DIY : Cek cara kerja ECU mentrigger relay D fan radiator Aerio
video 1 - cara cek
otodiy.blogspot.com
Ada kalanya kita mendapati fan radiator sudah di jumper sehingga saat radiator fan langsung berputar begitu kunci kontak di ON. Padahal standard kerja fan radiator aerio adalah kipas baru berputar saat ECU memerintahkan kipas untuk berputar, salah satunya adalah setelah suhu mesin mencapai temperatur tertentu.
Untuk bisa mengembalikan rangkaian kelistrikan kembali ke standard, kita perlu tau dulu bagaimana rangkaian standard cara kerja ECU mentrigger relay D yang merupakan relay fan speed 1 Aerio.
Dengan membaca wiring diagram akan memudahkan kita mencari tau jalur perkabelannya, ditambah video di atas untuk visualisasi jalur standard dan cara pengetesannya akan memudahkan komparasi antara perkabelan yang sudah dimodifikasi versus yang original.
Bila ingin mengetahui penjelasan wiring diagram dan fungsi relay C D E pada aerio yang mengontrol speed 1 dan speed 2 kecepatan putar radiator fan aerio bisa disimak juga di video di bawah ini :
regards,
singachu