DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin

 gambar 1 - Kompresor angin multipro
Lupa tepatnya kapan kompresor ini, rasanya sekitaran pertengahan tahun 2011. Merk-nya multipro 3/4 Hp, direct driven, harga lupa seingetku hampi 800rb-an. Kompresor ini relatif jarang dipake, dipakenya juga pas tune up mobil aja atau kalau pas butuh tiup selang mesin cuci yang buntu. Tahun 2012 kemaren udah sempet ganti oli dan banyak banget gram-gramnya. So kebetulan sabtu kemaren aku tune up sepeda motor jupiter dan tiup-tiup pake kompresor ini, sekalian aku ganti olinya deh.
Step-step :
1. Buka lubang pernafasan (gambar 2) cukup diulir saja

 gambar 2 - lubang pernafasan
2. tarik lepas penutup di sisi yang terlihat insight glass oli-nya (gambar 3), ga usah bingung ama baut-nya itu ga perlu dilepas kok. Tinggal kuncian-kuncian plastiknya aja, tarik plastiknya dari bawah ke atas.
 gambar 3 - ga perlu buka bautnya, cuman kuncian aja
 gambar 4 - lubang pernafasan dan cover sudah terlepas
3. Lepas insight glass (gambar 4 lingkaran merah), tinggal diulir aja, sebelumnya siapkan wadah penampung olinya.
 gambar 5 - insight glass
 gambar 6 - insight glass
4. Tuang olinya ke wadah penampung, miringkan kompresor agar oli yang keluar lebih banyak.
5. Sebenernya sampai step ini sudah cukup, tinggal pasang lagi dengan langkah kebalikan, dan isikan oli lewat lubang pernafasan (gambar 4 lingkaran kuning) sampai di insight glass tertutup oli.
Berhubung masih menjumpai banyak gram dan di dalam masih terlihat ada gram-gram yang tidak bisa keluar dengan dimirikan, maka newbie lanjut step 6.
6. Buka 3 baut dengan kunci L (allen key) seperti nampak di gambar 7.
 gambar 7 - 3 baut dilepas
7. Setelah 3 baut dilepas, perlu menarik penutup sampingnya dengan agak kuat karena masih menempel erat disebabkan karet sealnya (gambar 8)
 gambar 8 - penutup dan karet seal
 gambar 9 - karet seal dapat dilepas terpisah
 gambar 10 - penutup dengan karet seal dilepas
 gambar 11 - bagian piston dan ruang oli
8. Lap bersih semua sisa-sisa oli berikut gram-gram yang ada.
9. Pasang kembali semuanya dengan langkah kebalikan, lubang pernafasan tidak perlu dipasang dulu karena menuang olinya lewat sana (gambar 4 lingkaran kuning)
10. Newbie pakai oli motor 4 tak 15w-40 untuk mengisi oli-nya, ini sisa oli yang dulu dan setelah dituang masih ada sisa. Pakai kira-kira aja sampai insight glass hampir ketutup penuh.
 gambar 12 - oli yang dipakai
13. Sekalian cek dan bersihkan kondisi filter udaranya, lepas baut plus (gambar 13)
 gambar 14 - lepas baut plus penahan box filter udara
14. Tarik lepas box filter udara, ada elemen filternya dari busa, bisa dibersihkan dengan tiupan angin kompresor. Nampak di gambar 15 kondisi filter masih bersih, maklum jarang dipakai dan dipakai di area yang tidak penuh debu.
gambar 15 - filter udara

regards,
singachu

Comments

  1. Mohon bantuannys gan.. mesin kompresir saya rusak.. mesinnya hidup... tp anginnya gak ada.. sudsh saya buka selang dari mesin menuju tabung anginnya lemah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry very late reply, mungkin udah dibenerin ya.....

      kapan hari punyaku gitu, dari gauge tekanan cuman naik dikit abis itu getar2 kayak ga kuat...... curiga dari membran kompresi bocor..... akhirnya dibawa ke service center multipro di surabaya, ninggal memang. Part+jasa 50rb. Sembuh lagi.

      Delete
  2. Mohon bantuannys gan.. mesin kompresir saya rusak.. mesinnya hidup... tp anginnya gak ada.. sudsh saya buka selang dari mesin menuju tabung anginnya lemah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. punyaku juga sempat begitu. Mesin menyala tapi tekanan di tabung dikit aja ga mau naik lagi meski mesin terus menyala. Dugaan kebocoran di packing.
      Akhirnya bawa ke service resmi, total kena 50rb sudah sembuh.

      Delete
  3. Kalo multipro 3/4hp pake kapasitornya berapa mikrofarat ya..?..ada yg tahu ga???

    ReplyDelete
  4. Gan kompresor angin listrik saya kan penutup olinya cuma pake penutup plastik aja gan, bukan model ulit/drat, itu kalo pas dipake lama kenapa tutupnya copot ya gan, sebelum copot seperti suara meledak, n tutup kontal sama olinya muncrat, apa karna kepanasan apa kenapa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya seperti kelebihan tekanan...... coba aja dipasang lagi dan dites, kalau kelebihan tekanan lagi mungkin ada packing yang bocor jadi udara terkompresi ada yang masuk ruang oli.

      Delete
  5. Gan saya punya kompresor,kmaren kehabisan oli trus saya tambah oli kok masih gk nyala ya gan mohon bantuannya

    ReplyDelete
  6. punya saya gak mau mengisih ko begitu apa solusix

    ReplyDelete
  7. Tabung kompresor saya gak mau mengisih kenapa ya tolong d bantu,klo anda mau lihat in yang d profil saya GAT

    ReplyDelete
  8. Gan,ada cara ngakalin karet membran otomatis pressure switch.saya cari sparepartnya ga ada yg jual.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karetnya robek jadi bocor....

      Delete
    2. Karetnya robek jadi bocor....

      Delete
    3. yang mana ya yang dimaksud ? safety valve ? atau kotak otomatisnya ?
      Aku pernah liat di toko online ada yang jual

      Delete
    4. Permasalahann yg sm..apa ada yg jual seal membrannya..mksh..

      Delete
    5. Permasalahann yg sm..apa ada yg jual seal membrannya..mksh..

      Delete
  9. naaah, seperti nya sama kompresor nya.multipro 3/4. bentuknya sama. terima kasih singachu penjelasan detail nya.

    ReplyDelete
  10. bang kompresor angin saya rusak,karna banyaknya angin di dalam mesin, tekanan angin di dalam tabungnnya 90 bang saya inget. nah tiba tiba langsung mesin mati terus angin keluar lewat lubang yang gatau ane namanya. dan mesinnya mati ga bisa dinyalain lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lubang drain anginnya dibuka biar kerja mesin ringan dan tes nyalakan mesin.
      Kalau ga bisa, coba tes kipas nya didorong2 buat bantu muter, kalau bisa muter mungkin capacitor perlu ganti, tapi kalau ga bisa muter mungkin motor listriknya rusak, coba bawa ke tukang dinamo

      Delete
  11. maap gan sy mau tanya sy ada compresor capasitornya meledak,setelah sy ganti kapasitor yg baru capasitornya meledak lg,apakah ada masalah sm motornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau. coba bawa ke tempat service dinamo

      Delete
  12. Gan kompresor saya kalau dinyalain berdengung saja kipas ndg bisa mutar..apanya ya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin capacitornya minta ganti.
      Coba dibantu putar dorong pakai obeng kipasnya, kalau terus bisa muter tapi abis mati susah muter lagi, ya capacitornya itu

      Delete
  13. Gan, boleh gak pakai oli mobil matic? Kebetulan masih ada sisa sktr 300 ml

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja. aku dulu sempet pakai oli transmisi sisa2, ternyata cepet berubah warna seperti kecampur air.

      Delete
  14. Gan tutup oli plastik yang punya sya rusak bagaimana cara ngakalin ny,apakah bisa pake tutup oli kompresor merek lain?��

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : pasang sendiri peredam Plafon Wagon R {wagireng}

DIY : tambah relay power window Aerio

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

Review alarm mGuard M1+