Report ganti fuel pump Aerio {Irwan Darmawan Iwey Onthelist}
gambar 1
otodiy.blogspot.com
Ikut nyampah dulu akh buat Cerpan kegiatan di malam minggu 18 jan 2020... Ganti Fuel pump Aerio AT 2005
Setelah DIY semalaman berjibaku ama mas mekanik, akhirnya si Tutung bs sehat kembali. Tp blm berani turing (newbie msh lugu)
Kronologis :
Berawal dari lampu indikator Fuel yg nyala, akhirnya buka dompet nemu duit merah 1 lembar dan duit biru 1 lembar, lalu diajaklah si Tutung ke POM terdekat, buat mimi cucu pertalite....
Setelah isi bbm dan tambah angin, saya ngajak si tutung buat mampir ke RM Padang terdekat, selesai isi ransum dan mau balik garasi, mulailah si Tutung timbul gejala sesak nafas dan ngambek ga mau nyala.
Gejala awal mesin distater tidak mau hidup, cek aki normal 12,4 volt, cek busi, koil, scan OBD semua normal, saat cek selang Bbm yg ke fuel rail, kok ga keluar, dugaan akhirnya pada Fuel pump yg almarhum..., setelah cek grounding normal, test kabel FP lsg dari aki, ternyata FP tidak nyala, Lalu diputuskan situtung tuk di towing ke garasi, alhamdulillah nya ketemu teman RU*H dan minta bantuan tuk derek sampai rumah. (alhamdulillah rejeki anak sholeh🤭)
Akhirnya si Tutung sampai kandang, dan dibiarkan dahulu selama seminggu, sambil tunggu mas mekanik selo waktunya....
Setelah seminggu di garasi, semalam didatangi mas mekanik, yg ngajak bongkar FP malam ini jg.... Waduh.... 🤔😢😁
Akhirnya disepakati berdua tuk operasi lambung si Tutung mlm ini jg.
Proses penggantian fuel pump Oreo yg memang ribet dan melelahkan, mulai dari menyiapkan ubo rampe berupa kopi pait, bunga setaman, jarum 76 bh, jakstand, dongkrak botol dan roti buaya eh dongkrak buaya, kunci kunci (tools) , lampu Penerangan jalan umum, tambahan ganjal balok, biar perut ga gasroot... Wakakak 😁
Hal yg harus dilakukan al. Menurunkan tanki bbm, copot selang bbm (ini yg agak lama, karena ga punya tools khusus, jd hrs putar otak bikin tools nya) kalo sembarangan bongkar soket selang bbm, bisa berabe kalo sampai pecah, alamat hrs beli full set soket selang bbm seharga 900k-1jt an.
Setelah mencoba membuat tool berkali kali (menggunakan potongan botol oli bekas dan Ear pin telinga) akhirnya bisa jg buka soket selang bbm, dengan seabrek jerih payah dan keringat bercucuran membasahi baju... (lebay1.com🤭)
Berikutnya, setelah baut sabuk tank dibuka dan soket selang dan kabel FP dibuka, baru timbul hambatan baru, karena tanki sblmnya baru diisi 20lt an, akhirnya baut sabuk dipasang ulang, dan isi bbm pada tanki di keluarkan dulu dan di wadahi baskom, sambil nunggu bensin keluar, mas mekanik sampai ketiduran... Sambil tunggu pesanan nasi goreng datang, dan kopi pahit panas (maklum dah jam 3 subuh dan dah 3 hari kaga tidur katanya.... 🤭😁)... sedikit hiperbola.... 🤭
Lalu setelah akhirnya tanki mulai kosong, cukup ringan tuk dirurunkan, alhamdulillah yah dah separo jalan dilalui.
Untuk Fuel pump, saya pakai FP papanza/ceunia yg harganya cukup terjangkau. Sktr 250-300k di OL shop (ktnya sih ori) infonya FP ori oreo 1jetian... Ngeri mak.... 😭😬
Setelah tanki turun. Tiba saatnya buka komponen rumah FP dan test FP pengganti, dan ternyata FP lama jg bs hidup lagi, setelah di ketok ketok pakai obeng, tp saat di test dan di bandingkan dengan FP pengganti, ternyata getaran vibrator FP lama lbh lemah drpd FP pengganti, akhirnya tetap diputuskan menggunakan FP pengganti biar lbh keras semburannya.... Kaya iklan nganu..... Hehehe 😁✌️🙏
Oh iya jangan lupa saat ganti FP, sekalian kuras tanki sekalian, biar ga banyak kotoran menyumbat di filter FP. Tp hati hati. Karena banyak bagian plat tanki yang tajam, bisa menggores kulit tangan. (bs gunakan sarung tangan biar lbh safety)
Menjelang azan subuh, mulai kita merakit ulang FP dan pasang kembali tanki ke kolong bokong si Tutung. Alhamdulillah ternyata pemasangan lbh mudah dari pada saat bongkar (kurang dr 1 jam) . Ga kaya hal lainnya, biasanya bongkar lbh mudah dari pada pasang... Hehehe 😁😁😁✌️🙏
Setelah semua terpasang, soket selang bbm dan kabel terhubung, lalu isi ulang tanki bbm, lsg di coba dinyalakan mesin M15A si tutung, dan alhamdulillah langsung nyala.... Horeee... Aku bahagia bgt.... lebay2.com🤭
Coba sambil scan OBD, dan seting AFR, ternyata nilai injeksi mesin M15A si Tutung bisa dicapai angka 2,7-2,8 ms (idle - +700rpm). Pdhl sebelumnya AFR si Tutung hanya bisa di setel irit makimal pada angka 3,2-3,5 ms. Wah apakah ini jg pengaruh FP lama yg sudah lemah??? Lets to discuss ✌️🙏👍
Maklum ya sumas semua.. ane msh bocah dan msh ingusan😢🤭
Semoga aja FC si Tutung bs tambah irit, walau kadang kaki msh suka pecicilan.... 🤣🤣🤣💪
Maklum situtung tergolong oreo AT 2005 jd rada haus trs, FC tuk Dalkot 1:8-9km (full AC), Lukot 1:10-11km (full AC dan pecicilan) bbm menggunakan pertalite (soalnya cari premium susah, cari pertamak, tp ga punya turahan....) Wakakak ✌️😂
Pukul 07.30 pagi, semua selesai dilanjut sarapan soto sambil ngopi lagi.... Makasih mas mekanik....
Sekian sampah cerita panjang yg bs saya sampaikan di marih... Smoga ada manfaatnya buat yg mau "DIY... With own Your risk..." 🤭
Semoga AIC tetap jaya dan tetap exist di dunia otomotif Indonesia...
Salam AIC 527🙏🙏🙏🙏
#AerioIndonesiaClub
#AerioituAIC
#Seduluransaklawase
#Janganlupabahagia
#Menolaklupa
#Menolakpunah
#OreoTutung527
#Nunutnyimpen
#PuertoronoCity
#Gnetumleather
#Masmekanik755
#Lodhospeedjogja
#Jogjaistimewahhhh
gambar 2
gambar 3 - Hard pen telinga dan potongan botol oli bekas... 🤣✌️
gambar 4 - Bagian soket selang bbm yg bikin greget
gambar 5 - canister
gambar 6 - Jare arep ngetab bbm, jubule bocan.... Wakakak
gambar 7 - Bagian penampang atas tanki Aerio
gambar 8
gambar 9
gambar 10 - Fuel pump alternatif (pnp)
gambar 11 - Dia Tampak lusuh dan lelah.
gambar 12
gambar 13 - Sebelumnya nilai injeksi 3,2-3,5 ms (jam 2005), Alhamdulillah 🙏
gambar 14 - Nilai injeksi sebelum FP berubah... Jam 2005
gambar 15
gambar 16 - Metamorfosa oreo Tutung 527 Puertorono
gambar 17 - Ciluk ba... Selamat pagi AIC.... 😁
by Irwan Darmawan Iwey Onthelist
sumber : facebook AIC