Trouble logo Aki Ertiga menyala tapi voltase pengisian normal dan error code U2001 Network System code {Bang Jago}

gambar 1
otodiy.blogspot.com
Met siang suhu suhu sekalian...
Ijinkan neebi mau tanya, ertiga 2015 manual.
Ini indikator aki tiba2 nyala di tengah perjalanan.
Padahal menurut data ECU, aki nya yg muncul antara 12 ~ 14 volt juga, bukan yg makin ngedrop atau gimana.


gambar 2

Beberapa kali brenti parkir dan start mesin juga biasa aja gak ada masalah. Suara klakson juga kenceng.
Trus ini di layar DTC muncul kode U2001, tp logo check engine gak nyala, dan ga bisa di clear. Kira2 apakah ada hubungannya ama logo aki itu ya suhu ??
Makasih buat yg udah mau jawab.... 🙏


jadi emang pas saya foto diatas itu pas 12v om. Tp sepanjang perjalanan skitar 3jam td malam terpantau antara 13.9 sd 14.1
Lampu besar AC full nyala semua, tape mobil emang ga aku pake karna aku pake pantau szviewer biar lebih fokus om...
Kalo emg akinya ga ngisi, apakah mungkin perjalanan bisa bertahan 3 jam om?
Trus sampe rumah aku cabut akinya, pagi ini aku pasang lagi, start mesin, dan logo aki masih nyala om. Dan sampe skrg U2001 ndak ilang juga om, udah coba aku clear DTC tetep ga ngaruh.
Betul om, perjalanan alhamdulillah ga ada kendala ga nyendat2 atau kehilangan tenaga
tengah perjalanan sampe skrg masih nyala om... full ac + lampu udah di coba. Tanpa beban juga udah di coba.
sepanjang perjalanan antara 13.9 sd 14.1v om... itu kebetulan aja pas aku foto pas 12koma...
ini malam buat perjalanan jauh masih stabil di 13.9v sd 14.1v om, lampu nyala, AC nyala.
Semalem aki udah kucabut om, pagi ini ku pasang, coba start mesin, tetep muncul indikatornya om.
udah dicoba bang, mesin hidup, kabel aki dicabut, hasilnya mesin lgsg mati.
 udah di pake jalan jauh full ac dan lampu depan, aki saya tetep 12volt om. Kalo bener alternator gak ngisi, apa akinya tahan sampe selama itu masih di 12volt?
Tadi pagi saya cek aki juga tegap 12volt. Kalo gitu siapa yg ngisiin aki saya?

 ini kalo pas di pake jalan berkisar 13v ~ 14v om... harusnya brapa?


gambar 3
tapi sejauh ini start awal ndak ada kendala om... langsung jreng... klakson y

video 1

makasih analisanya om... tp kondisi sebelum start mesin (hari ini sebelum nyala sama sekali) kalo di lihat pake multitester saya ini emang udah 14 om... kan memang gak masuk akal banget... hehehe....
Ini udah aku bawa ke tukang dinamo om, dan kondisi mesin mati di cek pake multimeter dia normal di 12v, dan ketika nyala 14v. Teknisinya juga bilang "kok normal aja..."
Trus aku kasih tau kalo logo aki nyala terus, akhirnya di bongkarlah.... 😁

gambar 4

Update om suhu sekalian....
Barusan cek di spesialis dinamo, pertama di cek tegangan dia bilang semua normal.
Lalu aku kasih tau kalo logo aki nyala, trus dia perintah anak buah utk turunin alternatornya.
Udah gitu cm di bongkar aja, di bersihin, di test puter2, dicek arang, brush, ic, dioda, dll, katanya semua normal.
Aku tanya ganti apa aja, katanya ga ada yg diganti, cm di bersihin aja.

Trus ini udah di pasang, test start jg langsung nyala. Ini hasilnya, logo aki udah mati.
Dan error U2001 aku coba clear lgsg berhasil. Padahal sejak kmaren aku clear DTC ga mau ilang.
Kang dinamonya saya tanyain lagi, beneran ga ada ganti apa2 ini bang? Dia jawab... ga ada, cuman waktunya butuh perawatan aja itu.... 🤣
Tarip 120rb. Alhamdulillah.... 😇😇

gambar 5

Info tambahan :
Setelah servis dinamo ini, saya perhatiin angka yg ini kembali normal.
Tanda kuning : Battery Current, sudah bervariasi kembali kadang positif kadang negatif. Kemarin ketika logo aki masih nyala, angkanya selalu negatif.
Tanda biru : Regulator Voltage, juga sudah bervariasi sekitar 12v~14v. Kemarin ketika logo aki masih nyala, manteng di angka 14.1v ga brubah2.
Aku bisa bilang ga brubah karna tulisannya warna abu2.
Entah apakah pengamatan saya ini worth something kah, atau tidak kah, atau justru mengindikasikan kondisi anomali kah... saya juga kurang paham.... 😁

gambar 6

jadi dua masalah di atas ada di alternator aja, cuman penjelasan masalahnya itu jelasnya gimana yg aku gak paham bang... soalnya kang dinamonya pun ga ganti part apapun.

sumber : facebook ERCI

Comments

Post a Comment

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : How to / Tutorial bongkar dashboard Innova tipe V {ipah2.0v}

DIY : headlamp adjust Nissan X-Trail T32 {wemphy}