DIY : {DIX} Membetulkan karet kaca luar Aerio

sumber : http://www.aerio-indonesia.com/forum/viewtopic.php?f=8&t=2705


mau nanya nih...kbeneran lg ada dikit gangguan ni sm mobil.. 
karet yg di kaca mobil sobek, jd klo nutup jendela tu karet ikutan naik..
mau ganti tp agak kesulitan nyari gantinya dmn...
mungkin om2 ada yg bs bantu.. :D
gambar 1 - karat kaca yang dimaksud

tks
mario


Sedikit pencerahan,
biasa Weatherstrip luar yg kena pertama kali sisi kanan depan / supir. Maklum belum jadi juragan yg duduk di belakang... :P

Masalahnya karena usia pemakaian dan kena hujan-panas, akhirnya lepas. Pada dasarnya Weatherstrip terdiri dari 2 bagian, bodi luar / plastik dan 2 lis dalam / karet. Nah lis karet ini sering lepas di sambungan dengan bodi plastik. Kalo lis karet atas udah turun, biasanya lis karet bawah lebih parah (ga keliatan kalo ga dilepas). Udah gitu yg namanya karet kalo dipake cenderung menciut / makin pendek ga kayak plastik.

Solusi terbaik yah "lem biru", cukup keluarkan sekitar 200rb / buah. Siap2 aja beli 3 lagi, soalnya jendela juga bisa iri :lol: Kalo 200rb masih mahal, cukup beli lem beneran. Modal 10rb udah rapi lagi. Caranya:
1. copot Weatherstrip dari pintu, buka baut (+klip buat yg depan)
2. cuci bersih, hati2 biar ga lepas. Pake aja sikat gigi +sabun
3. biasanya lis karet bawah lebih parah / hampir lepas semua, sobek aja
4. pake lem UHU, tempel lis karet yg masih bagus trus sambungan ditutup lagi pake lem UHU biar kuat

Met mencoba!!! :D :D :D


gambar 2 - kondisi awal
gambar 3 - lem aja
gambar 4 - karet yang robek

by DIX (AIC)

Comments

  1. wah saya juga ngalamin tuh om, emang yang kanan kena duluan, solusinya lembiru sih :((
    kena 215rb.. udah ngakalin beli lis yang ada beludru... permasalahannya lis baru ini ga nutup rapat ke kaca jadi kwatir ama air hujan yang masuk deras ke panel dalam pintu.. karena disana ada eletrikal power window dan central lock...
    mau lem yang lama tapi karetnya udah hancur banget karena termakan usia kali ya,, hehehe...

    ReplyDelete
  2. Kalo udah hancur banget sih ya emang ga terselamatkan alias lem biru dah....
    Jadinya sekarang pakai yang beludru atau beli lagi baru ?
    Untuk yang luar bukannya tidak ada keluhan bikin baret yah ? sementara yang dalam baru banyak keluhan bikin baret kaca film.... ??

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  3. Oh ya maksud saya "lis beludru" itu, emang cuma lis aja, karet masih pake yang lama, trus lis tadi coba di lem ke yang lama, tadinya cuma satu lis tapi karena masih renggang antara kaca dan lisnya trus tempel 1 lis lagi, hasilnya ga memuaskan... (sayang yang lama hasil tempelan lisnya udah saya buang, kalo ga saya fotoin)

    Ya sudah akhirnya beli yang baru dan kebetulan lisnya beludru kaya yang new model... tapi kok bikin baret ke kaca ya... ga tau masangnya salah ato gimana,, karena masang sendiri sih...
    karetnya masih baru dan agak sempit ngepasin ke pintunya... harus di tekan kuat ampe ada bunyi "klik" masuk ke rumahnya...

    kalo keluhan sih emang banyak yang bilang om... saya sendiri udah motong sirip bawahnya nyontek otodiy om agus...

    ReplyDelete
  4. o begitu, lis beludrunya beli di mana ?

    eh yang bikin baret ke kaca itu kaca sebelah luar maksudnya ? berarti yang baret kaca nya dong bukan kaca film ??

    ReplyDelete
  5. lisnya beli ke tukang karet2 om, di banceuy bandung hehehe... ga disarankanlah lah kalo mo nuker lisnya... kalo masih bagus lis lamanya mending dipake dan lem seperti yang di contohin ama om Dix... :D

    wah ane blom cek om apakah ngebaretin kaca luar ampe parah... kalo baret luar jadinya emang kaca yang dimakan om bukan kaca filmnya :(

    ReplyDelete
  6. Hmmmm kalo baret kaca luar keknya ga ada yang ngalamin om.... mungkin dah waktunya diperbaiki tapi dibiarin terlalu lama kali om...
    macam karet wiper kalo dah keras ga diganti2 kan potensi bikin kaca baret....
    apalagi naik turunin kaca kondisi lagi kotor dan kering

    ReplyDelete
  7. makasih bos info nya sangat bermanfaat, berkat infonya ini, ane berani coba ganti weatherstrip sendiri. videonya ane bagi di link berikut :

    https://www.youtube.com/watch?v=islPL9AQVR0 .

    semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}