Press ganti hose baru untuk selang high pressure power steering Aerio

 gambar 1 - repair hose power steering
otodiy.blogspot.com
Setelah kejadian selang power steering Aerio bocor di hari minggu lalu, newbie putuskan untuk ganti hose / selang yang bocor, ganti sekalian selang yang panjang 50cm dan pendek 21cm di toko selang hidrolik SDA Indonesia jl Raden Saleh Surabaya seperti yang pernah newbie lakukan juga di 2016. Karena ada selang KW yang bisa sementara dipakai, jadi proses ganti hose bisa dilakukan tanpa bawa mobil ke sana, nitip dan sudah selesai dilakukan kamis 6 juli kemarin. Tinggal pasangnya nunggu hari sabtu.

 gambar 2 - selang SUNFLEX SAE J188 Type II, 3/8 inch
 gambar 3 - tanda cat supaya pemasangan pressisi dan selang tidak melintir
 gambar 4 - Nota
 gambar 5 - rincian Nota
Total Rp 319 rb, lebih murah dari penggantian lalu. Kalau diperhatikan beda merk selang-nya. Kalau yang lalu merk FitFlex kalau yang sekarang SunFlex. Ntah harga lebih murah karena diskon atau memang lebih murah terkait merk-nya.
Googling dikit.

 gambar 6 - SAE J188
 gambar 7 - SunFlex
gambar 8 - FitFlex

Kalau dilihat dari SAE J188 ada Type 1 dan Type 2. Kalau dilihat menyangkut diameter dalam dan luar, working pressure dan brust pressure, 2 ply syntetic fabrik, working temperatur dan max temperatur. Kalau dilihat-lihat sebelas dua belas saja antara kedua merk tersebut. No Worries. Hanya dari pengecatan lebih rapi yang lalu. No problem sih.

Selangnya sih lentur bener, untuk menekuk sampai terkait seperti gambar no 1 atau gambar 9 sangat mudah dan ringan karena selangnya benar-benar lentur. Lebih lentur dari orisinil, dan jauh lebih lentur daripada selang KW. Kalau dibanding Fit Flex newbie agak lupa feelingnya.

Selongsong selang yang lalu dipasang kembali :
 gambar 9 - siap dipasang dengan selongsong pelindung
Pagi hari mumpung mesin dingin, langsung dikerjakan. Kali ini tidak difoto-foto karena caranya sama dengan yang kemarin. Pagi tadi sudah dicek tidak ada rembes, dan tidak ada dengung seperti kalau pakai selang KW.
 gambar 10 - terpasang
 gambar 11 - terpasang
 gambar 12 - terpasang
Terlihat di gambar 12 beda dengan selang KW, tekukan sempurna tidak bergesekan dengan mesin.
gambar 13 - flare nut yang masuk ke steering rack
Cek-cek kering, tinggal pantau beberapa hari dengan tetap membawa cadangan oli power steering

regards,
singachu

Comments

most read in a week

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

DIY : pengencangan mur atas shockbreaker penyebab bunyi klotok-klotok

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}