DIY : tambahan lampu kabin belakang Wagon R {sufadly}

gambar 1 - result
http://otodiy.blogspot.com
Permisi om momod dan para wagoners,
Ane mau cerita dikit ni setelah sukses memasang tambahan lampu kabin belakang. Berawal dari kebutuhan penerangan di ruang belakang dan bagasi serta tidak adanya agenda untuk Long Weekend , ane manfaatin buat hunting keperluan memasang lampu yang sudah direncanakan sejak lama. Kebetulan lagi maen ke rumah ortu di petukangan ciledug, jadi Ane mampir ke BTS Bintaro, perlengkapan onderdil mobil di Bintaro. 
Awalnya ane rencana nyari ini : click here

Setelah keliling-keliling dan yang dicari ga ketemu, tanpa sengaja ane liat lampu kotak yang menurut ane pas banget, tapi setelah diperhatiin belakangnya, kemungkinan ane pasti harus nyoak plafon (salah satu syarat yg tidak boleh dilakukan sebelumnya), dan harganya Rp125 ribu. Kata pedagangnya, itu lampu plafon Avanza/xenia baru (Veloz). Singkat cerita ane jadinya ambil di toko khusus TOYOTA, dapet harga Rp90 ribu. Kebetulan mobil ane parkir deket toko ini, niatnya cuma mau nyocokin warnanya dengan plafon, dan mengira-ngira letaknya, pas ngintip di plafon belakang, ane liat kok lekukan dan kontur platnya seperti dudukan sesuatu. Karena pesanaran ane buka kunci klik plafon supaya bisa lebih jelas, ternyata bagian belakang lampu punya avanza ini sama persis dengan plat dudukan itu, ane coba masukin pas banget. 

Ini lampu kabin avanza Veloz: (Update: ternyata lampu Kabin/flafon belakang Suzuki Ertiga Juga sama seperti ini, tapi harga lebih murah, hanya Rp48.800 ). 
 gambar 2
Ini dudukan yang ane maksud:
 gambar 3
Keterangan gambar 3: 

Foto 1: Letak plat dudukan lampu di ujung belakang plafon. Cara liat buka karet bagian atas pada pintu bagasi, lepas dua klip yang ada di plafon belakang dengan cara di cabut, setelah itu tarik plafon ke bawah maka akan terlihat.
Foto 2: Penampakan pelat ruang lampu seperti lampu kabin depan, terdapat lubang kecil untuk celah masuk kabel.
Foto 3: Instalasi Kabel, tarik dari depan masuk ke lubang kecil seperti gambar, alat bantu ane pake kabel rem sepeda belakang. (detail bagian ini ane ikutin ini)
 gambar 4
Kebutuhan kabel ane pake 3 warna (hitam, merah, dan kuning) masing-masing panjang 2 meter (ternyata kurang, minimal dua meter setengah) dan tiga sekun massa ditambah slongsong bakar agar tidak saling bersentuhan skumnya, bisa juga pake solatif. Untuk soal kelistikan ini sebetulnya ane ga ngerti, tapi karena di sana ada toko khusus kelistrikan jadi ane minta di buatin setelan kabel, permeter Rp5 ribu, total habis Rp35 ribu untuk perkabelan.
 gambar 5
Foto 4 (gambar 3): Bolongin plafon tepat di bawah gambar 1-3. Mengikuti polanya saja, sudah tepat di tengah-tengah jadi tidak perlu khawatir centring atau tidaknya. Tapi, sejujurnya pas tahap inilah ane dagdigdug ser, salah-salah bisa beli plafon baru, dan paling berat resikonya ngadepin "Bendahara", he he he 
 gambar 6

Fungsi seperti lampu kabin depan, ikut pintu, dan bisa on/off.
gambar 7
*Awalnya pake lampu cabe bawaan 10 watt, terus ane ganti pake LED 3 watt. Hasilnya, bangku belakang dan kabin terang benderang saat dibutuhkan.

Ini projek modal nekad (modal duit Rp125 ribu ;>, soalnya ane ga paham kelistrikan, sempet erro, Lampu dan audio mati, putus sikring gara-gara ane eksperimen jalur, padahal tips dari gevarasyarif sudah jelas. Thanks om Gev, sdh nerima telponnya dan menelpon balik untuk menerima konsultasi. 

Demikian reportase ane, sorry kalo kepanjangan ceritanya.

Salam,
by sufadly
sumber : kaskus karimun Wagon R

Comments

most read in a week

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF