Senin, 13 Mei 2013

DIY : Ganti Door Handle Chrome Grand Livina (bukan Chrome tempelan) {515635}

 gambar 1 - Door handle chrome


Ane mau share cara ganti handle pintu livina pakai yang chrome (gambar 1). Sebelumnya ane pake yang model tempelan (gambar 2), kekurangannya yg model tempel pas buka pintu kerasa tajam di tangan dan chromenya cepat luntur.

 gambar 2 - Chrome tempelan


Berikut langkah-langkah cara gantinya :

1. Alat yang diperlukan:

  • Tentu aja door handle chromenya (gambar 1), ane beli dari PT.Palugada (lihat di thread livina di kaskus)
  • Obeng minus / flat
  • Obeng Torx (obeng bintang) T30 (gambar3), kalau pakai yang model kunci socket pakai yg ukuran 3/8, karena ukuran ini udah ngepas banget sama lubang di pintunya, kalau pakai yang lebih besar dari ini ngga masuk ke lubang yang di pintu (gambar 4)



 gambar 3 - Obeng Torx
 gambar 4 - Size 3/8" sudah ngepress


2. Buka tutup karet yang ada di pintu, bisa dicongkel pakai kuku atau obeng minus. Langsung keliatan baut bintang, buka pakai obeng / kunci torx. Buka bautnya pelan-pelan, baut ngga usah dikeluarkan dari lubang, cukup dikendurkan dan tidak akan jatuh karena ada penahannya di dalam.


 gambar 5 - tutup karet
 gambar 6 - baut di dalam pintu


3. Setelah baut dikendurkan, handle bagian belakang bisa dilepas dengan mudah, cukup ditarik saja

 gambar 7 - Lepas Handle belakang

4. Setelah handle bagian belakang, lepas handle utama. Caranya cukup tarik handle (seperti saat kita buka pintu), sambil digeser ke belakang (lihat tanda panah gambar 8)

 gambar 8 - Tarik dan geser sesuai arah panah

5. Pasang handle chrome pengganti dengan cara memasukan bagian sesuai nomer, kemudian dorong searah tanda panah. Perhatikan juga posisi handle jangan terbalik antara pintu kiri dan kanan (lihat bagian yang dilingkari merah - gambar 9)

 gambar 9 - Pasang sesuai urutan no
 gambar 10 - geser seperti arah panah

6. Untuk handle bagian belakang, cover lama harus dilepas terlebih dahulu. Congkel klip penahan di bagian belakang menggunakan obeng minus/flat lalu dorong keatas.


 gambar 11 - klip penahan
 gambar 12 - setelah dicongkel

Setelah terlepas ganti covernya dengan yang chrome, pasang cover dengan posisi seperti di gambar lalu dorong ke bawah sampai terkunci oleh klip penahan (gambar 13)

 gambar 13 - masukkan ke handle chrome
Note: Khusus untuk pintu bagian driver yang ada lubang kunci, ganti cover dengan posisi handle menempel di pintu karena handlenya terhubung ke mekanisme kunci
 gambar 14 - khusus handle pintu driver yang ada kuncinya


7. Pasang handle bagian belakang ke pintu, caranya masukan dulu bagian belakang handle ke lubang di pintu, kemudian handle utama ditarik sedikit (seperti saat buka pintu) sampai menimpa handle bagian belakang


 gambar 15 - pasang handle belakang ke pintu
 gambar 16 - tarik handle utama sampai menimpa handle belakang

8. Selesai buat satu pintu...silahkan lakukan yg sama buat sisa 3 pintu yang lain
gambar 17 - hasilnya

by : 515635
sumber : kaskus

Comments
1 plus+

1 comments :

Poskan Komentar