Kumpulan Do It Yourself (DIY), postingan, artikel, berita yang dikumpulkan/didapat oleh newbie baik yang dilakukan newbie sendiri maupun copy-paste / comot sana sini. Do it at your own risk.
Share report service ke enam (30 bulan / 50000 km) avanza veloz 2019 1.5 M/T
Telat arsip, 8 Jan 2022 service ke enam, odo masih 13256 km, tapi karena sudah 2 tahun lebih maka ganti minyak rem sekalian ganti oli transmisi dan oli gardan. Lanjutan service sebelumnya pakai jasa THS.
gambar 2
Dari Service Advisor (SA) menyarankan untuk ganti minyak rem karena sudah 2 tahun, newbie iya-in aja karena memang benar minyak rem diganti juga mengikuti bulan. Newbie putuskan untuk ganti oli transmisi dan oli gardan meskipun kata SA-nya ga perlu, ya karena sejak awal belum pernah diganti juga sekalian aja mumpung masih free jasa. Sekalian minta sampel oli lamanya dibawa pulang, pingin tau kondisinya seperti apa olinya, ya maklum dilarang masuk ke area service jadi minta oli bekasnya saja.
gambar 3
Yang aneh filter oli-nya mahal, nurut SA-nya karena pakai filter Yaris disebabkan filter oli Avanza kosong semua, dibilang lebih bagus karena lebih panjang, hmmmm we will see. Yang ga notice justru ada ON TIME SERVICE Rp 2.310,- lha kok kena jasa meski dikit, padahal pakai buku service gratis dirobek.
gambar 4 - Harga filter oli panah kuning
Untuk oli gardan avanza dual vvti memang banyak sekali, jauh lebih banyak dibanding avanza vvti. Pakai 4 botol masih sisa, kelebihannya digabung dengan oli transmisi. Untuk Oli mesin pakai TMO 10w-40 di charge 2 liter sebenernya pakai 4 botol cuman pakai free oli 2 liter makanya di nota ditulis 2 saja. Harusnya cuman kepakai 3.5 liter alias ada balik 0.5 botol
gambar 5 - jasa on time service
gambar 6
gambar 7
Total bayar 900rb itu karena pakai voucher gratis oli 2 liter, bila ga pakai voucher 1.1 jt an.
gambar 8
gambar 9 - hasil tes
gambar 10 - botol bekasnya termasuk oli bekas dan sisa oli
gambar 11
gambar 12 - oli transmisi dan oli gardan
gambar 13 - minyak rem dan box filter oli yang katanya punya yaris
gambar 14 - filter oli
gambar 15 - filter oli
Dilihat dari bentuk filter olinya perasaan sama aja panjangnya, ntah lah.
gambar 16 - dari kiri oli mesin baru, oli transmisi bekas, oli gardan bekas, oli gardan baru
gambar 17 - oli mesin baru, oli transmisi bekas, oli gardan bekas, oli gardan baru
gambar 18 - oli mesin baru, oli transmisi bekas, oli gardan bekas, oli gardan baru
Setelah lihat bekasnya dan dibanding barunya, yang paling mengagetkan adalah oli transmisinya, hitam, aneh juga, ya untung diganti. Untuk oli gardannya hijau tua tapi masih wajar lebih gelap dibanding barunya yang paling kanan.
gambar 19 - disisakan dikit
Coba dituang balik sisa dikit biasanya terlihat lebih bening, ternyata oli transmisinya benar-benar luar biasa jelek. Lega putuskan untuk ganti
gambar 20 - kiri oli gardan bekas, kanan oli gardan baru
gambar 21 - isi oli mesin terlalu banyak
Biasanya oli mesin akan sisa separo botol, ternyata ini nyaris seperempat botol saja, langsung curiga cek dipstik, dan benar saja terlalu banyak. Bahkan dicoba tes jalan beberapa hari masih saja banyak, akhirnya disedot.
video 1 - sedot kelebihan oli mesin
gambar 22 - cek apakah minyak rem benar dikuras
gambar 23 - kadar air rendah artinya minyak rem baru
Setelah cek kondisi minyak rem, benar adanya dilakukan pengurasan.
Berikut video ulasan servicenya :
video 2 - video review service
O ya ini ga dilakukan tune up juga sepertinya sama Auto2000, aneh, ya sebelumnya sudah aku service sendiri juga sih biar ga ngerusak oli baru kalau setelah diganti oli baru service :
gambar 1 - Socket Connector http://otodiy.blogspot.com Masih penasaran dengan kabel untuk Camera Mundur biar bisa dipasang di Grand New Kijang Innova type G. Biarpun sudah membaca cara pasang camera mundur di Innova type V , tapi karena Head Unitnya beda tipe dengan Innova type G , biarpun sama-sama merk Fujitsu Ten, apalagi di panduan masih ragu mana Video IN plus dan groundnya, maka newbie coba browsing-browsing lagi buat nambah referensi. Dan dari google ketemu gambar-gambar berikut ini, meski kenyataannya tetap ada beda yah, but enjoy..... and do at your own risk....
gambar 1 - perbandingan panjang wiper pengganti http://otodiy.blogspot.com selamat pagi..karena pagi ini anelagi kurang kerjaan, ane mau membandingkan beberapa ukuran wiper yang selama ini dipake user ertiga.. SEBAGAI PATOKAN, UKURAN STANDAR ERTIGA ADALAH 21-14 .. wiper yang ane gunakan adalah Moon Hybrid dari ace Hardware yang ane dapatkan saat diskon 20%..
gambar 1 - post by Go Wes otodiy.blogspot.com Tolong om tempat sekring untuk cas dimana ya,semoga yg membantu diberikan kemudahan rizki aamiinn by Sofian Augen Zanjabil
gambar 1 otodiy.blogspot.com #Sharing Baru ganti Racksteer assy merk Heiker. Build qualitynya oke punya nih.. bootnya bahan plastic rubber lebih kuat dan awet, casingnya semi-polished, dan kata sellernya sih untuk internal dalemnya (rack and pinion) nya udah anti karat juga jadi aman kalo kemasukan air. Saya sempet bandingin build qualitynya dengan Racksteer bawaan ertiga (merk sona) kurang lebih sama.. cuman entah kenapa rasanya si Heiker ini lebih solid qualitynya, tapi untuk cover as pinion atas saran saya pake bawaan ertiga aja karena plastic dan foam sealnya lebih bagus daripada punya heiker ini. Kalau melihat dari segi harga sih menurut saya lebih worth ini dibanding racksteer assy original (1.4 jt vs 6 jt 😂). Tapi untuk durabilitas? Well see dia tahan berapa lama.. 😁.
gambar 1 - tempat penyimpanan dongkrak dan tools innova Setelah selesai setel handrem , newbie pingin test putaran roda belakang. Lagi-lagi sebenarnya untuk melakukan pendongkrakan sudah tercetak cukup jelas di manual book, cuman biar lebih maknyus perlu dicoba praktek biar kalau di kemudian hari perlu melakukan udah ga mencocokan lagi titik dongkraknya dengan manual book :) Langkah kali ini tanpa penggantian ban, jadi proses pengenduran lugnut velg tidak dilakukan. Pertama buka pintu bagasi dan buka penutup penyimpanan dongkrak dan tools (gambar 1) sehingga nampaklah dongkrak dan toolsnya (gambar 2)
Fuse atau sekring di fusebox Aerio yang letaknya di ruang mesin Aerio bisa dibaca di manual book. Tapi di sana ada relay juga dan sayangnya tidak ada penjelasan fungsi dari masing-masing relay tersebut. Newbie coba tanya-tanya di forum beberapa terjawab tapi sebagian besar tidak tau. Hmm catat-catat dulu dah apa yang dah tau, nanti kalo ada tambahan lagi ya tinggal update lagi..... :D gambar 1
sumber : kaskus Posisi Nomor Rangka Grand Livina di sini gan.. Buka tutupnya (tarik atasnya dulu) then, terawang no rangkanya di dalam kegelapan.. gambar 1 - Foto posisi nomor rangka Kalo liat orang gesekin lmayan susah.. Tu stiker samsat ditempelin dikit di kayu agak panjang.. Pelan2 masukin tu kayu ke tempat no rangka itu.. Setelah posisi pas, ambil pensil panjang tuk rekatin tu stiker ke no rangka.. Then, item2in deh tu stiker pake pensil n dapet tuh no rangka.. Copot stikernya pelan2 n jadi deh.. by h4rt4
Gambar 1 - Main Fuse Box hanya kode saja Bikin label yuk buat kasi keterangan fungsi dari Fuse dan Relay yang ada di ruang mesin karena hanya ada keterangan Ampere dari Fuse dan kode Relay saja tanpa ada keterangan jelas mengenai fungsi dan sirkuit apa yang dilindungi. Pada user manual terdapat penjelasan mengenai fungsinya tetapi tidak ada kejelasan secara lengkap untuk fungsi-fungsi relay, selain itu dengan adanya label petunjuk singkat pada ruang mesin membuat praktis bila melakukan pengecekan apalagi di kala darurat. Gambar 2 - Label Main Fuse Box - balik dan sejajarkan saja untuk baca