Penjelasan VNT / VGT, beda ? {gajah_terbang}


video 1 - VNT (Variabel Nozzle Turbo)
http://otodiy.blogspot.com
Emang VNT / VGT itu apa bedanya si.....heheheheheh


video 2 - VGT (Variable Geometri Turbo)
Actuator ada yg diafragma dan ada yang REA - Rotary Electric Actuator......kalo 1KD dan 2KD VNT udah REA......kalo Evie TDCi / Dakar itu diafragma (pakai electronic air regulator alias solenoid - selang)

Kalo Holset punya VGT agak lain
gambar 1 - VGT di Holset
Vane nya fixed, yang maen ada semacam "pintu" 

Tapi semua tujuannya sama, disebut variable Geometry itu alias si A/R si Turbo itu variable.......jadi A/R nya maen dari 0,3 - 1 (misalnya). Saat low RPM dia di 0,3 spy turbin spool up faster, saat di peak boost A/R jadi 1 dimana vane membuka penuh 

Sedangkan Turbo konvensional aka Fixed Geometry Turbo itu A/R nya fixed, misal 0,33 ya fixed 0,33 

A/R = area radius ratio 

by gajah_terbang
sumber : kaskus KIOC

Comments

most read in a week

DIY : pasang sendiri peredam Plafon Wagon R {wagireng}

DIY : tambah relay power window Aerio

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

Review alarm mGuard M1+