Ganti klakson Mitsubishi Xpander dengan klakson keong {Yuli Purwanto}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Ganti klakson memang harus bongkar bumper. Haduh, repot memang. Tp cepat jg sih prosesnya. Kerjain sendiri bongkar pasang ga sampe 2 jam selesai 😂😂

Gampang kok bongkarnya. Cuma lepas baut kancing, lepas lampu senja, sama beberapa baut 10.

Kalo dah dibuka semua kancing dan bautnya, tinggal tarik pelan2 dari ujung kiri atau kanan yg dekat roda. Setelah terbuka, lepas soket lampu kabut kiri kanan. Selesai, tinggal taruh ditempat aman bumper nya biar ga lecet.

 gambar 2 - klakson bawaan
Bawaannya cuma 1 biji aja kecil. Suaranya culun bgt 
 gambar 3 - bumper
 gambar 4 - klakson keong
gambar 5
Klakson 250rb, relay 50rb Om. Si bukalapak atau toped banyak kok

Ya memang ribet tuh Xpander kalo ganti klakson. Td saya coba ngolong jg ga ada celah yg cukup untuk masukin klakson keong. Jadi ya nekad aja bongkar bumper. Dan ternyata gampang aja. Semua cuma sistem kancing, baut dan klip. Yg penting hati2 aja sih biar ga ada yg patah atau kabel putus.

Baut 10 lampu senja ada 3 biji per lampu. Kalo kanan kiri brarti ada 6.
Baut 10 warna hitam di bawah plat nomor ada 2.
Baut kancing banyak bgt, ga sempat hitung kmrn. Tp kliatan semua kok. Kecuali ada 1 baut kancing yg dikolong ban bagian atas agak sembunyi ga kliatan. Kliatan klo dilongok dari bawah.
Baut kancing ada 3 model. Di Ingat2 aja posisinya biar ga ketukar. Kalo perlu difoto biar ga lupa.

by Yuli Purwanto
sumber : facebook X-MOC

Comments

  1. pemasangan relaynya bagaimana om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya relay itu dari kabel klakson ori diambil untuk trigger relay, sedangkan relay ambil dari aki baru masuk ke klakson pengganti

      Delete
  2. apakah wajib pakai relay kalau ganti klakson?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga, bbrp mobil udah ada relay bawaan.

      Delete
    2. Yg paling simpel buat ngebedain wajib atau gak pakai relay adalah jumlah klakson bawaan pabrik...kalau 1 seperti xpander ini wajib pakai..kalau 2 ada high dan low tone maka boleh pakai atau tidak

      Delete

Post a Comment

most read in a week

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin