Minggu, 31 Maret 2013

Review kacamata menyetir siang hari dan malam hari

 gambar 1 - Smart View Elite
Iseng beli kacamata buat menyetir di Ace Hardware, dengan menebus 42rb untuk Smart View Elite mendapatkan 2 buah kacamata dan 1 visor klip.

Berikut tertulis di satu-satunya lembaran kertas yang ada di dalam kemasannya :
Smart View EliteTM Night Vision glasses are to be used during night time when light levels are low - these are greate for night driving as they increase the available level of light while reducing glare
Smart View EliteTM Day Vision glassess are to be used under normal daily lighting conditions. Please use caution when wearing these glassess - do not stare directly into the sun for prolonged periods of time. Never wear your Smart View EliteTM glassess as protective eyewear. Do not use the Smart View EliteTM Day Vision glasses during night or in the darkness while driving, please use the Smart View EliteTM Night Vision glassess for darkness.

 gambar 2 - Kardus Smart View Elite
Isi kardus terdapat 2 buah kacamata dari bahan polycarbonate dengan bingkai dari plastik, kesan awal terlihat cheap plastic. Kacamata dipegang sangat ringan. 
Sebuah kacamata Day Vision dengan warna coklat gradasi gelap menuju terang dari atas ke bawah, diperuntukkan pengendaraan sewaktu cuaca cerah / terang. Disebutkan UV 400, 100% UV Protection, sehingga diharapkan mata terlindung dari sinar ultra violet matahari. Di claim "Bring out color and clarity".
Kacamata yang lain yaitu Night Vision dengan warna kuning terang, tidak ada embel-embel UV protection, di claim "increase brightness".
Sebuah "bonus" Sun Visor Clip, bisa diselipkan di sunvisor, serta bisa menjepit 2 buah kacamata sekaligus (gambar 3). Sun Visor Clip ini serasa ringkih, tinggal ntar diliat berapa Durablenya, meski begitu cukup praktis untuk penyimpanan kacamata ini di mobil. Tetapi proses pengambilan salah satu kacamata sedikit ribet karena begitu dibuka kedua kacamata lepas bersamaan sehingga harus mengatur lagi penjepitan kacamata yang tidak dipakai.
gambar 3 - Smart View Elite pakai clip

Day Vision
Pemakaian hari pertama pagi hari berangkat kerja. Sambil nunggu starter mobil, coba pasang Day Vision... hmmm ringan, ngeplak banget ke sekitar lingkar mata, kacanya yang besar mengcover view dengan baik, suasana berubah sedikit coklat ke tapi ga coklat-coklat amat karena memang warnanya tidak terlalu gelap. Intip spion, bukan buat fashion tampaknya, kurang keren hehehehehe terlihat kek mainan. Cuek aja kalau dipake di dalam mobil, kecuali buat yang tebar pesona keknya ga cocok.
Jalan..... hmmm brasa enak sih, tapi kok biasa aja...... coba lepas kacamata, wow lebih silau... pasang lagi, hmmm enak teduh tapi padangan jadi lebih jelas, lepas lagi pasang lagi lepas lagi pasang lagi.... ternyata kelebihannya karena dia mereduksi sinar berlebih sehingga cornea mata tidak sedikit menutup seperti kalau kelebihan cahaya yang masuk ke mata. Hasilnya mata terbuka lebih rileks, karena tidak sedikit memicingkan mata jadinya kejelasan obyek yang dilihat lebih jelas.
 gambar 4 - Penampakan pakai kacamata dan tidak
Coba tangkap perbedaan pakai kacamata dan tidak pakai (gambar 4) pakai camera BB. Hmmm beda sih antara mata dengan camera, maklum sensor ama lensa mata ama camera beda, lebih terbantu kalau pas dipakai beneran. Tapi setidaknya di gambar 4 terlihat lebih teduh, warna swift di depan adalah pink sedikit terkoreksi warnanya tapi tidak terlalu mengganggu.
Saat putar balik, sekarang arah menghadap matahari terbit (timur), menantang matahari.... hmm tetep agak silau kalau langsung kena matahari, jadi sunvisor tetep kudu diturunkan. Test lepas pasang lagi, enak kok terbantu banget dengan kacamata ini, cuman tetep jangan tantang matahari secara langsung.
Dengan test pakai selama seminggu, memang mantap ini kacamata, fungsional meski terlihat cheapy dan kurang keren. Kadang berembun kalau kena AC langsung, itu karena kacamata bisa nempel ngeplak ke sekitar kulit mata, dengan memajukan dikit biar ada "rongga hawa" maka embun tidak timbul, atau kalau abis kepanasan bisa dilepas dan dihadapkan ke semburan AC bentar di sisi dalamnya biar dinginnya cepat sama dengan semburan AC. Keluhan lainnya sedikit kurang nyaman di atas telinga kiri untuk pemakaian agak lama, solusinya mungkin bisa dibungkus benda lunak.

 gambar 5 - Foto tanpa kacamata
 gambar 6 - Foto Day Vision
gambar 7 - Foto Night Vision

Night Vision
Kondisi pagi hari / susana terang, kalau pakai Night Vision rada aneh...... dari foto gambar 7 awalnya rada ragu ama kacamata ini.....Pulang dah malam jadi gelap, pakai deh..... Walah jadi kuning semua, terasa aneh semua lampu-lampu jadi kuning. Sedikit kuatir kalau bikin pusing karena warna-warna pada berubah.
Puter balik, sambil nunggu traffic, tes lepas pasang lepas pasang.... eh mayan nih buat U Turn dan melihat kendaraan dari arah berlawanan tidak menjadi silau, terutama kendaraan yang setelan lampunya tinggi atau pakai hibeam, jadinya kendaraan-kendaraan lainnya kita bisa lihat lebih jelas karena mata tidak silau. Jalan maju dan melihat kendaraan di sebrang yang berlawanan rada aneh juga, seakan-akan semua kendaraan tersebut pakai lampu kuning, bahkan yang sinarnya putih pun jadi kuning.... mayan nih karena biasanya sinar putih rada glare di kaca yang kotor. Mau foto, susah bener.....Coba liat orang-orang yang kurang sinarnya, sepertinya perbedaannya ga banyak.
Test hari kedua malam hari pas hujan, wow bener-bener mantep kali ini, ternyata sinar dari mobil-mobil laen yang jatuh ke cat mobil di depan memantulkan sinar yang agak mengganggu, baru kerasa waktu tes lepas pasang kacamata ini. Sewaktu kacamata dikenakan, pantulan sinar dari cat mobil-mobil di depan tidak mengganggu sama sekali sehingga mata bisa menangkap obyek gambar lainnya dengan lebih jelas. Glare di kaca yang basah juga sangat tereduksi.
Test hari-hari berikutnya makin berasa enak ini kacamata, coba pas macet-macetan liat orang yang berjualan di kaki lima, test lepas pasang, jadinya bisa lebih terlihat detil obyek yang dilihat meski tidak terlalu banyak bedanya. Test di perumahan yang suasana kurang pencahayaan, liat tanaman di samping ternyata dengan memakai kacamata lebih terlihat detail daunnya, sedangkan bila tanpa kacamata terlihat seperti gerombolan daun saja (Detail daun maksudnya lebih terlihat daun per daun bukan sampai liat serat daun seperti kalau kalau siang hari, ini jalan pelan di perumahan dan obyek jauhnya 3-5 meter aja).
Lagi-lagi di U Turn yang padat, bener-bener terbantukan dengan kacamata ini karena menurunkan "silau". Di-dim dari belakang pun hanya terasa suasana lebih terang tapi tidak silau dari pantulan kaca spion hehehehehe. Obyek-obyek terasa lebih kuning, sedikit membantu untuk lebih terlihat terutama dikala hujan.
Kelemahan seperti Day Vision, yaitu terasa sakit di atas telinga kiri.

regards,
singachu

Comments
0 Comments
Google+ :

0 comments:

Poskan Komentar