DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Gambar 1 - Main Fuse Box hanya kode saja

Bikin label yuk buat kasi keterangan fungsi dari Fuse dan Relay yang ada di ruang mesin karena hanya ada keterangan Ampere dari Fuse dan kode Relay saja tanpa ada keterangan jelas mengenai fungsi dan sirkuit apa yang dilindungi. Pada user manual terdapat penjelasan mengenai fungsinya tetapi tidak ada kejelasan secara lengkap untuk fungsi-fungsi relay, selain itu dengan adanya label petunjuk singkat pada ruang mesin membuat praktis bila melakukan pengecekan apalagi di kala darurat.

Gambar 2 - Label Main Fuse Box - balik dan sejajarkan saja untuk baca

Gambar 3 - Buka lipatan label untuk Fungsi detail

Gambar 4 - Fuse Box Kecil Engine Room

Gambar 5 - Tarik keterangan biar gampang baca

Setelah cari tau fungsi-fungsinya berdasarkan Service Manual Book, newbie coba design di komputer untuk dicetak. Berikut hasilnya dalam bentuk PDF yang tinggal dicetak ke printer : download.  (mirror link). Pastikan waktu print jangan diresize/scaling ulang supaya ukurannya tidak berubah.

Gambar 6 - Hasil print

Gambar 7 - Potong dan lipat

Newbie pakai bahan kertas HVS A4 biasa, dilapis isolasi transparant biar ga mudah sobek dan sedikit tahan air (splash ya bukan dicelup). Agar lipatan lebih penyet ditindih aja dengan barang yang berat selama beberapa hari biar lipatan jadi rapi. Design newbie buat untuk pembacaan dari samping mesin sebelah kiri, sehingga cara baca terlihat di foto-foto di atas. Untuk label fungsi fuse utama newbie beri lipatan untuk mencari tau fungsi detailnya karena keterangan sedikit panjang, sedangkan untuk kotak fuse tambahan newbie juga design lipatan untuk memudahkan pembacaan karena tutup tidak bisa terlepas sama sekali dibandingkan fuse utama. Penempelan pakai isolasi saja, cukup awet lah secara lokasi kan terlindungi tutup fuse itu sendiri jadi ga bakalan kena air.

Sep, kalo pas perlu ga lupa lagi dan ga bingung cari catatan, tinggal buka dan jajarkan catatan dengan fuse nya, baca deh :) Gampang kan ?

regards,
singachu

Comments

  1. Hahaha...nice idea! Kalo aku sampai fotokopi dulu manualnya soal posisi sekring trus simpan di glovebox...Yang ini lebih brilliant idea-nya :)

    ReplyDelete
  2. tengkyu atas apresiasinya :)
    Info di buku ga di satu halaman, dengan ditempel gini lebih cepet bacanya.

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  3. bos relay utk lampu senja yg mana?

    ReplyDelete
  4. lampu senja setauku ga pakai relay.

    regards,
    singachu

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}