Troubleshoot extra fan AC tidak berputar, bersihkan ECT sensor dan test fan radiator {Reynaldo PS}

 gambar 1 - Semprot ruang mesin, membasmi kotoran tikus
 http://otodiy.blogspot.com 
Halo om n tante semuanya, numpang space n bandwith ya untuk cerita sedikit kejadian kemarin.
Jadi karena liburan ini si ranpursel ngendok di carport, ranpursel memang jarang digunakan,kalau tidak libur, sehari jalan palingan 30 menit untuk antar jemput krucil aja, or sesekali dipake nyokap pergi arisan, itupun jarang-jarang.

Singkat cerita karena liburan sekolah dan lebaran, dan saya lagi ada kerjaan di kala libur, ranpursel ngga kepegang sama ane, tapi si ranpursel sempat dibawa abang ane, dan menurut info abang ane, di ruang mesin ranpursel banyak kotoran tikus ( saya kaget ). Krn baru tanggal 7 kemarin kerjaan kelar, akhirnya mulai megang yg lama ngga ke pegang, dari motor ( yg ga mau hidup ) sampai bersiin ranpursel.

Pas buka kap mesin, alamak bau sekali, dan kotoran tikusnya banyak bgt, saya cukup heran, karena selama ini ( sebelum liburan ) ga ada satupun kotoran tikus ada di ruang mesin. Siapin kompresor, tiup2 semua kotoran tikus, lalu siapin semprot ruangan mesin ranpursel, karena masih bau jg, ane timpa pake sabun, gosok sana sini, dan kelar.

Awal masalah sudah saya tebak, palingan air masuk ruang bakar, saya bongkar busi, semprot2, keringin2, amplas2 dikit ( ngga ke foto ) , dan greng, nyala normal seperti biasa , ga tau kenapa feeling saya mengatakan kudu cek kipas nih. Nyalain ac, dan alamak, extra fan sempat nyala lalu mati, saya pun mulai panik, karena hari mulai sore, rasa ngantuk dan letih pun menyerang, tapi harus dikerjakan , mumpung masih hari libur esok harinya.

Buru-buru buka otodiy besutan om Singa, nemu beberapa tutorial troubleshooting, bahkan krn saking panik dan kalutnya, ane pm om singa, wah beruntung om Singa masih online , berkonsultasi sebentar dan, segera eksekusi.

 gambar 2 - Jumper extra fan ke accu dan wuss extra fan pun nyala
1. Bikin kabel jumper mendadak, Extra fan di langsungin ke aki, saya berdoa semoga bukan motornya yg koit, dan yak sodara! bukan motornya hahaha, kipas pun berputar dengan cepat. * fiuhhh dalam hati *. Kerusakan terjadi hanya pada relay no 5 ( di kotak relay fuse yg panjang ).

2. Pm om Singa ttg troubleshooting main fan ( krn feeling saya sekalian di cek aja dah ) , om Singa mengatakan copot saja Ect sensornya terus nyalain , kalau kipas radiator lsg jalan, berarti ga ada masalah. Dan saya jga minta petuah sama om Adit. Oke , di coba, wuss main fan lsg jalan. Sipp, ga ada masalah.
 gambar 3 - Copot Ect sensor harus copot accu juga loh apalagi kalo malam2 dan letih, 
bisa kejadian rumah socket ect sensornya bengkok.
 gambar 4 - Ect sensor sudah dibersihkan, rumah socket ect sensor agak bengkok.
4. Iseng sekalian bersiin Ect sensor deh, toh cuman modal amplas aja, akhirnya malem2 bongkar tuh, mungkin krn ngantuk dan capek plus di serang nyamuk, saya males nyopot aki. Coba buka ect 2x , kunci ring ngga masuk dengan baik, krn kepentok aki, dan 2x itu saya coba buka [alsa, alhasil rumah socketnya ect sensor rada bengkok wkkk. Ah kepaksa deh copot aki daripada patah dari housing socketnya. Dan akhirnya kebuka juga ect sensornya, amplas-amplas, bersih, dan pasang lagi.

5. Pagi ini bangun ga pake mandi, ga pake cuci muka , ga pake minum, ga pake makan lsg kedepan nyalain motor lsg pergi ke toko yg sudah di infokan abang saya, di jalan saya doa, moga2 tuh toko udah buka, bukan apa-apa sih, hari minggu, jam 8 pagi pula, pas sampai sana, wih udah buka, hebat ini orang, rejekinya takut dipatok ayam kali yak.

6. Nanya relay ( sambil kasih sample ) , ternyata mereka ada stock, asli denso , tinggal 2 pcs saja, dc @35,000 , saya ambil 2, buat cadangan. Balik ke rumah, ngebut.

7. Sampai rumah , lsg cobain dan, tes nyalain ac, dan wusssss, extra fan pun berputar dengan kencang.
gambar 5 - Relay untuk extra fan baru ( warna biru ) , dc 35,000
Terimakasih banyak saya ucapkan untuk om Singachu , dan om Aditia Ekalaya yang sudah memberikan wejangan-wejangan kelas dunia untuk troubleshooting si ranpursel. Makasih juga untuk semua teman di group ini. Sukses dan sehat selalu untuk kalian dan keluarga.

by Reynaldo PS
sumber : Facebook AIC

Comments

  1. tolong pencerahan y
    klo mobil tk panasin sampai 30 menit,kipas radiator ngk mau berputar
    tpi klo ac y di nya lain kipas muter kenceng
    apa nya ea om
    tolong msukn y

    ReplyDelete
  2. Nanya dikit om, kalo extrafan mati, trus di cek gak ada arus listriknya, apa perlu ganti relay??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicek dulu, ke rumah relaynya ada listrik juga atau ga...relay coba dituker,
      ama pastikan juga kompresor jalan ato ga, kalau kompresor nya ga jalan ada kemungkinan bukan extra fannya tapi karena ada masalah di system AC nya

      Delete
    2. Nanya om say udh cek relay kabel dll ok.tapi masih ga mau hidup..nah coba dibypas powernya mau idul koma ya

      Delete
    3. di bypass mau hidup kencang, ya artinya inputnya pasti ga bener. Cek ulang relay dan kabelnya. Kecuali kalau dibypass agak ogah2an muternya

      Delete
  3. Nanya om.. Hsb dicuci ac mobil mati knapa ya?

    ReplyDelete
  4. Nanya om, kipas ac saya mati vios 2005, katanya masalah dr kelistrikan ecu nya? Perbaikannya gmn ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dicek ECU kemungkinan sinyal dari ECU nya memang ga ada atau rusak.
      Ya kalau ini antara repair ECU, cari copotan ECU bekas, atau ya kalau rusak ECU nya cuman itu dan mau murah terpaksa dimodif, pasang thermostat / switch otomatis buat trigger relay kipas ac

      Delete
  5. Bg mau tnyak.. Ac kalau hidup ac kok putaran nya kadng hidup kadng pelan.. Kok kek gitu. Vios limo 2005. Tapi kalau tidak hidup ac kipas elektrik stabil

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tes langsung ke aki, kalau kenceng dan stabil fan nya gpp. cek ac nya

      Delete
  6. mau tanya om mobil dipanasin tp fan tdk mau muter..tp ac dinyalain kdng fan lsng muter..kdng hrs dibantuin pake tangan muterinnya br bisa muter thx

    ReplyDelete
  7. Mau tanya bang, mobil Baleno 2004, pas dinyalakan selama 30 mntan kipas radiator ga nyala, trs kita nyalakan AC, yg nyala kok hanya kipas AC saja ya, kipas radiator ttp tidak nyala, ada masalah apa ya bang di kipas radiator nya ? Mohon solusinya. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2004 brarti Next G ya.
      Normal itu, karena kipas radiator hanya menyala kalau sensor ECT membaca 98*C ke atas. radiator aerio gede jadi memang 30 menit belum tentu tercapai.
      Cara cepat mencapai, kap mesin ditutup, jangan nyalakan ac biar kipas yang sisi supir ga muter. Biasanya 30 menit bisa muter itu, tergantung suhu sekitar juga sih.
      Kalau mau sekedar tes, bisa cabut soket ECT, terus nyakan mesin, kipas radiator bakalan nyala langsung.

      Delete
    2. Kalau pas d cabut sensor ectnya 2 kipas nyala semua tpi tau2 main fan mati dan extra fan yg nyala trus..kira2 problem dmn ya suhu??
      Sempet saya tuker relay no 5 sama 6 tpi hasil sama aja..main fan nyala bentar trus mati sedangkan extra fan nyala trus..

      Delete
  8. Mau tanya
    Brio 2015.
    Kadang kipas hrs di senggol dulu baru mau muter. Itu knp ya?
    Masalah di mananya?
    Takut mendadak overheat dijln.

    Thx

    ReplyDelete
  9. mau nanya nih. mobil saya captiva diesel 2010
    Saya punya kasus pada ac mobil saya yg gak dingin sama sekali, padahal sudah diisi freon, dan setelah diisi freon tsb ac dingin hanya bertahan 2 hari saja. dan jg saya cek tidak ada kebocoran,
    kl punya saya kipas ac tidak nyala saat saya nyalakan ac tp kompressor berputar, sudah saya cek relay, sekring , dan rumah sekring tidak ada masalah, ect sudah saya bersihkan, thermostat jg saya buka kondisi fisik masih ok tp seal yg ada pada thermostat tsb rasanya sudah mulai lemah atau mlengkung2 gtu, saya pasang lg , dan saya coba hidupkan mesin beberapa menit kipas radiator masih berputar tetapi ketika ac saya nyalakan kipas tidak berputar, dan yang keluar cuma angin saja, apakah thermostatnya yg rusak atau ect jg rusak
    mohon pencerahannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. captiva untuk kipas radiator dan kipas ac jadi 1 atau terpisah ?

      Putaran untuk AC itu ga ikut thermostat/ECT, asal kompresor on harusnya ikut on buat dinginkan condensor.
      Coba cek apa ada relay khusus untuk kipasnya.
      Tes juga kalau dilangsung ke aki untuk kipasnya apa bisa muter, kalau ga bisa muter ya berarti motor kipasnya yang masalah. klau bisa muter kemungkinan ada relay nya yang masalah

      regards,
      singachu

      Delete
    2. Kl saya cabut soket sensor tempraturnya muter dua2nnya om. Apakah sensornya yg bermasalah ?

      Delete
  10. Mo nanya bos . mobil saya yaris 2006. Etc . relay fan. Dan motor fan dah diganti . tapi tetap gak nyala. Klaw hidup ac fan nya nyala bozz.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tercapai temperaturnya, coba tungguin sampai 30 menit dengan kap mesin tutup

      Delete
  11. Bg , mau tanya.. mobil saya vios g 2003. Kipas nya gag nyala , uda pernah di hidupin smpai 30 mnit trus ac nya di hidupin tetap gag nyala kipas nya, ap yaa masalah nya bg.. mohon solusinya terima kasih bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tes tanpa nyalakan ac.
      coba tes juga kalau langsung ke aki apa motor fan ok apa tidak

      Delete
  12. Mau nanya om extravaganza fan AC mobil saya sering mati, terakhir sudah dipasangin relay ke fan nya terus powernya di by pass langsung ke aki dan dikasih skring. Sekarang aktingnya yang meleleh. Apa penyebab nya kira2 om

    ReplyDelete
    Replies
    1. konektor di socketnya longgar atau kabel kurang besar jadi panas

      Delete
  13. Mau nanya om...mobil sya xenia 2012...motorfan hidup normal tapi putaran kipasnya agak berisik...setelah brenti brputar saya cek rupanya kipas agak goyang/oblak jd putaran gak center..itu apanya yg rusak om...mohon pencerahannya...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. bearing atau bushing di motor kipasnya. mirip ini : dlvr.it/R715NW

      Delete
  14. boz q... ect ganti kok ttp g muter fan radiotor nya...di dashbord indikator suhu warna biru nyla trs... q cabut socket ect bru nyala fan randiatornya bgitu kontak ... gmn solusinya lo relay yg mna yg mati?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya bukan relay. itu suhu nyala biru terus mungkin dah copot thermostat

      Delete
  15. bos mau tanya ini mobilku yaris 2008 maslah motor fan... langsung nyala ketika kunci kontak on ... krmungkinan dari apa ya...??

    ReplyDelete
  16. Om singa chu mau nanya.cielo 94.ada 2 relay ke jalur ac dan extra fan saat ac saya on ac bisa berfungsi dingin baik.tetapi xtra fan tdk berputar.dan relay saya tukar gan xtra berputar tetapi ac off..dan saya pikir relay nya mati.terus saya ganti relay yg indikasi mati tetapi masalah mya fan xtra tetap gak mauter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dites lebih lanjut sih, tes kaki2 socket relaynya pakai avo

      Delete
  17. Om singa Chu mau nanya dong, mobil saya Datsun go+ 2014 klo kena macet pake AC sering nyala indikator overheatnya, kipas nyala. Cuma ga mau mati klo AC nyala kalo AC mati baru bisa mati idup kipasnya

    ReplyDelete
  18. Om SINGA saya mau nanya dong, mobil saya civic fd2 tahun 2007.
    Awalnya pada saat hidupin mesin,kipas besar muter dan kipas kecil mati,ketika saya hidupkan AC,masih sama yaitu kipas besar muter dan kipas kecil mati.
    Sama honda dibilang relaynya mati,dan dan langsung diganti saat itu juga.
    Nah,setelah ganti relay sekarang kalau saya hidupkan mesin kipas besar muter dan kipas kecil mati, ketika saya hidupkan AC, kipas besar muter dan kipas kecil muter.

    Saya mau tanya yg benar yg mana ?
    Dan, apakah civic fd ada ada sensor kipas kecil menyala pada suhu tertentu ? Apa memang relay kipas saya rusak.

    Terimakasih byk bro Singa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu awalnya relaynya rusak. kipas kecil ikut kompresor ac.
      Kipas besar ini yang aneh kenapa langsung on, mestinya ikut temperatur radiator

      Delete
  19. tanyo om chevrolet aveo 2005, kipas low ga nyala knp ya, tp kl di suhu 98 kipas high nyala?

    ReplyDelete
  20. Ijin tanya om... City 2005 fan ac nya rusak setelah saya cek ke bengkel ac.yg saya ingin tanyakan di nyalakaan ac nya tetap dingin normal.di pake buat jalan jauuh masih dingin juga.tapi apakah ada pengaruh sm mesin? Soalnya pernah berhenti kisaran 5 menit mesin jd overhead dlm keadaan ac menyala.setelaah diistirahatkan mobil hidup kembali

    ReplyDelete
  21. Jumper kontak on lsngsung muter kipas gmna om ?
    Sya bingung positif negatifnya di relay

    ReplyDelete
  22. Nanya om. Om singa kok luar biasa ya. Salam sama om Agus Santoso yak.

    ReplyDelete
  23. Hallo Om slamat sore,,ijin bertanya,, mobil saya Ford Fiesta 2011,, Kendala Ac Tdk Dingin,, Blower ac aktif berputar namun Kipas radiator low speed dan kompresor ac tdk berfungsi (pipa ac tdk dingin jika dipegang) hal diatas terjadi setelah saya cabut plush dan minush accu selama 24 jam, sebelumnya ac saya dan kipas radiator saya berfungsi dengan sangat baik dan setelah cabut accu skrg mati,, namun kipas radiator high speed (bukan Yg low speed ya om) hanya berfungsi ketika suhu coolant mencapai 105 c, kira2 ada recomendasi perbaikan atau pengecekan yg bisa saya lakukan kah? terimakasi slamat sore

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G