engine mounting aerio, mendapati karet kokel / karet boot cv joint ada robek dikit. Karena dinilai ga akan makin menyebar dalam waktu dekat maka diputuskan untuk ganti pada kesempatan berikutnya. Karena kesibukan ga sempet pesan barang secara online maka selanjutnya diputuskan langsung aja bongkar dan bawa karet boot nya ke toko sparepart buat contoh, maklum beberapa kali menjumpai karet boot kegedean dan mesti dituker, jadi biar ga bolak balik mending aku lepas dan bawa ke toko. Selain itu dengan melepas sendiri bisa mengamati intermediate shaft yang kerap aus di gigi surinya dan menyebabkan mobil tidak bisa jalan.

 gambar 1 - Cipratan grease cv joint

Ganti outer CV Joint Aerio dengan NKN {siotong}


gambar 1 - NKN CV Joint
Akhirnya di ganti juga CV Joint Kiri dan Kanan 

2Pcs CV Joint NKN Rp. 575.000 x 2 = Rp.1.150.000,- (satu paket dapet Gease dan Boot nya)
Ongkos pasang Rp. 180.000,-
Sama ganti oli Matic nya soalnya pas Buka CV joint oli maticnya di keluarin, di taruh di ember buluk item bekas oli, dari pada masuk lagi tuh sama kotoran nggak jelas jadi saya minta ganti aja yang baru Pake Oli ATF Mobil 1, 2 Botol @Rp.85.000,- x2 = Rp.170.000,-
TOTAL BIAYA= 1.500.000,-
Beli di bengkelnya dia pesen lagi kayanya. di New Sahabat Motor deket latumenten Bengkelnya

Share rekondisi tierod dan regrease cv joint dan pergantian karet boot cv join {jalanbuntu}

 gambar 1 - tierod rekondisi dan karet boot robek


Itu gambar sekalian ngeliatin tie rod hasil rekondisi, tadi mau ngefoto tie rod. Hehe, malah ketauan boot as roda sobek.

Terakhir service tie rod di Marahton, tierod end dan long tierod, ki ka kena 330 rb. Di Marathon spesialis rebuild joint. Hasil rebuild jauh lebih awet dari press. Harga rekondisi untuk joint kecil cuma 35ribuan, jadi utk complete set tierod kiri kanan cuma kena 140rb. Yang rada mahal di bengkel itu adalah obgkos bongkar pasang. Yang dipotong adalah bagian bawah dari bonggolnya, dikasi teflon, lalu di las lagi. Hasilnya cukup rapih kok (gambar 1).

{Halim Eka} Share pergantian Kokel Aerio di PJS

 gambar 1 - Kokel lama

Nampak di gambar 1 adalah kokel aka outer cv joint lama. Penggantinya pakai KW 2 x 250rb, jasa pemasangan 60rb. Part beli di PJS dan jasa di PJS juga.

{Reiza} Report pergantian intermediate shaft KW dan inner cv joint NTN

gambar 1 - Intermediate shaft, bearing intermediate dan inner cv joint NTN

Setelah 2 kali percobaan perbaikan yang pertama dengan cara di las yang gagal, dan dicoba untuk memberikan coakan dan hendak dipasak tetapi gagal melubangi batang intermediate, di Senin malam kembali intermediate shaft los lagi. Akhirnya diputuskan untuk diganti dengan baru dengan memesan dari Sentosa Motor - Atrium Senin.
Mengingat biaya derek apabila diperbaiki di bengkel yang mencapai 175rb, maka diputuskan menggunakan mekanik langganan kantor. Jasa pasang 150rb.

{Reiza} Perbaikan intermediate shaft dengan cara las yang gagal

kelanjutan dari report sebelumnya.
Hari sabtu 19 Jan 2013, dibawa ke PJS lagi, bayar derek lagi 175 rb.
 gambar 1 - pertemuan splines intermediate dan inner cv joint yang aus
 gambar 2 - gigi splines intermediate yang aus

{Reiza} Share perbaikan intermediate shaft Aerio yang aus dengan cara Las

sumber : BB
gambar 1 - Nota PJS


Reiza anggota AIC mengalami intermediate shaft yang aus sehingga mobil tidak bisa jalan. Akhirnya dibawa ke PJS untuk di Las.

Untuk gejala nya baru terasa 2 minggu terakhir ini.. Pasca banyak genangan,, dan oreo sering lewatin genangan air yg agak tinggi. Gejala nya adalaha pada saat mau jalan setelah parkir aga lama.. Begitu masuk gigi 1 lepas kopling dan injek gas bunyi dug. Begitu juga pada saat mau mundur bunyi seperti itu. Seminggu belakangan semakin parah (yg aku cerita di group ‎​ввм™) hampir pasti setelah berenti dilampu merah dan mau masuk gigi1 lepas koplin injek gas pasti bunyi dug itu terdengar meski tidak sekencang bila berenti atau parkir yg agak lama.
Kalo dr gigi 1 ke 2 dst tdk ada bunyi. Hanya tenaga nya saja yg terasa berkurang.
Oh iyah bunyi dug itu terkadang ilang kalo gas nya aga besar aku injek..
Terakhir pas mau brgkt gathering jg bunyi seperti itu, namun syukurnya sampe di UMC. Sampe akhirnya aku minta om martin buat nyoba sampe akhirnya dol di UMC

{ErwinHerdiawan} Ganti karet cv joint Next G yang sobek

 gambar 1 - karet boot Outer CV Joint Kanan sobek
gambar 2 - karet boot Outer CV Joint Kiri juga sobek
Bengkel di Magelang : 4 karet boot 100rb, Grease Top 1 35rb, klem 12rb, jasa 50rb

by ErwinHerdiawan