Ganti arang / carbon brush alternator Ertiga, normal kembali {Gerardus Namsa}

 gambar 1 - carbon brush
otodiy.blogspot.com
Gara gara areng abis hampir melayang duit sejuta...beruntung barangnya salah n uang dikembalikan plus bengkel yang baik yang nggak nipu2...cuma ganti 150k plus ongkos bongkar 250k..selesai masalah altenator neng erti gl 2017...pengisian sempurna, ac dingin, setir nggak berat lagi n mesin hidup tentunya 😁

gambar 2 - alternator baru dan lama
Kronologi : hari kamis malem, mobilnya masih ane pake narik taksi online..pas hari jumat, pas ane panasin mobil, indikator akinya menyala...pemikiran ane, aki ngedrop, jadi mampirlah ke S&D buat ngecek aki n pengisian, n ternyata hasil tesnya, pengisian sudah nggak ada, mobil masih bisa starter, karena kondisi aki masih sehat jadi masih bisa jalan semua, ac, lampu sein dan kelistrikan lainnya. Teknisinya wanti2 untuk segera perbaiki altenatornya atau dinamo pengisian..tapi ane pikir untuk hari itu masih bisa, pas sianganya dapet penumpang 6 orang, jadi ac nyalain polll depan dan belakang..walhasil, hanya semeniy jalan, indikator setir menyala, diikuti setir yang jadi berat..jalan mobilpun kaya mesin mo mati, tapi bukan mbrebet ya, lebih kayak nggak ada powernya. Ane paksain sampe tujuan, begitu ane menepi, n penumpang turun, mesin udah nggak ada tenaga, masuk gigi satu, mobil nggak bergerak. Ane iseng matiin mesin yang akhirnya nggak bisa dihidupkan lagi. Akhirnya ane ngecas baterei dulu, selesai ngecharge, ane pasang lagi dimobil, bisa hidup n berfungsi normal, langsung menuju rumah om ane yang deket bengkel, sabtu baru eksekusi..sebelum ke bengkel, ane dah saking parno langsung mampir ke toko spare parts yang walhasil keliru..untung teknisinya baek, ngasih tau ke ane kemungkinan hanya arengnya yang abis (mohon maaf saya lupa namanya)..dicopot posisinya di belakang, terus suruh ke toko, nyari yang ori dapet 150k..sekalian balikin barang yang salah..nggak ada setengah jam, mobil udah tokcer lagi..😁😁😁

biasanya sih ditoko itu kalo barangnya nggak cocok bisa dibalikin..sudah beberapa kali begitu..😁 posisi saya di Manado, bengkelnya cuma bengkel jalanan tapi cukup punya nama..Om Adi nama ownernya...depan mantos 3, jalan yang dari pintu keluar yang tembus ke masjid dekat K8
Ertiga 2017..km 160rb-an.

by Gerardus Namsa
sumber : facebook ERCI

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

cara parkir dengan transmisi netral di Honda HRV matic {gun2016}