Senin, 13 Desember 2010

{kijangtua} Share perbandingan tutup radiator dan efek ganti tekanan radiator cap

Kelanjutan pembicaraan mengenai tutup radiator yang diganti berkaitan dengan pergantian cover radiator kuningan pada Aerio bro Kirana01 (baca sini). Selain itu juga sehubungan dengan angka yang tertulis pada cap radiator 0.9 vs cap radiator Aerio yang tertulis 1.1 (baca sini)

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=329555388#post329555388

ini gw coba share tentang tutup radiator...
gambar 1 - yg merah rad cap oreo ND 1.1 yg kuning kijang ND 0.9

gambar 2 - kiri Radiator Cap Aerio, kanan kijang


sepintas sama kan bentuknya.. bedanya ada disini...
yg kiri oreo ND 1,1 penampang karet penekannya kecil... yg kijang ND 0,9 penampang karet penekannya besar.. jadi otomatis gak bisa saling tuker...

gambar 3 - ini ada perbandingan rad cap yang besar dan kecil

gambar 4 - ini ada perbandingan rad cap yang besar dan kecil

gambar 5 - Radiator Cap Nissan
yang ini beda lagi tulisan angkanya yaitu 88kpa punya nissan... sori gw gak bisa fotoin bentuk dalemnya masih panas soale..

nah apakah jadi masalah jika oreo pakai rad cap 0,9? gw gak tau jawabnya

by kijangtua

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=329555826#post329555826

Quote:
Originally Posted by kirana01 View Post

Jadi normal kan om cap aye? (dipasang 0.9)
ga

cekidot : http://otodiy.blogspot.com/2010/08/system-pendingin-mesin-aerio-dan-cara.html

normalnya tulisan 1.1 artinya ntuh radiator cap nahan tekanan di system pendingin radiator sampe 1.1 Kg / Cm2
1 bar = 1.02 Kg / Cm2 (sumber : http://wiki.xtronics.com/index.php/Pressure_Conversion_Table)
Sedangkan kalo 0.9 artinya ntuh radiator cap nahan tekanan sampe 0.9 Kg / Cm2 sebelum akhirnya tekanan direlease ke reservoir
Ada jg yang angkanya 1.3 bahkan 1.5 ga tau lagi kalo ada yang lebih gede lagi


Apa efeknya tekanan ?
Sama aja prinsipnya kek panci presto, dengan adanya tekanan, titik didih air jadi naik, kalo tekanan 1 atmosfir titik didih air 100*C maka kalo dikasi pressure bisa naik misal sampe 120*C (tabel cek : http://www.engineeringtoolbox.com/boiling-point-water-d_926.html)

So what kalo titik didih air meningkat ? apa efeknya 0.9 1.1 1.3 dst ?
Radiator kan fungsinya sebagai heat transfer jg, dan semakin gede Delta T (selisih temperatur) maka semakin cepet perpindahan kalornya
So kalo air radiator bersuhu 120*C dan suhu luar adalah 30*C tentu perpindahan panasnya lebih cepet daripada air radiator bersuhu 100*C dan suhu luar adalah 30*C
Pendek kata semakin tinggi pressure, semakin menaikkan titik didih air radiator semakin cepet / baik proses pendinginan oleh radiator.
Dan sebaliknya berlaku untuk pressure semakin tinggi.
Makanya di mobil2 yang modif mayan extreme, suhu mesin semakin panas butuh pendinginan lebih lagi, biasanya tutup radiator dinaikkan pressure release valvenya dengan cari yang angkanya lebih gede
Apa efeknya kalo terlalu tinggi pressurenya ? ya tinggal dilihat titik terlemah bisa sambungan, selang dsb yang jebol duluan.

So efeknya 1.1 ke 0.9 ?
Ya pendinginan ga secepet kalo pake 1.1

Bisa Overheat ?
Sori ga tau
tp kl sering tol mah pendinginan cepet, kalo sering macet2an ya suhu lebih panas, tp overheat keknya enggak deh selama kipas masih kenceng muternya, paling AC aja rada panasan dikit cuman apakah kerasa bedanya..... kurang tau lagi

Serius begitu ?
Ga tau, seperti ente tau gua cuman kebanyakan teori aja.....

CMIIW

regards,
singachu

Comments
0 Comments
Google+ :

0 comments:

Poskan Komentar