{ivandi89} Review K&N, JFC replacement air filter pada livina

sumber : kaskus
agan2 di sini, ane mao ksh review tntang air filter replacement. review ane usahakan seobjektif mungkin tanpa pro ke 1 produk saja. so far ane ud coba 2 merk utk livina, yaitu k&n dan jfc.

 
gambar 1 - k&n (ud pk 30000km), jfc (baru), standar (baru)

JFC
1. secara fisik, cetakanny agak miring2 dan karetny lebih keras dibanding k&n.
2. pertama kali buka ada kyk sisa2 benang gt di permukaan filter, jd perlu dibersihin dulu pake kuas.
3. ndot2an berkurang jauh (untuk transmisi manual).
4. tarikan sedikit lebih enteng dibanding filter standar.
5. worth the money, harga 3x dr filter standar tp bisa dicuci & dipake ulang.


K&N
1. secara fisik cetakanny rapi, gk miring2, karetny elastis, bersih gk ada bekas benang kyk di jfc.
2. ndot2an berkurang jauh. (untuk transmisi manual)
3. tarikan lebih enteng dr jfc (terutama di rpm bawah), torsiny lebih terasa terutama pas tanjakan.
4. di rpm deket2 redline ada efek suara "ngiiiiiiing"....keren boo.
5. termasuk mahal, harga 7xny filter standar tp bisa dicuci & dipake ulang.

kesimpulan:
1. jika hanya ingin menghilangkan ndot2an, ambil jfc. menurut ane filter ini lebih worth it dibanding filter standar, krn bisa dicuci & dipake ulang. ud gt anda dpt peningkatan performa mesin dibanding menggunakan filter standar.
2. jika anda suka ngebut & perfeksionis, ambil k&n. cetakan filter rapi, karetny elastis, material penangkap debuny jg gk berantakan seratny, secara fisik seh meyakinkan, dan ini filter paling enak deh buat livina (menurut tmn ane).....sayang hrgany mahal.
3. untuk konsumsi bbm, perbedaan tidaklah signifikan diantara k&n & jfc. namun dari filter standar berbeda 1km/lt pada kondisi tes yg ane lakukan (rute kombinasi tol & urban).

tips utk pemakai filter cotton gauze based :
1. pembersihan tidak harus mengikuti saran pabrikan. jika ud berasa gk enak, sebaikny langsung dibersihkan menggunakan pembersihnya. ane sendiri pake di dalkot jakarta bersihin di 5000km. temen ane yg suka ke proyek bersihin di 2500km sekali.
2. proses pembersihan jangan menggunakan air dan angin bertekanan tinggi (angin kompressor). cukup pake aliran air keran aja. karena kalau terlalu keras, bisa merusak cotton gauzeny itu sendiri.
3. pemberian oli jangan berlebihan (sampe basah & luber). selain pemborosan, udara juga jd sulit melewati filter. ujung2ny konsumsi bbm jd lbh boros.

semoga membantu
by ivandi89

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin