Posts

DIY : {hiyawata} Memperbaiki tombol power window Aerio yang patah

sumber : forum aerio indonesia club

Sebenernya udah lama nyubie benerinnya (11 April 2010) cuma mau sharing suka lupa sampai terlupakan.... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Salah satu caranya bisa dilihat di Blog oom singa dibagian Topic yang sama,


Untuk Aerio Oldmode (2002-2004), tombol Auto Power windows banyak kejadian patah saat digunakan. Banyak cara yang di coba rekan2 pengguna untuk memperbaikinya karena untuk mengganti 1 set master power windows terhitung mahal.

Coba sharing sedikit pengalaman saat memperbaiki Tombol Power Windows si Buluk (Aerio MT 2002)

Alat dan Bahan Yang di perlukan:

  1. Obeng (plus dan minus)
  2. Bilah Bambu (Kecil saja seukuran panjang 3-4 cm)
  3. Cutter Untuk meraut bilah Bambu
  4. Amplas halus (untuk membulatkan ujung tongkat bambu yang akan kita buat)


Pertama2 kita harus bongkar dulu Master Switch Power Windowsnya, caranya bisa lihat disini:

http://otodiy.blogspot.com/2010/01/diy- ... aerio.html

Kasus-nya sama dengan Link di atas, tongkat (stick) yang ada di dalam tombol Auto patah.

gambar 1 - Tongkat (stick) pada tombol Auto yang patah

Selanjutnya adalah Memotong dan meraut Bambu menggunakan cutter sesuai dengan ukuran dan bentuk tongkat (stick) tombol yang patah. Bahan Bambu saya gunakan karena selain kuat juga mudah untuk di bentuk.

gambar 2 - Kalau bisa dibentuk serapih tongkat yang patah :D

{Anjik} Pasang Soft turn LED biru untuk spion Aerio

Dah lama kepasangnya, cuman pas ketemu baru sempet foto, terinspirasi report om Yan. Harga sekitar 150rb kalau ga salah all in termasuk ongkos pasang.

Berikut hasilnya :
 gambar 1 - Soft turn LED di spion Aerio
gambar 2 - Soft turn LED

by Anjik

DIY : Pasang mud flap / mud guard / kepet roda buat Aerio

 gambar 1 - mud guard bekas punya teman, mayan gratis
 gambar 2 - mud splash kemana-mana
Semenjak lepas spoiler samping aka side skirt spoiler, cipratan lumpur dari roda depan makin mengganas. Belum lagi aspal yang menempel akibat perbaikan jalan. Ok deh pasang mud guard aja dah ngikut yang belakang sudah terpasang. Hmmm yang model apa yah, eh ada gratisan dari bekas punya temen yang ga kepake, hajar dah......

DIY : Ganti radiator Next G / Aerio matic dengan Koyorad

gambar 1 - Radiator berdarah

Sebenarnya udah 3 ato 4 belakangan air cadangan Next G matic newbie dah mesti nambah-nambah melulu. Kebetulan ga tau sejarah radiatornya, taunya pas service AC lepas condensor AC baru terlihat radiator pernah ditambal. Karena nambah airnya ga banyak, sementara alokasi untuk lain dulu. Baru minggu lalu rencana mau kuras, pikir sekalian diperkuat tambalannya, ternyata bocor di banyak tempat setidaknya ada 5 area kebocoran, wah percuma ditambal rugi waktu dan tenaga kelihatannya udah keropos di mana-mana. Berhubung fan ac juga lemah akhirnya senin 24 Des 2012 diputuskan sekalian beli radiator buat rencana kedepan akan diganti. Ga nyangka 28 Des 2012 bocornya jadi lebih parah, padahal tanggal 25 - 27 Des mobil dipakai dan berfungsi normal. Ok deh time to change....
gambar 2 - Kiri radiator untuk matic, kanan untuk transmisi manual

DIY : Mengganti motor extra fan AC Next G yang lemah dengan merk Panasonic

Extra Fan AC Baleno Next G lemah nih, kadang ga mau muter begitu AC dinyalakan, kadang mau muter....kalo ga mau muter begitu disentuh baling-balingnya eh dia mau muter, itupun puterannya ga kenceng-kenceng amat. Test dari soket ada listrik, test fan dilangsungkan ke aki ternyata lemah dan kadang ga mau muter....Positif mesti ganti.

Setelah motor extra fan dilepas buat contoh cari-cari di kedungdoro Surabaya, akhirnya dapet merk Panasonic seharga 200rb. Harga cukup ok, hanya perlu potong soket kabel orisinil untuk dipasang ke motor panasonic yang baru dan sedikit "ngakal" untuk shaft tengahnya.

Berikut Step-step DIY untuk penggantiannya, cuman kali ini karena motor sudah kondisi terlepas maka step-step DIY nya adalah step merakitnya, sedangkan step membongkarnya adalah proses kebalikannya :D

 gambar 1 - Kiri motor extra fan panasonic - kanan orisinil
 gambar 2 - kiri panasonic, kanan orisinil

DIY : Penggantian tutup tabung wiper Aerio yang hilang

Ntah kenapa tutup tabung Aerio newbie bisa hilang..... karena bentuknya tidak bundar jadi ya sengaja aja beli tutup orisinil. Tutup ditebus dengan harga 44rb di suzuki motor kedungdoro.

 gambar 1 - Tutup tabung beserta part numbernya
 gambar 2 - Pada bawah tutup terdapat dipstick untuk mengukur ketinggian air wiper

DIY : Simple "iseng" test Ultrasonic Cleaner

 gambar 1 - Busi di Ultrasonic Cleaner
 gambar 2 - Test buat Kaca mata dan cover handphone
Sebenernya beli ultrasonic cleaner dah taon lalu, cuman belom sempet ngetes buat bersihin injector ama buat barang-barang lainnya. Mumpung ada waktu bentar, iseng test ah. Pertama-tama test buat cover handphone. Cairan pakai IPA (Iso Propil Alcohol) satu tutup botol kecil plus air minum sampai ngerendem cover handphone. Hasilnya ga terlalu bersih, test buat kacamata mayan bening :) waktu awal dimasukkan dari sela-sela karet langsung "merebak" kotoran begitu ultrasonic cleaner dinyalakan.