DIY : bongkar pasang rear upper spoiler Aerio old model

 gambar 1 - rear upper spoiler aerio
otodiy.blogspot.com
Sebenernya dah lama sih pingin melepas rear upper spoiler Aerio.
Pertama karena baut yang kanan (panah orange di gambar 1) udah lepas, penutupnya hilang juga. Udah beberapa kali coba perbaiki, ganti sekrup pasang tambahan pengait tapi lepas terus. Kesulitan pasang plastik pengait ke body kalau spoiler masih terpasang.
Eh yang baut sebelah kiri juga lepas, setelah diintip karena termakan karat. Udah coba lepasin tapi gagal melulu.
Kedua karena udah buluk, permukaan spoiler udah kasar, pingin di repaint atau tempel sticker carbon.
Tanya-tanya belum ada yang pernah lepas, sampai di WA group dikasih tau cek di eparts, iya yah ga kepikiran, liat di eparts (gambar 1) hmmm sepertinya ada sekrup di sana (panah kuning).

 gambar 2
Balik ke mobil, hmm sepertinya dua panah kuning itu letak mur yang tertera di eparts, congkel penutup plastiknya.
 gambar 3 - mur di dalam, dengan baut tanam panjang 5 cm
Penampakan baut sudah hitam macam karet, karena kena semprot anti karat dari ziebart, dicoba diraba halus ga krasa drat bautnya. Kalau ga liat epart sempet ga yakin kalau ini baut.
 gambar 4 - coba ukur panjang bautnya pakai obeng..... ternyata 5 cm
 gambar 5 - kunci T deep.
Coba pakai kunci T yang dipunyai, ternyata mentok ama bautnya, ga nyampai ke mur yang di dalam. Ukur kedalaman lubang ternyata cuman 3 cm aja jadi kurang deep.
Sepertinya harus pakai deep socket ini, masalahnya ga punya dan lagi blom yakin dengan ukuran mur nya.
 gambar 6 - test dengan kunci sok 10 mm drive 1/2 inch
Coba pakai kunci sok 10 mm drive 1/2 inch, ternyata mentok ama besar lubangnya, ga bisa masuk.
 gambar 7 - coba lagi pakai drive 1/4 inch
Coba lagi pakai kunci sok 1/4 inch, bisa masuk (gambar 7), terlihat ada kelebihan baut yang nongol nembus kunci soknya jadi gagang sok ga bisa dipasang. Coba dirasakan dan test pakai kunci 10 mm dan kunci 8 mm, lebih pas yang kunci 10 mm ternyata, brarti fixed mur ukuran kunci 10 mm.
 gambar 8 - ukuran 10 mm drive 1/4 inch
 gambar 9 - ilustrasinya, panjang bautnya 5 cm
Gambar 9 - ilustrasi panjang baut 5 cm, dengan posisi kunci kalau bisa menyentuh murnya. Panah itu kedalaman lubang kunci T hitam. 
Sempet test juga dengan kunci 10 mm drive 3/8 inch, bisa masuk juga ke lubang dengan pas. Brarti bisa pakai drive 1/4 inch atau 3/8 inch, kunci no 10 mm, kedalaman lubang 5 cm.
 gambar 10 - coba liat-liat di olshop
Coba liat-liat di online shop, tapi blom tentu tokonya dah buka dan ready. Ok noted harganya.
Siangnya anak-anak ajak main ke PTC surabaya, sambil nunggu mereka main, eh kok kepikir liat di ACE hardware, iseng deh toh ada perbandingan harganya.
 gambar 11 - Deep Socket 6 point 10 mm
Nah nemu nih, cuman sepertinya kedalamannya ga sepanjang yang di olshop, gpp deh buat nambah koleksi kunci juga hehehehe, sayang ukurannya ga lengkap ada yang kosong ukuran 14 mm dan 8 mm, sekalian beli :)
 gambar 12 - pakai deep socket 10 mm drive 3/8 inch
Besoknya coba test kunci yang baru, keputer dengan lancar, ga berat ternyata, kirain bakalan seret karena belom pernah dilepas dan dratnya ketutupan anti karat.
 gambar 13 - mur nya, rada ketutup anti karat
 gambar 14 - spoiler sudah terlepas
 gambar 15 - ini bagian bawah rear upper spoilernya
  • Panah orange itu baut tanam yang mur nya barusan dilepas pakai deep socket
  • Panah biru ini seharusnya dilepas juga mur-nya dengan cara congkel penutup dari luar, berhubung dua-duanya memang sudah patah jadi ga dilakukan step itu.
  • Panah kuning itu kuncian plastik tinggal cabut aja spoilernya ke arah atas, asal yang panah orange dan biru udah lepas, bisa terlepas. Kalaupun masih agak susah kemungkinan karena ada double tape yang mungkin masih nempel.
  • O ya jangan lupa masih ada kabel listrik untuk lampu rem di spoiler, tarik hati-hati dan lepas socketnya, socketnya awalnya ketutup ama spons jadi mesti di buka juga.
  • Untuk semprotan air wiper belakang ternyata nempelnya di pintu bagasi, bukan di spoiler, jadi selang yang nempel ke nossle semprotan belakang ga perlu dicabut.

Dari sini sebenernya bisa disimpulkan meskipun baut yang panah biru lepas dan sudah menganga, masih ada 2 baut tanam lagi yang mencegah spoiler terbang di tol.

 gambar 16 - panjang baut tanamnya dibandingkan kunci T dan deep socket
 gambar 17 - ini socket lampu rem belakang atas di spoiler
 gambar 18 - ini lubang samping spoiler yang bautnya sudah rusak
 gambar 19 - lubang atas spoiler sisi samping kiri
 gambar 20 - kuncian klip plastik ada 3 biji seperti ini.
 gambar 21 - ini kuncian klip plastik yang pas di tengah, lurusnya semprotan air wiper
 gambar 22 - ini socket yang tertinggal di pintu bagasi
Newbie ikat aja pakai tali, sering masuk ke dalam lubang lagi, dikasih tali biar enak ambilnya lagi.
 gambar 23 - sekrup/baut samping kiri yang sudah patah karena karat
 gambar 24 - dudukan sekrup kanan yang sudah pecah
Nah gambar 24 itu buat sekrup samping kanan, udah pecah jadi dikasih baut / sekrup ga bisa gigi lagi, kecabut terus sekrupnya. Berkarat pula platnya, mana ga punya noverok buat bunuh karat....
 gambar 25 - ini lubang untuk klip kuncian plastik di gambar 20
  gambar 26 - ini lubang untuk klip kuncian plastik di gambar 21
 gambar 27 - ini lubang untuk masuknya baut tanam
 gambar 28 - ini pasangangan spoilernya, yang kiri kena matahari ga jelas
 gambar 29 - plastik sisi kanan udah pecah, bawah penggantinya
Plastik penggantinya udah lama banget beli di olshop, dulu sekalian beli klip macem-macem model biar ga rugi di ongkos kirimnya, sekarang bisa kepake sepertinya
 gambar 30 - bekasnya setelah plastik untuk sekrup dilepas
Karatnya dibersihkan dulu pakai sikat kawat
 gambar 31 - pasang dan tutupin karat dan lubangnya pakai lem epoxy
 gambar 32 - sekrup yang putus sisi kiri
 gambar 33 - drat kasar, jepit dan putar
 gambar 34 - pakai tang jepit
 gambar 35 - iseng lepasin 3rd brake lamp di spoiler
Ada 2 sekrup kecil, mestinya bisa dilepas tanpa lepas spoiler, masalahnya adalah posisi obengnya ketekuk kena kaca belakang mobil, jadi susah. Ini sengaja coba lepas biar berikutnya ga terlalu susah muternya. Itu mikanya warna hitam soalnya dipasang sticker hitam
 gambar 36 - sebenernya bisa dilepas dari braketnya
Itu gambar 37 bisa dilepas dari braket plastiknya, cuman harus melepas jepitan kabelnya, karena ga butuh ganti, males lepasin jepitan kabelnya. Plastiknya kotor ketutup debu mengering.
 gambar 37 - bersihkan mikanya pakai lap
 gambar 38 - terlihat di dalamnya ada 6 pcs lampu LED yang disolder
Mestinya kalau ganti harus ganti berikut rumahnya, tapi kalau mau solder sepertinya bisa ganti komponen LED nya saja.
 gambar 39 - bulukan
 gambar 40 - sisi bawahnya (lampu rem dilepas)
Berhubung blom punya bahannya jadi dipasang lagi setelah lem kering. Enaknya di repaint aja atau di stickerin ya ?
 gambar 41 - penutup kiri yang tersisa, yang kanan hilang
 gambar 42 - penutup kiri
 gambar 43 - pakai bahan seadanya, botol plastik warna hitam biar ga usah ngecat lagi
 gambar 44 - di mal dan dipotong dipas-pasin aja
 gambar 45 - test pasang sekrup sisi kiri
 gambar 46 - tes pasang sekrup sisi kanan
Sekrup yang dipakai juga bekas, ga tau bekas apaan, seadanya aja dipakai
 gambar 47 - bisa terpasang, tinggal diseretin aja bergantian semua mur / sekrupnya
gambar 48 - penutupnya pakai double tape aja, nanti dilepas lagi kalau dah ada bahan sticker/cat

regards,
singachu

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten