DIY : Membuat spacer support shock dengan CNC bahan Nylon, tinggikan aerio 3 cm {yanadhipra}

 gambar 1 - Spacer 30 mm dari bahan Nylon
otodiy.blogspot.com
Spacer shock 30 mm depan belakang... bikin sendiri.. bahan nylon casting.. bushing steel


video 1 - Gambar 3D Spacer
Belum dipasang..semoga lebih stiff dari pada spacer karet

 gambar 2 - hasil Spacer dengan CNC bahan Nilon

video 2 - hasil CNC Spacer dari bahan Nylon
Pengerjaan pake bubut CNC
Saya sdh buat drawingnya ntar kalau ada yang membutuhkan (video 1). 
PCD dah pas
Depan PCD lubang 133
belakang PCD 122 mm

Baut sama M8
Panjang baut asli 2cm.

Kalau spacer 3cm... berarti ganti baut 5cm  dst
Soalnya saya mau presisi... lubang baut shock 10mm... bushing saya bikin 9mm. Kalau PCD meleset gak masuk
saya udah ngukur baut shock...masih blm yakin...akhirnya beli dudukan shock...diukur lagi... salah 1 mm sih

 gambar 4 - jenis bahan
Ini jenis material plastiknya. Lokal disebut POM-C atau PA. Intinya nylon casting
gambar 5 - Saya pake reject an dari material ini
Ini buat pribadi aja sih om... ini material import singapur... Nylon Casting. 1 biji material udah 150-200rb.
Saya kalau gak ada reject an dan pas mesin nganggur ya mending beli karet 150rb dah dapat 2 😬

Nah... soal masang saya belum nih..besok rencana ke bengkel.
Baut penggantinya nya bisa dilas.. bisa pakai ribbed spring washer... bisa pake lock nut glue
Saya rencana pake aja yang Nut with nylon lock insert, Mur tapi dalamnya ada plastiknya..

gambar 6 - hasilnya

Udah dipasang om... depan belakang 5jari
Masih cukup nyaman... cuma feel jadi tinggi... lihat ban seperti kekecilan (195/60R15)
Desain ada yang salah... tadi musti ke bengkel ada yang perlu di modif dulu spacernya

Jadi supaya baut gak lepas dia pake double mur....

Baut asli dipukul...lepasin... trus baut 5 cm dipasang...dimur dulu ke support shock.... dipasang spacer baru terakhir mur lagi....

Nah mur pertama bikin spacer gak bisa flat mentok... lubang baut 10mm... di satu sisi dibor 15mm sedalam mur pertama
tambah coakan di salah satu sisi spacer... diameter 15 mm... dalam sekitar 8-10mm
harusnya steel bushing potong 10mm juga.... tapi td ngebor 15mm kurang presisi... jadi kuatir pake bushing malah ga center bautnya...akhirnya ga dipake steel bushingnya

Trus yg depan ga bisa spacer bulat... krn dr bawah ada mur buat dudukan wadah oli power steering ... jadi td gerinda dulu... depan bagusnya ngikutin bentuk support shock
Pokoknya ada lubang drat dr atas om di dekat lubang baut support shock... ada mur dilas ke body dari bawah...kanan kiri ada...entah buat baut apa itu ya...sepertinya gak kepakai

Belakang aman semua pake bundar bisa
Next time saya sempurnakan drawingnya
Sekarang lagi spooring
 gambar 7 - Before. Depan 17cm Ban 195/60R15
 gambar 8 - Before. Belakang 18cm
 gambar 9 - After. Depan 20cm
gambar 10 - After. Belakang 21cm. Ban sama 195/60R15
Before. Depan 17cm, After. 20cm. Ban 195/60R15
Before. Belakang 18cm, After. 21cm. Ban sama 195/60R15

 gambar 11 - Shock belakang dari bawah. Kalau yang depan ga kelihatan
 gambar 12 - Support spacer depan kiri
gambar 13 - Support spacer depan kanan
Bener-bener solid, spacer tebal 30mm hasilnya naik 3cm.
Ini yang saya mau. Kalau karet ragu saya. Tadinya mau yang plat besi yang om pernah kirimin... cuma belum sempat... dan musti pesen. Kebetulan yg nylon ini material ada...mesin ada..

Hasilnya : Kalau saya merasa masih enak aja tuh om
 gambar 14 - karet tatakan per atas bawah
Trus yang bunyi kretek2 intermiten pas belok... tak amati tadi ada 2 yang masalah :

  • Long tirod sedikit oblak...
  • Dan karet atas per sobek..

Ini tadi shock support semua tak ganti 4 4 nya pake KW.
Trus semua karet2 dudukan per atas bawah saya ganti juga ke 4 4 nya.
Kecuali bearing shock depan gak ganti karena ternyata masih bagus.
long tie rod di press, mereka check masih bisa diservice... saya oke in..
Bunyi2 sudah hilang

gambar 15 - pembelian part

gambar 16 - pembelian part


karet tatakan per pas tapi agak keras...kaku...KW30rb an... kmrn cuma ada 3. Aku tadi beli di cikarang...1 doang 80rb... SGP... bentuknya sama... tp yg sgp lebih elastis... empuk kenyal...
Nek support shock belakang masih bagussss banget sgpnya. Cuma kotor debu doang...

gambar 17 - jasa
Ya wis... begitu sharingnya om... kalau ada perkembangan tak update.
Selamat menyambut liburan..

by yanadhipra
sumber : WA

Comments

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

cara parkir dengan transmisi netral di Honda HRV matic {gun2016}

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova