Selasa, 05 Januari 2016

DIY : menambahkan fitur Audio via Bluetooth di Brio E {vw1303}

 gambar 1 - 
http://otodiy.blogspot.com
Buat saya, dan mungkin sebagian teman2 lain, kualitas audio head unit double DIN OEM JVC di Honda Brio E sudah cukup memadai, terutama setelah ketemu setelan loudness dan bass treble yang pas.
Kita pun dapat menggunakan fasilitas USB player dan AUX Line In. Namun sayang sekali belum ada fasilitas bluetooth. Dan buat saya, yang ingin memainkan musik dari smartphone, bluetooth yang absen ini cukup mengganggu. 
Di pasaran sudah banyak beredar (tokopedia.com, lazada.co.id, dll) receiver audio bluetooth yang dapat dihubungkan dengan AUX IN di head unit mobil kita. (gambar 1)

Beberapa minggu saya bertahan dengan set up seperti itu, tapi kemudian beberapa kekurangan berikut sangat mengganggu:

  1. Kable terlihat tidak rapi
  2. USB port tidak bisa digunakan, karena power dongle bluetooth ambil dari situ
  3. Tampak kurang rapi

Lalu saya punya ide untuk "menanam" dongle bluetooth di dalam head unit. Ruangan di dalam head unit double DIN masih banyak yang kosong, jadi saya yakin tidak ada masalah space untuk "menanam" dongle tersebut.


Langkah pertama, menelanjangi dongle bluetooth. Ada dua versi yang saya temui, keduanya dapat dibongkar dengan mudah.

 gambar 2 - Bluetooth dongle
 gambar 3 - isinya seperti ini
Langkah kedua, membongkar head unit Brio kita. Di forum ini ada tutorial untuk melepaskan dashboard dan mencabut head unit. Setelah head unit dapat dilepas, bukalah braket di samping kiri dan kanan. Lalu buka juga penahan bingkai di kiri kanan. Panel depan head unit (yang ada LCD dan tombol2) hanya diikat oleh dua baut kecil, satu di sisi kiri dan satu di kanan.

Sedikit update dari saya.

Waktu pertama kali melepas head unit di Brio, saya perlu lebih dari sepuluh menit untuk mencari cara melepas konektor-nya. Yang saya maksud konektor (warna abu-abu tua) yang berisi kabel speaker, power, dll, di sebelah kiri. Untuk konektor antena (warna putih, lebih kecil), yang di sebelah kanan, melepasnya sangat mudah.

Untuk menghemat waktu teman2 saya buatkan sketsa cara melepas konektor head unit Honda Brio.

 gambar 4 - tips melepas socket
Referensi buat yang pengin "nekat" bongkar head unit Tanya.PNG saya lampirkan foto2 dan keterangannya. Mudah2an membantu.. :
 gambar 5
 gambar 6
 gambar 7
 gambar 8

Lalu kita kembali ke dongle bluetooth kita. Selanjutnya kita solder sepasang kabel untuk catu 5V (yang diambil langsung dari head unit). Ada 4 jalur di dalam soket USB, jalur terluar adalah catu daya (+5v dan ground 0v), dua jalur di tengah adalah data. Kita hanya menggunakan dua jalur terluar. Di gambar di bawah ini kabel putih berstrip rapat (atas) ada +5v dan yang di bawahnya adalah 0v.

 gambar 9
Untuk singal audio, saya putuskan untuk memanfaatkan socket 3.5mm yang ada di dongle. Tetapi jack audio 3.5mm yang di ujung satunya saya potong untuk disolder langsung ke board head unit, yang berada di bagian belakang panel display.
 gambar 10 - titik penyambungan
Setelah disolder dengan baik, bungkuslah dongle dengan plastik heatshrink agar tidak terjadi hubungan pendek dengan board head unit.
gambar 11
Lalu gunakan perekat agar dongle diam di tempat.

Pasangkan kembali panel depan head unit, lalu braket kiri dan kanan. Sebelum dashboard dipasang kembali, cobalah untuk mengaktifkan head unit dan mencoba apakah dongle bluetooth bekerja dengan baik.

Selama head unit Honda Brio active, dongle bluetooth juga active dan kita harus memilih source AUX untuk mendengar audio yang dikeluarkan dari bluetooth dongle.

Selamat mencoba dan mudah2an ada manfaatnya..

Salam,
nyoman

by vw1303
sumber : HondaBrio.Org

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar