Klaim penggantian axle beam Suzuki Ertiga {Tomica}

 gambar 1 - axle beam yang bermasalah
Share dulu ah...
Buat semua nya, all member S3Rious’er perkenankan aq utk bercerita...(spt nya bakalan panjang nih, hihihi...)

Setelah pembelian unit di bulan Juli 2013 dan telah berjalan kurleb 14.000 km, maka sekitar 2 atau 3 bulan kebelakang, timbul bunyi², “teng” atau “teng²” (spt jualan besi bekas aja “tang.. teng.. tong..”, hehehe....)

Ini berawal dari R3 keluar dari apartemen atau spt mall (krn ada perbedaan ketinggian antara permukaan pelataran parkir dg jalan raya, tetapi permukaan jalan nya mulus)
Jalan perlahan, menurun miring, lalu datar. Begitu datar, terdengar bunyi “teng”

Atau ...


R3 keluar dari carport (antara carport dg jalan, pd umumnya terdapat perbedaan ketinggian)
R3 keluar dengan cara mundur, menurun miring, lalu datar, sesaat berhenti, lalu memindahkan tuas transmisi ke D, pas jalan maju, berbunyi “teng..”

Sama hal nya juga, pd saat aq ajak SA utk mendengarkan bunyi tsb, nanjak, lalu datar, berbunyi “teng ... teng..”, bunyi nya halus banget...

Seolah bunyi pelampung tanki bensin mau lepas aja...
Bukan spt hal nya rekan² S3Rious, kena poldur, terdengar banget....
Malah aq sempet coba di poldur, baik itu pelan atau cepat, ga kenapa²

Setelah 2-3 bulan berlangsung, pada hr Jumat tgl 21 Feb ’14 waktu mau ambil BPKB, kebetulan agak senggang, aq minta SA utk bareng duduk di dalem R3 ku mendengarkan suara tsb...
Hasil analisa : itu adalah bunyi drpd AXLE BEAM

Selasa, 25 Feb 2014, aq sudah dapat kabar klo sp.part axle beam sudah ada
Kamis, 27 Feb 2014, aq bergegas utk menuju ke beres
Langsung ditangani pk.8.15 krn sudah booking di tgl 25 Feb malam via email
Mulai 8.15 langsung ambil alat² kunci, bongkar², mereteli roda....

1. Bongkar roda belakang...dan rumah rem dari Axle Beam nya

 gambar 2 - Roda, rumah rem terlepas dari Axle
2. Foreman ambil 2 jack stand utk menopang axle beam, lalu bongkar sedikit fender belakang dg melepas kancing plastik fender, utk melepaskan Axle tsb
 gambar 3 - Axle terlepas dari dudukan chasis monocoque nya

Disini terlihat per Keong/Spiral pun sudah lepas.... (gambar 1)

3. Axle akan dipasang...
gambar 4 - pasang axle yang baru 

Tanya punya tanya dengan bbrp SA, sampai saat ini aq masih blm bisa terima ceritaan semua SA
SA1 bilang, Axle itu dibuat dari besi yg digepengkan lalu dilas, didalam nya ada las-an yg lepas semacam percikan nya atau lainnya...
SA2 bilang, Axle itu terkena momen puntir, jadi ada yg beradu...
Jd dengan penggantian yg baru (bentuk antara axle lama dg baru, ga ada beda) telah diperbaiki dari segi perhitungan nya dan yg mengerti itu di bagian produksi alias di dapur nya...
Dan salah satu SA bilang begini, sebetul nya axle berbunyi itu tidak mempengaruhi dari segi keselamatan akan tetapi hanya tidak enak utk didengar saja...

Disini yg aq tidak bisa terima adalah :
Awal mula R3 keluar dari dealer, ga ada bunyi²an yg aneh spt ini
Timbulnya bunyi²an spt hal tsb berarti ada perubahan :
yg semula hening menjadi berisik
semula aman menjadi mencurigakan
semula sempurna krn ada bunyi yg mencurigakan menjadi tidak sempurna
Perubahan ini berarti mjd satu warning
Bisa bunyi “teng..” berarti ada yg beradu diantara 2 logam.
Beradu ini, krn ada sesuatu yg LEPAS
Lepas ini berarti satu pertanda yg namanya FATIQUE METALURGI LOGAM
Koq bisa ya SA bilang klo ini aman² aja hny tidak enak didengar...

4. Setelah dipasang, aq baru ngeuh klo axle itu dibagian kolong nya melengkung mengikuti kontur punggung nya
gambar 5 - axle yang baru dari kolong
Pengerjaan axle nya cukup rapi...aq kira cuma besi holow tebal yg digepengkan jadi oval tp ternyata tidak...
Mengikuti permukaan atasnya..
Jadi atas nya cembung, di balik nya cekung...
Tp aneh juga sih...bisa bunyi²an gt, & pernah baca di S3Rious.com, ganti axle bisa sampe 4x, ngeri juga ya...serem...

Terus ada pula yg bilang, dari sesama pengguna R3 yg lg service, ini bisa juga dikarenakan pembuatan mobil utk kejar harga murah alias reduction cost...hadeuh....

Sekitar j.10an sudah beres....dan bawa keliling lalu pulang...
Stlh pulang, aq keluar rumah lagi malam hari..keluar dr carport sudah tidak ada bunyi²an lg...
AXLE BEAM Problem is CLEAR

Btw, mungkin dari rekan² S3Rious disini ada yg mau menambahkan, silahkan...
Jika ada yg kurang berkenan dg pengungkapan kata demi kata yg aq buat, silahkan dikritik saja....
Dengan senang hati, aq terima demi kebaikan seluruh penghuni S3Rious...

O ya... ada 1 lagi...betul² memalukan birokrasi di NJS Bandung...
Setelah aq terima pemberitahuan klo sp.part axle sudah ready
SA bilang jangan lama² dari sejak pemberitahuan, jangan lebih dari seminggu sbb part ini byk yg butuhin
Sebetul nya aq pun tau, tp krn posisi ku bolak balik Jkt Bdg, jd sebetulnya ga bisa cepet² aq balik ke bandung...yg pasti balik ke Bdg, krn aq juga tau sudah dipesan kan
Hny saja SA memberitahu klo lebih dr 1 minggu, Axle nya keburu dipake sama yg lain
Cm aq agak aneh aja...stlh dibuatkan utk klaim garansi, aq diminta STNK utk di fotocopy.. beserta buku service nya...
Yg kepikiran nya...apa fungsi FC STNK & Buku Service, klo Axle nya dioper ke unit lain....
Betul² birokrasi NJS Bandung, parah....
Ditanya ke SA nya malah banyak alasan, krn bagian gudang nya main ambil gitu aja....cape deh...koq ga ada koordinasi dlm 1 atap
Mungkin klo ada petinggi NJS Bandung yg bisa baca keluhan ini...harap diperbaiki saja...
Klo perlu bukti, aq boleh utk dipanggil utk kesaksian nya
Trims ya telah diberi kesempatan utk bercerita panjang di thread ini...
Thx for all

by Tomica
sumber : whatsapp dan kaskus

Comments

  1. akan ada banyak masalah jika kita tidak bisa membuat kesimpulan dalam Mobilio vs Ertiga

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin