Selasa, 05 Juli 2016

DIY : Pasang sendiri foglamp Universal di mirage {manda.90}

 gambar 1 - bahan
http://otodiy.blogspot.com
Berawal dari tutup foglamp mirage ane yang hilang sebelah dan kaga enak buat diliat, akhirnya ane cari2 cara buat nutupinnya udah cari dmana2 ternyata ga ada yang jual tutupnya aja alias itu bersatu dengan bemper hadeuhhh 
iseng tanya2 harga foglamp mirage ternyata cukup mahal juga, untuk yg kw di kota ane dikenai biaya 600 - 900 (blum termasuk biaya pasang) dan 2jt untuk yg original diberes.
tanpa sengaja pas lg jalan2 ke borma swalayan ga taunya nemu foglamp universal ntah buat apa tp yg pasti ukuranya pas dengan lubang foglamp mirage (8cm/3") singkat kata ane beli deh sekalian sama perlengkapan lainya. berikut ini alat yg dibutuhin beserta harganya

1. foglamp universal 55watt Rp. 45.000 sepasang kanan kiri
2. switch foglamp universal Rp. 19.500
3. relay + soket Rp. 20.000
4. Rumah Fuse/sikring Rp. 5.000
5. Skur kabel + Terminal bulat + bungkus Rp. 10.000
6. Kabel 10 Meter ane beli 3 warna hijau(2m),putih(4m),hitam(4m) Rp. 15.000
7. plat besi bolong2 3 plat 10.000
8. lem bakar (optional) Rp. .2000
9. isolasi hitam untuk kabel Rp. 5.000
10. sekrup kecil 10pcs Rp. 5.000
11.. kantong plastik/kresek Rp. 200

Total yang dibeli Rp. 136.700

ini tool yg dibutuhun selama pemasangan
- obeng +
- obeng -
- Tang besar
- Kunci T 10
- Gunting

berikut penampakanya gan maaf ga kepotoin semua  (gambar 1)

foglampnya lumayan bagus diharga yang sangat murah, bahan bagian depan dari kaca tebal bagian reflektor dan belakang dari besi jd ga takut meleleh karena panas. ada 2 warna kaca bening dan kaca kuning, ane pilih yang kaca bening karena biar lampunya bisa ganti2 warna. jenis lampu yang digunakan adalah H3 12volt / 55 Watt

Ok selanjutnya kita langsung kepemasangan, tp sebelum dipasang kita gambar dulu wiring diagramnya biar ga bingung ngatur kabel2nya pas proses pemasangan.
 gambar 2 - wiring diagram
klo udah digambar dan dipastikan ga ada yang salah kita lanjut kepemasangan berikutnya, ane duluin dulu dari bagian dalam yaitu pasang switch untuk on/off foglampnya

pertama buka cover dibawah setir, ada dua baut yang mesti dibuka dengan obeng +, klo udah dibuka tinggal ditarik aja pelan2 sampe lepas semuanya
gambar 3 - buka cover bawah
setelah itu pasang switchnya di slot yang kosong bebas mau diposisi yg mana saja.
gambar 4 - switching foglamp
switch udah terpasang dengan baik kita pasang kabel2nya, disini ane memilih ambil dari lampu seri jadi foglamp hanya bisa dinyalakan jika lampu seri nyalakan, tp bisa juga ngambil dari kunci kontak jd klo kunci dionkan foglamp bisa dinyalakan tanpa harus menyalakan lampu seri cuma ane orangnya suka lupa matiin lampu ntar bisa2 nyala pas dipake siang hari karna lupa ga dimatiin.

kabel yang menuju lampu seri posisinya ada di belakang laci sebelah kiri disoket baris ke dua, coba agan buka dan liat lacinya disebelah kiri ada serangkaian kabel nah disana ada yang menuju lampu seri, kabelnya jangan dipotong cukup di cangkok aja dan jangan lupa tutup dengan 
gambar 5 - posisi kabel lampu seri
selanjutnya tinggal pasang kabel ke switch jangan lupa kabelnya kasih skur/terminal dulu biar gampang klo cabut pasang. seharusnya klo pemasangan benar lampu di switch akan nyala klo switcnya ditekan, dan 1 lagi ada 1 kabel dari switch yg harus dilewatkan ke firewall lewat karet kabel bawaan. jika bagian dalam selsai tutup lg covernya biar ga brantakan, karena setelah ini kita akan mengerjakan bagian luar. 
 gambar 6 - switch berfungsi
kabel (warna hijau)yang dilewatkan ke firewall melalui karet
gambar 7 - kabel menuju ruang mesin
sekarang tinggal pasang relaynya beserta kabel2 yang nantinya menuju foglamp, untuk relay sebenernya bisa ditempatkan dibalik desboard tp jika relay disimpan didalam harus ada paling tidak 2 kabel yg dilewatkan ke firewall tp ane lebih memilih diluar selain gampang dalam pemasangan juga lebih mudah dikontrol jika ada kerusakan.
 gambar 8 - posisi relay
sekarang tinggal pasang foglampnya, tp pasang foglamp itu mau tidak mau harus melepas bemper tp tenang aja karena bemper mirage ini sangat gampang sekali untuk di lepas karena lebih banyak menggunakan kancing plastik dari pada baut. untuk melepasnya kita harus membuka kancingnya 1/1 dengan total 3 disamping kanan, 3 disamping kiri, dan 7 dibagian bawah. untuk baut 2 dibagian depan tepatnya di grill bawaha dan 4 dibagian atas dengan menggunakan kunci T 10. maaf tidak sempat memfoto untuk bagian ini. tp jika semuanya sudah terlepas baik kancing atau baut bemper sangat mudah sekali untuk dilepas tinggal tarik bagian kanan dan kiri lalu akan lepas dengan sendirinya.

ini proses pemasangan foglamp disini membutuhkan keterampilan agan2 dalam membuat dudukan. foglamp untuk mirage memiliki 3 lubang baut yang bisa kita manfaatkan.
 gambar 9 - pasang foglamp
disini ane membuat braket dari plat bolong2 masing2 membutuhkan 1 1/2 plat bolong2 dan 3 sekrup kecil, jd untuk kanan dan kiri membutuhkan 3 plat bolong dan 6 sekrup kecil. disini ane tambahkan juga lem bakar disekelilingnya untuk memperkuat foglam agar tidak goyang2 yang disebabakan oleh getaran dari mesin atau jalanan jelek.
 gambar 10 - terpasang
jika sudah terpasang kanan dan kiri dan sudah dipastikan kuat tidak longgar sekarang tinggal pasang lagi bempernya dan jangan lupa sambungkan masing2 foglamp dengan kabel yang sudah kita sediakan tadi, gunakan soket/skur kabel untuk mempermudah proses cabut pasang jangan lupa juga dibungkus dengan isolasi hitam berhubung posisinya dibawah jd pasti rentan terkena air.
 gambar 11 - pasang kembali bumper
 gambar 12 - test nyala
sekarang kita tes nyala dimalam hari hehe
 gambar 13 - foglamp only
 gambar 14 - Headlamp only
gambar 15 - Headlamp + Foglamp
Gimana gan dengan dana kurang dari 150.000 Cukup lumayan kan ?

Saran dari ane sebelum foglampnya dipasang tes dulu masukin kedalam air jika ada bocor atau rembes agan bisa kasih lem auto sealer dibagian yang bocor/rembes. karena jika ada lubang udara pasti nantinya akan berembun dibagian dalam atau malahan bisa jadi ada genangan air didalam lampu saat melintasi jalanan banjir.

pesangan foglamp ini tidak merusak dudukan bawaan aslinya jadi jika suatu saat ingin mengganti dengan yang asli tinggal dilepas saja.
di mirage ane sudah ada kabel2 untuk foglamp bawaan dari pabrik, tp saat ane tes ternyata tidak berfungsi mungkin membutuhkan pengaktifan dari Etacsnya.

Semoga bermanfaaat maaf bila ada salah2 kata hehe 

by manda.90
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar