DIY how to setting LVD XH-M609 bisa untuk Solar Panel bisa untuk DRL modul

 

video 1 - how to setup LVD XH-M609

otodiy.blogspot.com

LVD tipe XH-M609 merupakan modul untuk memproteksi baterai supaya tidak sampai benar-benar habis listriknya dengan cara memutuskan arus apabila baterai mencapai voltase tertentu dan akan mengalirkan arus kembali setelah baterai mendapatkan charging di voltase tertentu. Dengan demikian listrik di baterai tidak sampai terkuras habis yang bisa menyebabkan kerusakan pada baterai. Sesuai dengan namanya Low Voltage Disconnect, alias disconnect / memutuskan arus saat low voltage.
LVD biasa dipakai untuk baterai pembangkit listrik tenaga surya, saat listrik pada baterai digunakan penambahan LVD akan memberikan safety pemutusan arus bila daya tersimpan pada baterai sudah habis. Fungsi ini juga bisa dimanfaatkan pada aki mobil dengan setting tertentu bisa dimanfaatkan untuk menyalakan perangkat listrik misalnya lampu DRL yang aktif pada saat mesin menyala dan mati saat mesin mati.
Sebelum masuk ke setting, kita coba pahami dulu voltase pada aki :
Voltase Aki mobil biasanya antara 12,2 volt sampai 12,66 volt. Di bawah itu biasanya sudah mulai susah starter, bila sudah di bawah 12,0 volt bisa dikata aki sudah tidak menyimpan listrik. Saat mesin menyala, maka alternator akan aktif berputar dan mengcharge aki, voltase pada aki akan naik pada kisaran 13,0 volt sampai 14,5 volt. Di atas 14,5 volt sudah masuk ke tahap overcharge yang juga akan merusak aki, sedangkan di bawah 13,0 volt berarti alternator lemah atau asesoris yang terpasang pada mobil sudah berlebihan dibanding kemampuan alternator.

Sehingga bisa disimpulkan dari voltase yang terukur apabila di atas 13,0 volt berarti mesin menyala, dan di bawah 13,0 volt berarti mesin mati. Kita bisa pakai patokan ini untuk mensetting LVD. Misalkan pada voltase 13,0 volt maka LVD akan melakukan cut off, dan misalnya pada voltase 13,2 volt supaya LVD mengaktifkan arus kembali / auto on. Pemberian jarak antara cut off dan auto on dimaksudkan untuk memberikan tolerasi terhadap penurunan voltase akibat beban tambahan alat listrik yang diaktifkan, jadi sesuaikan jarak setting dengan beban kelistrikan tambahannya.

Terdapat 2 tombol pada modul LVD XH-M609, kiri tombol plus dan kanan tombol minus, fungsinya :
  • Tombol kiri/plus ditekan satu kali : Melihat voltase cut off yang tersimpan
  • Tombil kiri/plus tekan dua kali : merubah voltase cut off
  • Tombol kiri/plus tekan lama : kalibrasi bacaan voltase
  • Tombol kanan/minus ditekan satu kali : Melihat Plus Voltage untuk Auto ON yang tersimpan
  • Tombol kanan/minus ditekan dua kali : Merubah Plus Voltage untuk Auto ON
  • Tombol kanan/minus ditekan lama : Delay ON Setting (satuan menit) setelah Plus Voltage tercapai
Detil caranya bisa disimak pada video.

regards,
singachu


Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio