Selasa, 27 Mei 2014

DIY : upgrade rem cakram depan Innova dengan brake set R32

 gambar 1 - rotor R32 dengan tambah center ring
http://otodiy.blogspot.com
Hola Agan2 semua....
Newbie mw share DIY pasang rotor & kaliper R32....Sebelumnya, thanks to Agan Willy Oey yang teleh nawarin racun R32 dan ane dengan senang hati negak nih racun.....
Persiapan awal, kita bikin dulu center ring supaya rotor ndak bergetar ketika di rem pada kecepatan tinggi. Hal ini karena center hole diameter rotor R32 lebih besar dari OEM punya yang hanya 62 mm. For info, ane bikin center ring di salah satu bengkel bubut Sar*n*nd* di daerah fatmawati. Penampakan center ring yg telah terpasang di rotor standard R32 terlihat di gambar 1.


Then, kita mulai dah DIY na.....
Kita siapkan bahan2 nya dulu.... (Emangnya bikin kue....)

1) Brake pad baru yg telah dimilling +-2mm, kebetulan brake pad bisa pakai 42ner punya, jadi gk bakal sulit untuk nyarinya di pasaran.
Pkknya pasti plek sama dan tinggal tempel ajah gan....
2) Brake fluid, untuk nambah karena nanti harus buang angin yg terjebak di kaliper baru.
3) Ring 17 buat ganjel antara dudukan kaliper dan kalipernya. Ring ini diperlukan karena offset dari rotor R32 lebih rendah dibanding dgn rotor OEM.
4) Selang kecil transparan, sebagai saluran brake fluid ketika buang angin di kaliper dan supaya brake fluid gak tercecer dan dikhawatirkan akan merusak part lain terutama cat kaliper. Karena sifat brake fluid yg dapat merusak cat.
5) Kaliper & rotor R32 (ya iyalah, wong yg mw dipasang kan ituh....).

Langkah awal, kita bongkar dulu ban depan. Ane yakin Agan2 semua paham untuk hal ini.
Then, bongkar kaliper OEM na. Bisa dilihat disini.... : (Om thedatto, ane pinjem yah....)
Setelah selesai bongkar kaliper dan rotor OEM (brake line / selang rem jgn dulu di copot yah supaya brake fluid gk tercecer), baru dah kita pasang rotor & kaliper R32 nya..., tapi sebelumnya kita assembly dulu yah brake pad 42ner yg telah dimilling td ke kaliper R32 nya.....
Note : posisi niple pembuangan harus berada diatas, awas terbalik yah kaliper kanan dan kirinya....
Berikut penampakannya Gan....
  gambar 2
   gambar 3
   gambar 4
   gambar 5 
    gambar 6
    gambar 7
    gambar 8
    gambar 9
    gambar 10
    gambar 11
   gambar 12 
Jangan Lupa ring 17 nya dipasang Gan....
 gambar 13 - pasang ring 17 nya
Pasang dan kencengin dah baut 17 na....
Ring terpasang diantara dudukan kaliper dan kalipernya...
gambar 14 - tambahan ganjal ring
panah hijau = kaliper R32, panah merah = dudukan kaliper.
then copot brake line / selang rem dari kaliper OEM dan lansung pasang ke kaliper R32.
Oh ya, ane lupa. Siapkan juga ring 14 (4 biji) utk dipasang di baut brake line nya. Soale klo gk dikasih ring ini, baut bakal mentok dan ndak bisa kencang nanti brake line nya (bocor) 
 gambar 15 - di sini juga dipasnag ring
Panah hijau menunjukkan ring 14 yg ane maksud Gan....

Setelah beres..., kita mulai buang angin nya dah...
Dalam hal ini kita perlu bantuan org lain..., sebab harus ada yg mompa pedal rem Gan....
 gambar 16 - selang untuk bleeding
panah hijau menunjukkan selang kecil transparan yg ane maksud di point 4).....
 gambar 17 - masukkan ke botol
Tadahin pakai botol bekas....

Buang angin sambil buang sisa brake fluid yg tertinggal di kaliper sampai brake fluid yg keluar benar2 bening dan tidak ada gelembung di selang transparan tadi.

Done....

Pasang kembali dah ban nya....(Oh ya, disarankan menggunakan velg min. ring 17")
 gambar 18 - pakai ring 17 inch
Pakai velg OEM mentok Gan....
gambar 19 - velg OEM 15 inch mentok di caliper rem
Lakukan langkah yg sama untuk roda bagian kanan....

Sekian dari ane Gan....

Bravo KIOC.....
280mm utk diameter masuk ke 15" klo pakai velg std 15" tinggal bikin spacer ajah.....
Setelah upgrade R32, jarak pengereman jd lebih pendek dan makin pd klo injek pedal gas.. ipah yg "350hp".
Recomended dah nih R32..., utk kelas rem murmer....hehehe

Regard
LoenLou
sumber : kaskus KIOC

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar