T-Up aka Touch-Up Paint : Oles cat untuk baret dalam

Gambar 1 - T-Up Cat Oles

Gambar 2 - khusus Suzuki Aerio Hitam

Pembelian dah lama banget, di ACE Hardware, harga lupa-lupa ingat berkisar 45 - 60rb. Pastikan warna catnya sesuai dengan mobil, cocokan dengan label yang ada di bungkus kemasan (gambar 2). Cukup berguna untuk mengisi baret dalam di mobil yang mencapai cat mobil bukan hanya di lapisan clear coat.

Kalau menurut website T-Up :
T-Up adalah sintesa Nitrocellulose Acrylic Epoxy yang merupakan perpaduan bahan dasar original cat mobil dan epoxy (bahan dasar dempul).
Perpaduan ini menghasilkan komposisi kimiawi yang mampu menutup lecet/baret pada bodi mobil, yang dalam sekalipun, serta langsung memberinya warna sesuai warna original.
T-Up menyediakan lebih dari 100 warna original mobil2 produksi dalam negeri [CKD] dari tahun 1997 - sekarang.


Setelah baca-baca artikel di guidedetailing.com tentang cara apply Touch-Up Paint ini, newbie coba dengan cara manual pakai tangan hasilnya cukup memuaskan meski capek juga kalo ga pake mesin.

Gambar 3 - Kuas model kutek

Di tutupnya sudah ada kuas model kutek kuku, tapi terlalu besar, mending menggunakan tusuk gigi bambu dan manfaatkan daya kapilernya, tips dari guidedetailing.com

Gambar 4 - Petunjuk Penggunaan

Gambar 5 - Keterangan penggunaan di balik

Berikut isi petunjuknya :
BACA PETUNJUK / INSTRUKSI SEBELUM PEMAKAIAN !
Pastikan warna yang anda pilih telah sesuai dgn warna mobil anda. Yang harus diperhatikan adalah :
a. Merk mobil (Audi, Honda, Isuzu, Toyota, dll)
b. Type mobil (Accord, Corolla, Kijang, dll)
c. Tahun pembuatan (1992, 1993, 1997, dll)
d. Nama warna lengkap (Light Aqua Pearl, Smaragd Black, Dark Green Pearl Met, Biege Met, Formica Biege, dll)
e. Kode warna dr bawah kap mesin (FE 8-09932, 661-B36M, P534-8092, dll)

WARNA MENJADI BELANG BIASANYA DISEBABKAN OLEH PEMILIHAN WARNA YANG TIDAK TEPAT ! SELALU PILIH WARNA DENGAN TELITI !

1. Temukan Bagian yang baret / lecet
2. Pastikan mobil terjemur matahari
3. Bersihkan bagian yang akan dibersihkan dengan lap halus / kertas tissue (jangan pakai amplas !)
4. Ikuti instruksi lebih detail di halaman balik

Halaman balik :
Selain merusak keindahan dan keutuhan kendaraan, lecet dan baret pada bodi mobil akan menyebabkan karat dan korosi yang pada akhirnya menggerogoti seluruh permukaan metal pada kendaraan.

Tindakan preventif harus segera diambil untuk menghindari kerusakan pada bodi kendaraan yang lebih kronis. T-Up Automotive Paint merupakan solusi praktis dan satu-satunya yang mampu :
1. menghilangkan lecet/baret pada bodi kendaraan.
2. mencegah terjadinya proses pengkaratan dan korosi pada permukaan metal.
3. membuat kendaraan tampil mulus seperti baru kembali.

CARA PEMAKAIAN DAN APLIKASI
1. Temukan bagian kendaraan yang catnya terkelupas. [area cat terkelupas lebih dari 1mm2 sangat rentan terhadap proses korosi]
2. Bersihkan bagian kendaraan yang lecet dengan secarik kertas tissu atau lap bersih sehingga area lecet/baret tersebut bersih dari kotoran dan minyak.
3. Kocok Touch-Up Automotive Paint selama 1 menit dengan gerakan memutar sehingga campuran pigment, epoxy, metalik, dan solvent tercampur sempurna.
4. Parkir kendaraan di bawah sinar matahari langsung selama +/- 15 menit sampai bagian kendaraan yang akan dioles terasa hangat.
5. Oleskan sedikit dan secara hati-hati T-Up Automotive Paint ke bagian-bagian yang catnya terkelupas atau lecet saja. JANGAN TERLALU BERLEBIHAN !
6. Diamkan kendaraan di bawah terik sinar matahari selama sekitar 30 menit atau sampai lapisan T-Up yang baru dioles kering total. JANGAN MENJEMUR TERLALU LAMA KARENA AKAN SUSAH UNTUK DIPOLES!
7. Bagian yang baru dioles T-Up akan menimbulkan ketebalan, mengingat T-Up adalah cat semi dempul. Segera gunakan Wax atau Kit (Kuning) untuk memoles bagian tsb agar menjadi rata dan mulus seperti keadaan aslinya.
* Untuk tipe Polyurethane [PU], oleskan secara tipis sekali lapisan CLEAR COAT [BENING] di atas permukaan yang dipoles tsb. Kegunaan lapisan CLEAR COAT ini adalah untuk memberikan efek cemerlang partikel metalik dan lapisan extra anti gores.
8. Kini kendaraan anda tampak mulus kembali, tanpa adanya lecet/baret di bodi kendaraan.

MENGHILANGKAN LECET / BARET AKIBAT TERSEREMPET, CAT TERKELUPAS, BAHAN KIMIA, LONTARAN KERIKIL, DLL
MEMBUAT TAMPILAN BODI KEMBALI MULUS

regards,
singachu

Comments

  1. bos, untuk cat t-up paint nya masih tersedia nga kira2 sekarang d ACE HARDWARE???? dan harga nya barapaan, ya?????

    ReplyDelete
  2. silahkan dicek langsung ke ACE Hardware..... harga sekarang keknya ga sampe 100rb, sori ga terlalu memperhatikan.
    Jangan lupa cocokan merk mobil dan warna biar ga salah pilih warnanya

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  3. Gan, mohon info'y dimana produk tersebut bisa diperoleh?? apakah ada pelayanan transaksi jarak jauh, mengingat sy tinggal di Kendari - Sulawesi Tenggara.

    ReplyDelete
  4. Soal itu langsung kontak ACE Hardware aja om. Kalo mau cari-cari di penjual online ada juga, cuman dari yang aku tau keknya ACE lebih murah

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  5. Ane perlu warna Silver Purplish, di ace ga ada.
    Kudu cari kemana lagi yah?

    ReplyDelete
  6. FJB Kaskus pernah liat ada yang jual, cuman harganya lebih mahal.

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  7. warna wine red tuk xenia dah g masuk ..
    dan harganya 61.500
    ready di store ace mana aja

    ReplyDelete
  8. Bantu jawab disini, intinya silahkan cek ke store ace hardware terdekat, krn biasanya ada rak khusus didalam tokonya dan juga katalog warna dan indikator warnanya di tiap kemasannya, untuk mobil range 5thn kebakang should be no problem, krn rata2 mereka menyesuaikan dengan cat mobil keluaran terbaru..

    pengalaman pakai, kalau bisa jangan pakai kuas yang tersedia, tp belilah kuas lukis kecil yang ujungnya runcing, akan lebih mudah pada saat aplikasi..

    kalau warnanya sedikit beda ya wajar krn warna mobil baru dan mobil lama yg dikasih cat baru pasti belang kalau tidak oven..

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

DIY : pengencangan mur atas shockbreaker penyebab bunyi klotok-klotok

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}