Postingan

Troubleshoot kebocoran air masuk ke kabin Aerio, lubang kabel pembuka kap mesin penyebabnya {Wahyu Hanggoro Suseno}

gambar 1 - bongkar semua bagian bawahnya, mencari sumber kebocoran
 otodiy.blogspot.com
Om tan sekalian, bagian ini (dek bawah sebelah kanan) selau aja rembes air, kira2 penyebabnya apa ya?
awalnya kirain dari karet penyumbat dek, udah diganti, tapi ko tetep aja rembes.
Udah lama dibiarin juga sih..
Baru hari ini diniatin bener cari sumber masalahnya.

Troubleshoot Aerio yang overheat, selang heater buntu akibat tidak memakai coolant {Aditia Ekalaya}

gambar 1 - Pas mo bypass selang heater....
otodiy.blogspot.com
Pas puyengnya... Mikirin kenapa aerio ini pengennya overheat melulu....
Fan radiator udah rubahan pake punya karimun estilil...kita balikin ke motor fan punya aerio.
Fan ac yg lemah syahwat diganti juga.
Thermostat yg tadinya ga ada, dipasang.
Bleeding beberapa kali.. Tapi bawa jalan 800mtr - 1km indikator suhu langsung kedap kedip.
Curiga ke water pump tapi cek yang laen dulu, siapa tau ada yg terlewat...

Atas saran cip Yogi Suryawan, coba semprot saluran heater nya dengan air....
Dan ternyata....... (lihat video 1)

DIY : modifikasi box filter Innova VVT-i menjadi Cold Air Intake {Christianto Sonaifil}

gambar 1 - cold air intake
 otodiy.blogspot.com
Cold air intake
Pakai Elbow PVC, dalamnya dilem Dextone.
lobangin nya hati2 jangan sampe bentrok sama filter udara nya ...
pipa 3/4 inch atau 1 inch uda cukup ... pasang 3 atau 4 maksimal
hasil nya lebih enak ... tenaga nya lebih enteng
udara cukup dingin bagus untuk mesin

Engine mounting Innova D4D sobek penyebab suara mesin kasar {Hendra Permana Huser}

gambar 1 - engine mounting sobek
 otodiy.blogspot.com
Mounting mesin sobek haha
Pas hidup mesin ada suara kasar, Seperti getar lebih kasar
Beli 500rb dapat engine mounting sepasang dan mounting transmisi
Ongkos pasang 225rb

Share ganti kaca belakang Aerio non orisinil di Makassar {Andi Vuad}

gambar 1 - kaca belakang pecah
otodiy.blogspot.com
Sudah ganti kaca, tp bukan ori, cuma kaca bakar, apa tahan gak yahh?
Ini cuma 1,1 jt om udah ama pasang, yg ori 3jutaan., kemahalan gan.hehe
Udah includ sm pemasangan om
Di Antang om, dekat dari pln, Makassar

Mesin Aerio bisa menyala, 10 menit mati lagi, CMP CKP sensor penyebanya {Jefry Alfiansyah Allan}

gambar 1 - 18 = CMP, 19 = CKP
otodiy.blogspot.com
Para Master semua, butuh bantuannya.
Oreo pas dipanasin pagi. Start nyala langsung, trus skitar 9 menitan mati sndiri. Distart lagi nyala langsung, skitar 8 menitan mati sendiri. Distart yg ke-3 g nyala. Didiemin lumayan lama start lagi nyala langsung, trus bbrp menit mati lagi.
Info terakhir dr bengkel langganan: Ini untuk ECU nya (engine control unite) lg di cek di orang khusus ECU/elektrik.. sdh ke baca saat di SCAN jalur bahan bakar dan injeksi terputus saat mesin kondisi mencapai temperatur nya.. klw untuk IAC, MAP, ISC ,TPS blm ada masalah
Sambil nunggu Cek ECU, ada yg bisa sharing?
Terimakasih sebelumya

DIY : Membetulkan error P0012 CMP Timing Retarded pada Aerio {Bieny Thu Bens}

gambar 1 - check engine (MIL), di scan keluar P0012 CMP Timing Retarded
otodiy.blogspot.com
Report P0012 CMP Timing Retarded
Setelah berhari2 mencari info dan bertnya2 kepada suhu2 Aerio Pasek Aditia Ekalaya om Agus Santoso om AsepRuhiyat om Kun Widodo dan om UlayMan Harahap akhirnya ketemu solusi P0012 CMP Timing Retarded


Masalah awal :
  • Indikator chek engine nyala saat RPM/kecepatan tinggi dan hilang perlahan saat mobil di RPM/kecepatan rendah.
  • Saat di Scan muncul P0012 CMP Timing Retarded