DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator
sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com
18 Maret 2011
18 Maret 2011
Setelah dicek by pass langsung fan radiator bisa mutar :
18 Maret 2011
18 Maret 2011
18 Maret 2011
18 Maret 2011
18 Maret 2011
18 Maret 2011
18 Maret 2011
18 Maret 2011
by Taufik
gambar 1 - ECT Sensor sebelum dibersihkan
gambar 2 - ECT Sensor setelah dibersihkan
18 Maret 2011
Dear Para Suhu,
Setelah kurang lebih 1 Minggu ga dipakai, hari ini Oshin keluar Kandang. Namun AC kok kerasa ga dingin yaah.
Penasaran, Sy turun, buka Kap Mesin. Saya perhatiin kurang lebih 15 dengan mesin hidup. Fan AC (didepan Header) Hidup, tapi Fan Radiator (yg ada Selang Radiatornya) ga hidup/ alias Mati).
Renc mw sy bawa ke bengkel. Kemungkinan ganti Motornya atw gimana niey? Klo Ganti Motornya ajah, klo ga salah Merk Panasonic yah?? DC berapaan yah??
Thanks atas Infonya.
Oshin / B 2893 OM / AIC 253
18 Maret 2011
Dear om Taufik,
Motor merk panasonic setau saya untuk motor fan AC bukan motor fan radiator.
Kok langsung vonis motornya knp ?
Coba test dulu kalo dijumper langsung ke aki, di sana ada 4 pin untuk mendapatkan 2 macam kecepatan putar fan yang berbeda.
Cek sini : http://otodiy.blogspot.com/2010/08/system-pendingin-mesin-aerio-dan-cara.html
Ini link gambar pin untuk test jumpernya :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj3D58igzkgQOhI4SBrSRpQJypXNVRI7NV75xASJcATC0aWLDR3QQLgNxCoTUd1fNyvR79ans0d4syXxQj0Qiiqj00mQe_hYxRSWaDyPDVC_oadwzd7riKS1bsv5dR2GJIDZ-tE7btpYW4/s512/FanSocket.GIF
Kalo ternyata bisa muter ya berarti bukan motor fannya, cek :
1. Cek Radiator Fan Relaynya (Relay C, D dan E)
http://otodiy.blogspot.com/2010/02/mencari-tau-fungsi-relay-di-fusebox.html
2. Cek ECT sensor, karena Motor fan radiator baru dijalankan kalo suhu coolant mencapai tertentu, dan ini tugas ECT sensornya untuk membaca temperatur
regards,
singachu
Setelah dicek by pass langsung fan radiator bisa mutar :
18 Maret 2011
Update :
Sementara di by pass, Fan muter kenceng. Diambil dari soket (terlampir)
gambar 3 - soket fan radiatorSedang ditelusuri dari sambungan ke Fuse Box/ Relay.
Oshin / B 2893 OM / AIC 253
18 Maret 2011
Harusnya sih ga susah benerin beginian, toh udah jelas motor fan hidup kenceng.
Kalo sensor ECT dilepas, normalnya fan jadi muter/hidup.
Sumber masalah antara sensor ECT dengan relay fan aja.
trims
- DiX -
AIC 198
18 Maret 2011
Sudah dibawa ke Tukang Dinamo, dan untungnya tukang dinamo ga maen buka.
Sementara diduga oleh tukang dinamo, Switch yg di deket sekang radiator (gambar terlampir) rusak.
gambar 4 - lokasi sensor ECTIndikasinya, smua dikembalikan ke kondisi semula, dan saat switch dilepas Fan berputar.
Ada yg tau brp harganya? Dimana bisa dibeli??
**smoga ga menguras kantong**
Oshin / B 2893 OM / AIC 253
18 Maret 2011
"Switch" ntuh namanya ECT Sensor om.... ntuh dia yang gua maksud2 di email saya sebelumnya
coba bersihin dulu om, untuk harga ga hapal kudu cek eparts
regards,
singachu
18 Maret 2011
Om Singachu, ntar sore dicoba bersihin. Harga tadi telp Setia Jaya 275 Rb.
Matur Nuwun sangat Om.
Oshin / B 2893 OM / AIC 253
18 Maret 2011
Pertanyaan selanjutnya niey Om dan Suhu.
Klo switch ECT itu sy lepas utk sementara, apa efek sampingnya yax?
Alasan dilepas karena biar Pasti Fan nyala.
Thx
Oshin / B 2893 OM / AIC 253
18 Maret 2011
Pastinya ga tau om soalnya ga pernah punya pengalaman, sepertinya masuk fail safe mode :
DTC NO : P0115 (No.19)
TROUBLE : ECT SENSOR
FAIL-SAFE OPERATION : ECM controls actuators assuming that engine coolant temperature is 80°C. Radiator fan motor ON.
SYMPTOM : Hard starting/ rough or incorrect idle/ excessive fuel consumption/ hesitation poor acceleration/ detonation or spark knock
regards,
singachu
18 Maret 2011
Berikut penampakan jika ECT dilepas.20 Maret 2011
Yg baru pernah dilihat adalah Indikator Suhu Mesin dua-duanya Menyala (Biru dan Merah) serta Check Engine juga Nyala bersamaan. Ini terjadi saat mesin baru hidup (setelah parkir 1 jam-an). Indikator mesin baru Mati (Biru dan Merah) setelah mesin hidup kurleb 15 detik.
Tapi Check Engine tetep Nyala.
gambar - temp indikator dan check engine
Oshin / B 2893 OM / AIC 253
Lapor, kemarin ECT Sensor udah dibersihkan sesuai petunjuk Om Dix dan Om Singachu. Alat yg digunakan hanya pake Amplas halus (Amplas Air).
Hasilnya, skrg lg dibawa jalan ke Medan, Alhamdulillah, blm ada gejala Overheat.
Fan juga nampaknya Normal ajah.
Terlampir penampakan ECT sebelum dan sesudah dibersihkan.
(Gambar 1 dan Gambar 2)
Spesial Tengkyu buat Om Singachu dan Om Dix.
Oshin / B 2893 OM / AIC 253
by Taufik
wah ini kemarin kejadian juga neh ....ac tiba tiba mati (angin doank), lalu temperatur mulai naik sampai hampir overhead.
ReplyDeletecek ke suzuki di vonis radiator bocor.. ganti kepala radiator, air radiator masih muncrat muncrat. keluarlah vonis Kop mesin melengkung. tapi blom sape turun mesin tiba tiba ada vonis ECT sensor ini, diganti, lumayan juga harganya 310rb... temp mulai normal tapi tarikan mesin di gigi 2 masih sering gelitik.
Ada yg jual switch ETC suzuki baleno 2002 ga.Thx
DeleteECT nya ga dicoba dibersihin dulu ?
ReplyDeleteair radiator masih muncrat2 ?
Kop mesin sudah diratain ?
regards,
singachu
Om singachu sy mau tanya. Kalau ect bermasalah apakah check engine nya menyala? Fiesta saya kendalanya air radiator mendidih tp kalau AC hidup mendidihnya hilang. Apakah itu masalah di ect? Indikator check engine tidak menyala. Tks
Deleteom I Komang,
Deletega nyala om check engine....
Fiesta itu kipas di depan untuk ac dan radiator terpisah ga om ?
Bisa jadi karena ECT bermasalah, kipas ga muter, begitu nyalain AC, kipas muter jadi radiator ikut didinginkan ama kipas.
Maaf saya lagi ngerjain ford fiesta ect troble....kalau fiesta kipas diradiator aja extrafan ac nggak ada.....kalau di AC kalau ect rusak nggak mau nyala ......saya cabut soket ect baru mau nyala mohon koreksi ....trima kasih
Deletecoba diukur resistansi ect nya...... trus coba ect nya direbus sambil diukur resistansinya, harusnya makin panas makin kecil resitansinya.
Deletekipas radiator mestinya baru muter kalau suhu mesin dah panas jadi ga terus muter.
Berikutnya karena gabung dengan Fan AC, harusnya juga muter fan nya kalau ac nyala. Kalau ga muter cek relay nya mestinya, dan pastika kompresornya muter, kalau kompresor aja ga mau muter kemungkinan ada trouble di AC seperti bocor freon dsb
om Singachu
ReplyDeletebersihin/ganti ECT sensor bisa DIY ga?
bisa, tinggal dilepas pakai kunci 19 dan bersihkan saja
ReplyDeleteregards,
singachu
Kalau ECT dilepas apa air raiator tdk meluber
ReplyDeleteECT sensor di Aerio letaknya cukup tinggi, selama mesin mati dan dingin (tidak bertekanan), tutup radiator tidak dilepas (tetep vacuum) maka tidak akan luber, kalopun ada yang tumpah kebuang itupun minim sekali.
ReplyDeleteJadi setelah dipasang ulang tidak perlu ditambahpun tidak masalah, kalaupun mau nambah tinggal tambah di reservoir saja
regards,
singachu
This comment has been removed by the author.
DeleteMalem agan2.. Maaf numpang masukan dan pencerahan.. Ertiga ane tahun 2014, setelah kuras radiator dengan radiator flush, muncul kerak2 putih, bkin temperatur naik dan air muncrat, dan dikecepatan 80km/jam ke atas, temperatur naik n ac jd panas.. Trus bongkar n ganti packing head, dan bersihkan kerak putih di saluran di head silinder, sensor ect, dan termostat.. Hasilnya air sdh tdk muncrat.. Cuma kalo di kecepatan tinggi masih suka naik temperaturnya, n ac jd panas.. Tp kalo misalnya di turunin di kisaran 60km/jam, temperatur kembali turun dan ac kembali dingin.. Kira2 problemnya dimana ya suhu?
ReplyDeleteJawabannya sangat di tunggu, terimakasih banyak sebelumnya.
Mbak itu karena kotoran menyumbat thermostat. Thermostat gak bisa dibersihkan terutama bagian as nya. Harusnya ganti baru.
DeleteItu kemungkinan thermostat di lepas gak dipasang lagi. Efeknya kalau nanjak curam atau high speed (mesin kerja berat) maka air panas dari mesin bypas lebih banyak daripada yg lewat radiator maka overheating dan harus turun kecepatan atau kurangi gas.
Itu salah satu bahaya pakai radiator flush atau stop leak radiator yg pakai bubuk itu.
Aku pernah kejadian ford fiesta saya gara2 aku jasih stop leak radiator yg ada bubuknya langsung overheating trs aku ganti thermostat beres.
Tandanya beres adalah bila slang air dari radiator menuju water pump/mesin mulai panas....kalau dingin trs walau sdh lama jalan maka thermostat gak buka atau terganjal.
mau tanya Gan ; klo ECT utk Brio Satya posisinya dimana Gan
ReplyDeletekurang tau gan. tempo lalu ada saya arsip cuman diprotes ama link sumber jadi dihapus dari blog. langsung maen ke sitenya brio aja gan
Deletehyundai matrix saya kmrn waktu mudik sempet over heat tapi indikator temperatur manteng ditengah aja, saya coba lepas socket ECT fan muter kenceng, saya hidupkan AC fan radiator nyala. sampe dirumah saya ceoba2 cek lagi mesin dinyalain sampe suhu mesin menunjukan setengan kadang fan nya hidup kadang nggak, yang jadi pertanyaan saya apakah ECT nya bermasalah? karena fan kadang muter kadang nggak disuhu setengah, pertanyaan kedua kenapa indikator suhu tetap berada di level setengah padahal suhu sebenarnya udah panas bahkan air diradiator sudah mendidih? saya sudah cek juga relay COND1 dan relay COND2 normal, terimakasih......
ReplyDeletebisa dari ECT nya bermasalah..... bisa tes ukur pakai OhmMeter dengan ECT direbus dan ukur temperatur air pakai termometer, harusnya terus berubah nilai resistansinya seiring temperatur naik.
DeleteTapi pastikan juga kalau motor fan ga lemot.
Bang . info warna kabel . soket extra fan swift dong . punya saya tebakar (swift st2011)???thanks
ReplyDeletekabel di soketnya ada 2 atau 4 ? kalau 2 tinggal test aja ke plus dan minus, perhatikan arah angin nya harus ke dalam ruang mesin, kalau ternyata niup keluar berarti tinggal dibalik plus minusnya.
DeleteKalau warna kabel saya ga punya datanya
Mksih om . Kerusakan sdh teratasi om
Deleteom mohon info kenapa petunjuk temperatur di dashboard mobil civic ferio saya tiba tiba mati, apakah ect atau kabel yg kena y kira kira atau thermostat yg sudah rusak pengaruh gak ke jarum temperatur yg mati?thanks
ReplyDeleteECT kalau mati sepertinya fan radiator bakalan muter. Coba aja cabut ECT nya dan nyalakan mesin, kalau kipas nyala kemungkinan bukan ECT nya tapi di speedonya, atau mungkin ada kabel lepas.
DeleteTest resistansi ECT juga bisa.
Thermostat ndak pengaruh ke jarum temperatur yang mati
ikut komen ya om sekalian tanya.
Deletemobilnya sama nih ferio..
fan radiator gak muter..
1. coba by pass ke aki, fan normal muter (carbon dinamo baru ganti).
2. coba lagi lepas socket ECT tapi fan gak muter... klo penjelasan dari diskusi di atas ECT dilepas fan nyala terus gitu yah...
berarti kenapa ya. relay sudah saya coba ganti juga dengan yg baru.. mohon infi.. trims om
om Dini Akbar Juniardi, coba tes apa relaynya dapat arus apa ga, mungkin juga ada fuse untuk relaynya yang putus.
Deleteikut komen ya om sekalian tanya.
ReplyDeletemobilnya sama nih ferio..
fan radiator gak muter..
1. coba by pass ke aki, fan normal muter (carbon dinamo baru ganti).
2. coba lagi lepas socket ECT tapi fan gak muter... klo penjelasan dari diskusi di atas ECT dilepas fan nyala terus gitu yah...
berarti kenapa ya. relay sudah saya coba ganti juga dengan yg baru.. mohon infi.. trims om
Mobil saya Swift om .
DeleteKalau socket ect yg di pipa radiator d lepas . Seharusnya fan nya muter kencang om . Sudah saya tes . D mobil saya om
Kalau kasusnya om ini . Coba check main relay om . Fuse 30A itu suplay positif baterai ke semua relay .
Sama saya pernah gitu om abis buka fan motor abis gulung ulang dan ganti carbon brush . Ternyata posisi - + nya kebalik gara gara saat pemasangan motor fan ga d Marking . Jadi posisi magnet terputar ga sesuai awal bawaannya . Jadi saya check pake avometer di socket dan cocokkan ke motor fan posisinya dan yang mana + - dan kalau Sdh dapat .saya potong kabel rubah dan sambung lagi .ini kasus saya waktu itu om dan Sdh fix.
Terima kasih
Mohon bantuan,Ford fiesta tahun 2012 tiba" ngga bisa mundur,check engine menyala...pdahal ada getaran pas di masukin ke R....
ReplyDeletehttp://otodiy.blogspot.com/2018/07/ganti-catalytic-converter-grand-livina.html
Deleteitu mirip, ternyata tabung CC nya mampet. Coba cek dulu barangkali serupa
check engine coba di scan aja biar lebih jelas errornya apa
DeleteOm pny sy serena 2007, keluhanya fan yg 1 mati, apa bisa di benerin gnti brush aja atau harus ganti baru?mksh om...
ReplyDeletetergantung kerusakan dari fan atau fuse / relay. Coba tes aja direct ke aki kalau ga muter ya coba ganti brushnya
DeleteHalo om singachu. Mohon info . Mbl baleno.2002. Kasus over heat. Trus dilepas soket ect fan radiator muter. Brati maslah nya dimana ya om. Nuhun
ReplyDeletekipasnya kencang muternya ?
DeleteYa bisa kurang bleeding, air radiator kurang, air radiator mendidih dan luber dari reservoir, thermostat, waterpump, radiator bumpet..... macem2.
Iya ternyata ect nya om. Sy ampelas ect nya . Skrg sudah normal kipas radiator nyala kl udah sampe suhu max. Awal nya ga muter kipas nya. Trima kasih om singachu. Dgn ada nya blog ini sangat informatif. Moga makin sukses
Deletesip
DeleteAda jual swicth ETc suzuki baleno 2002 ga
ReplyDeleteharusnya ada. coba cek di toko sparepart / online.
DeleteOm letak ect avanza sebelah mana ya tak cari kok ngga ketemu😥
ReplyDeletewah maaf blom pernah ada yang share letaknya.
DeleteCoba aja ditelusuri dari selang radiator atas yang menuju mesin, kira2 di area sana ada sensor ga yang nancep2 di pipa air radiator
Numpang nanya om singa chu
DeleteMesin panas tp fan radiator g nyala,
Kl ac dinyalakan fan normal,
Soket ect dicabut kipas g nyala,
Apakah ect rusak atau relay yg rusak?
soket ECT dicabut kalau ga muter bisa dari relay bisa dari motor fan.
DeleteTes motor fan langsung aki, kalau bisa nyala, cek relaynya
@unknown:
DeleteECT avanza itu adanya di belakang mesin ujung, gak keliatan. nyempil di samping selang radiator atas belakang, jalur waterpump. klo diraba baru kerasa.. klo diliat visual mustahil terlihat krna nyempil. wkk
mau tanya klo mobil mazda lantis utk stasionernya naik turun apanya,apakah ada kaitannya sama sensor ect,trimakasih
ReplyDeletesepertinya bukan
DeleteNumpang nanya om singa chu
ReplyDeleteMesin panas tp fan radiator g nyala,
Kl ac dinyalakan fan normal,
Soket ect dicabut kipas g nyala,
Apakah ect rusak atau relay yg rusak?
Coba cek tukar relay om . Biasa ada 3 relay fan . 1 AC . 2 buat radiator kecepatan rendah . 3 radiator kecepatan tinggi . Di tandain om . Coba di pasang di bagian kipas AC relay nya yang 2 buat radiator tadi d tukar tukar . Apa pas d tukar tukar kipas pas saat nyalakan AC normal gak . Kalau tetep nyala berarti 2 relay tadi bagus om .kalau ada mati pasti ketahuan . Gini saya biasa ngecek relay om bagus apa gak . Cuma d tukar ke bagian AC terus nyalain deh .simplenya
Deleterelaynya
Deletemau tanya,saya pnya apv temperatur kalo siang buat nanjak di ac temperatur normal,tapi kalo malem lampu utama hidup ac mati /hidup perjalanan nanjak temperatur naik smpai h kipas baru muter trus temperatur turun lagi masalah nya apa?
ReplyDeletenormal mestinya.
DeleteAC hidup itu sebenernya ada kipas yang muter dinginkan condensor, otomatis radiator juga ikut didinginkan sekalian.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteAssalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh agan agan suhu,, mau nanya solusi untuk mengatasi fan radiator nyala terus untuk Aerio facelift 2005 biasanya memperbaiki bagian mana ya gan? Terimakasih
ReplyDeletesejak start langsung nyala ?
DeleteJalur kabelnya udah dirubah, ya perbaikannya dibalikin standard
Om numpang tanya dong,altis 2002,kalo dinyalain mesin sampe kurleb setengah jam kipas ngga nyala2 juga,soket ect nya dilepas kipasnya nyala normal,itu yg bermasalah ect nya atau bukan yah?dinyalain ac kipasnya ttp ga mau nyala om...ect ud sy buka memang berkerak warna putih...terima kasih om suhu...
ReplyDeletebisa jadi dari ECT nya. coba dibersihkan keraknya
DeleteMau numpang tanya,letak ECT Avanza 2016 sebelah mana ya,thx gan
ReplyDeletecoba ditelusuri aja om, dari selang atas yang menuju mesin, kira2 nya area sana mungkin. sorry ga pernah merhatikan avanza.
Deleteini di atas ada yang jawab gini :
DeleteECT avanza itu adanya di belakang mesin ujung, gak keliatan. nyempil di samping selang radiator atas belakang, jalur waterpump. klo diraba baru kerasa.. klo diliat visual mustahil terlihat krna nyempil. wkk
Ass mau nanya om kipas radiator nyala terus kenapa ya posisi kontak sdh off saya sdh ganti ect masih tetep nyala mohon pencerahannya om avanza 2016
Deletekalau mesin dingin dan kontak on masih nyala, kemungkinan ada jalur kabel yang sudah dimodifikasi
DeleteAss gan,,mau numpqng nanya....soqlnya lg kbingungan nih.mbl ane swift 2007.
ReplyDelete1 bln yg lalu fan radiator mati, trus d ganti sama bengkel langganan, katanya mesti pake yg bagus ( denso ). Stlah d perbaiki sy pake jln k lebak bulus dan sampe d sana fan radiator mati lg sampe daun kipasnya lumer,,ahirnya ane bawa pulang mbl dan d ganti baru fan radiator + daun kipasnya.stelah 3 hari d ganti sy bawa lg k daerah cirende, pas d sana fan radiator mati lg dan daun kipas lumer lagi...sampe skarang blom ane dandanin nih mobil soalnya takut kaya kmaren lg..mohon penjelasan gan kira2 apanya yg jd mslah dan ane mesti gmna ?
Trmksh bnyk atas solusinya
Assalamu'alaikum gan.....kenapa kipas radiator hdup terus..kita hidupin mobil sebentar kipas nya hidup terus dan kencang...
ReplyDeleteMohon maaf mau tanya problem xenia mesin ev yg 1000cc. Habis turun mesin lalu bila dihidupkan dingin normal klo sudah panas rpm drop turun lalu extra fan radiator menyala mesin tiba2 drop dan mati. Kira2 apanya ya mohon para suhu. Ect sudah coba saya cek dan bersihkan tapi kurang tau resistansinya brpa?
ReplyDeleteituDewa.com Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ
ReplyDeleteOnline | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen SuperTen
Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap
1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa
* DominoQQ
* Poker
* Bandar Ceme
* Capsa Susun
* Super 10
* Ceme Keliling
* Omaha Poker
=> Bonus Gebyar Hadiah Bulanan ituDewa
=> Bonus Cashback 0.3% (dibagikan setiap hari kamis)
=> Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
=> Bonus FreeChip Upline Referral 100K(Setiap Ajak Teman Bermain)
=> Customer Service 24 Jam Nonstop
=> Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)
=> Menerima Deposit VIA PULSA (Pulsa Telkomsel dan Pulsa XL)
=> Menerima Deposit VIA E-Money (OVO dan GOPAY)
* Pusat Bantuan ituDewa
LINE : ituDewa
WECHAT : OfficialituDewa
WHATSAPP : +85561809401
Kunjungi Juga Bimbingan Kemenangan Main Judi Online :
* Melatih Strategi Permainan
* Inspirasi Meraih Mimpi
Mau tanya min..
ReplyDeleteSaya punya great corolla 92..kalo dibuat nanjak mesin terasa panas,tapi temperatur masih separo..setelah saya matikan mesin,air nyembur di tabung reservoir dan air di radiator seperti bunyi air mendidih..
Kira2 apanya yg perlu diperbaiki min ?
Mau tanya unit xenia 1000cc ,thermostat udah ganti baru , radiator sudahbdi bersihkan , penutup radiator udah ganti baru semua asli , tapi air radiator pindah ke penampung putih biasanya karena apanya ?
ReplyDelete