NDSIII (OBD software Nissan XTrail T32) on Head Unit Android {pejrink}

gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
Akhirnya berhasil juga.. cuman memang penuh perjuangan..

Lumayan bisa bikin agak keren dalem kabin kalo pas malem..



 gambar 2 - Pairing bluetooth lancar
 gambar 3 - NDSIII bisa connect ke OBD2 ELM327 v1.5 adapter
 gambar 4 - Dash display
gambar 5 - Sensor display
----
Cerita sebelumnya :
Td malem iseng mainan ELM327 v1.5 bluetooth di T32.. bluetooth bisa connect ke henpon.. tapi ke bluetooth-nya HU android v4.2.2 cuman bisa ke-detect tapi enggak bisa connect.. pusing.. coba googling, ternyata banyak banget yg pusing masalah ini, dan blm ketemu solusinya..
Lanjut setting di henpon (Galaxy A7).. install Torque Pro.. bisa connect.. tapi enggak ada satupun display yg fungsi.. googling.. ternyata kudu install plug in-nya Advanced EX for Nissan.. kelar install plug in.. ternyata enggak ada opsi buat T32.. adanya Xtrail T31 (QR25DE) dan Rogue S35 (QR25DE).. coba pilih yg T31.. tetep ajah enggak ada display yg fungsi.
Coba install aplikasi lain DashCommand, eh lumayan bisa lancar jaya.. sayangnya opsi utk Nissan enggak ada.. adanya generik (All vehicles).. alhasil dari sekian banyak display yg ada.. hanya 3 yg fungsi, RPM, speed ama coolant temperature doang..
Barangkali ada yg sdh mainan ELM327 di T32? Mhn sharingnya ya. .

Problem di headunit android saya (MXTRON), bluetooth-nya ELM327 sudah bisa ke-detect, tapi enggak bisa pairing.. padahal udah masukin PIN code (1234).
Kalo via henpon, kelar masukin PIN code (1234), langsung muncul status paired.
Bingung.. apa ini problem di hardware, atau di firmware. Soalnya kalo baca di spek produk-nya dibilang sudah OBD2 adapter compatible. Sudah coba update pake firmware terakhir (Okt 2015) juga masih belum bisa pairing.
namanya juga usaha, Om.. ..
Ngubek2 di blackmart enggak nemu.. akhirnya beli yg full version tadi pagi...
Pe-er berikutnya, ngoprek bluetooth di headunit android, ELM327-nya udah bisa ke-detect, tapi enggak bisa pairing euy.. mosok sih harus connect pake henpon mulu.. 
Oia yg butuh NDSIII full version (free) bs download di blackmart.. td sore iseng sy upload di situ..
Jgn lupa, pake ELM327 adapter yg versi 1.5.. kalo perlu beli yg model ada switch on off-nya.. jadi enggak perlu sering2 cabut pasang dari port OBD2..
NDSIII itu Nissan Data Scan versi III di playstore-nya android, khusus buat mobil Nissan yg sdh menggunakan protocol CAN Bus System.. setara dengan versi BERES Nissan yg biasanya pake alat scanner Nissan Consult III.
Utk koneksi ke gadget android (henpon, tablet atau Head Unit) butuh alat yg namanya OBD2 ELM327 bluetooth dongle.. alat ini dicolokin ke port OBD2 yg ada di bawah setir.
Kmrn masalah sy ada di Head Unit android.. enggak bisa pairing ke ELM327.. kalo ke henpon mah lancar jaya.. ternyata memang ada bug di driver bluetooth-nya Head Unit.. cuman utk benerinnya, Head Unit android hrs di-root dulu.. biar bisa masuk ke root explorer..
Jadi ada 2 kerjaan yg kmrn hrs dilakuin..
1. Nge-root Head Unit
2. Benerin driver bluetooth
Yg ngabisin waktu itu pas mau nge-root, karena ternyata OS Head Unit yg sy punya (merk MXTRON a.k.a AVT) bukan Jellybean 4.1.1 asli, tapi udah dimodif seolah-olah jadi Jellybean 4.2.2. Dan modif ini yg sptnya bikin timbul masalah.

sumber : kaskus

Comments

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}